Disain antena yagi sederhana yang langsung dipasang di konektor WIFI router.

Atau dapat dipasangkan kabel extender bila meletakkan antena WIFI buatan sendiri agak jauh dari posisi Router WIFI.

Peralatannya sederhana, dengan kayu dan tembaga, tetapi harus di ukurmasing masing kawat tembaga untuk antena



Antena WIFI dibawah ini mengunakan disain sederhana dan dibuat sendiri dibawah ini untuk outdoor atau antena WIFI diluar ruangan. Peralatan elektronik tersambung dengan kabel ke alat router

Disain antena seperti dibawah adalah tipe BiQuad Beam antena. Mengarahkan signal WIFI ke satu sisi lebih besar.



Anda dapat membuat antena WIFI Yagi sendiri seperti dibawah ini



Instruksi lengkap membuat antena WIF Yagi seperti panjang setiap tiang dan titik antena dapat dilihat via Ab9il.net
Disain yang sama tetapi mengunakan bahan clip murah dengan tiang kayu kecil dapat dilihat via www.instructables.com


Disain antena dapat dicari di Google. Tetapi perlu diperhitungkan bahan yang ada. Bila memiliki semua bahan, biayanya tentu lebih murah. Tetapi seberapa besar kekuatan antena yang akan dibuat. Apakah 8dBi atau 10dBi. Perlu dipertimbangkan apakah antena yang dipakai untuk outdoor, atau jaraknya cukup jauh. Bila jaraknya cukup jauh, saran sebaiknya membeli antena yang sudah dirancang khusus. Harganya pasti mahal, tetapi menjamin kualitas dan signal dBi yang didapat.

Alternatif untuk mendapatkan signal WIFI dari sebuah hotspot atau WIFI yang cukup dekat. Sekarang banyak dijual perangkat Wireless Access Point. Seperti TP-Link TL-WA7210N Wireless Access Point, harganya cukup terjangkau dan dapat dimanfaatkan untuk menerima signal WIFI yang jaraknya mencapai ratusan meter dan sudah terintegrasi dengan internal antena.

Halaman berikut antena buatan pabrikan yang sudah terukur kekuatan peningkatan antena dan beberapa software untuk memeriksa kekuatan signal WIFI dari antena.