Bagaimana kita bisa mengetahui keberadaan sebuah signal WIFI. Atau bagaimana menentukan arah signal sebuah WIFI Hotspot. Apakah signal tersebut di tranmisikan oleh sebuah Hotspot publik, atau WIFI berbayar sampa WIFI perusahaan. Di Google Play ada yang membuat aplikasi untuk menemukan sumber signal WIFI. Satu aplikasi sederhana memberikan sudut asal arah keberadaan signal WIFI. Dan versi lebih lengkap dengan peta serta database yang dikirim oleh penguna dan dikumpulkan oleh pembuat aplikasi. Beberapa pemilik cafe, restoran , hotel mau mengirim data mereka bahwa ditempatnya tersedia WIFI gratis.

Fungsi pencarian signal WIFI berguna untuk mencari asal lokasi signal WIFI seperti arah sudut / melihat letak dan jarak WIFI itu sendiri ke smartphone atau tablet. Termasuk fitur mengukur kekuatan signal WIFI yang diterima. Dengan database yang dikumpulkan, pemilik smartphone lebih mudah mendapatkan informasi dimana saja lokasi WIFI publik yang tersedia.

Untuk awal diulas WIFI Radar sebagai aplikasi pencari signal WIFI yang sederhana.

WIFI Radar

Aplikasi Android WIFI Radar adalah aplikasi sederhana mencari keberadaan signal WIF. Memiliki kemampuan seperti scanner, dapat melihat sudut asal signal WIFI yang ditangkap smartphone / tablet Android. Aplikasi Android berdiri sendiri, memeriksa signal WIFI yang ditangkap dan tidak mengunakan catatan database. WIFI Radar hanya menditeksi kekuatan signal dan arah ketika aplikasi diaktifkan..
Sekaligus memberikan informasi seperti nama SSID, status WIFI terkunci atau tidak, serta grafik dari channel yang dipakai.

Aplikasi dapat di download via Play.google.com/store/apps/details?id=girsas.wifiradar
Aplikasi ini membutuhkan dukungan iklan dari pemakai.
  • Minimum OS Android 2.1+
  • File 1.1MB
Menurut pembuatnya, software APK WIFI Radar masih memiliki bug karena dalam tahap Beta version. Untuk fungsi, aplikasi tersebut sudah bekerja baik, kecuali masalah hang yang tidak selalu terjadi ketika aplikasi dibuka. WIFI Radar hanya berukuran 11MB, aplikasi ini cfavorit di download di Google Play.



Tahapan sebelum melakukan scanning keberadaan signal WIFI, pengunaan aplikasi Wifi Radar perlu mencari signal. Tekan di bar kanan atas, dan pilih Radar Scan.



Pada perintah di halaman Wifi Radar tertapat keterangan. Penguna diminta untuk memutar tangan ke arah kanan dalam putaran penuh 360 derajat. Selama aplikasi melakukan scanning, untuk memperhitungkan posisi sudut sumber signal. Ada 2 bar tampak di layar dengan garis hijau. Tangan yang memegang smartphone harus ikut berputar dan sedikit mendahului bar di bagian belakang. Tetapi jangan bergerak terlalu jauh mendahului garis scanning yang ada dibelakangnya.



Selesai melakukan scanning signal WIFI , signal yang di terima akan dicatat aplikasi WIFI Radar akan menampilkan posisi atau arah dari mana keberadaan signal WIFI datang. Seperti arah sudut dari signal WIFI , apakah WIFI tersebut terbuka untuk publik atau private. Akurasi sudut sumber Wifi cukup baik, setidaknya dapat terlihat kedatangan arah signal Wifi yang ditangkap oleh smartphone / tablet Android.
Fitur lain seperti offset sudut dapat, Chart, Channel dan Connect bila WIFI yang dituju adalah WIFI Hotspot.



Aplikasi WIFI Radar cukup sederhana. Cocok untuk mencari sumber signal WIFI yang diterima oleh smartphone dan tablet di sekitar kantor, rumah, sekolah atau ketika berpergian. Aplikasi ini tidak memiliki data online dan hanya mengambil data realtime ketika aplikasi bekerja. Data yang diberikan hanya signal dari WIFI ketika seseorang berada di satu tempat. Setidaknya bisa mengetahui dari mana sumber signal tersebut berada, dan nama WIFI yang ada di dekat smartphone atau tablet anda.

Selanjutnya Osmino WIFI