Penguna computer mungkin pernah bertanya berapa kapasitas optimal RAM pada computer. Mengunakan memory 4GB untuk computer sudah lebih dari cukup, 2 GB memory juga jalan bagus. Apakah berguna memasang 8GB atau 16GB memory pada computer.

Tapi bagi mereka yang serius mengunakan computer seperti gamer dan pemakaian aplikasi disain dan multimedia. Lebih tepat mengunakan memory 8GB atau lebih besar. Dengan memory computer dengan kapasitas lebih besar,  performa computer menjadi lebih baik, khususnya untuk aplikasi disain serta memainkan game dengan kualitas gambar.

Melihat tren model computer di Amerika, rata rata PC modder memasang RAM 8GB untuk computer game premium. Untuk aplikasi agak berbeda, dengan 8GB belum tentu cukup. Aplikasi disain grafis misalnya semakin canggih, serta teknologi software video editing. Bila generasi software Photoshop saja, sudah diupdate ke versi CC. Bandingkan dengan software versi lama buatan Adobe dengan yang sekarang. Kemampuan software editing modern tidak hanya mengandalkan kecepatan CPU. Sekarang dapat memanfaatkan proses GPU dari VGA. Seluruh kemampuan computer di optimalkan untuk pekerjaan software.

Informasi tambahan dengan kebutuhan memory di OS Windows. Penguna Windows biasanya memperhatikan grafik pemakaian memory. Tetapi tidak melihat bagian Cache dan Free memory pada informasi Task Manager.

Windows memiliki pembagian memory
  • Total Memory - Total kapasitas memory.
  • Cache - Digunakan sebagai swap data yang di alokasikan oleh Windows disimpan di RAM bila masih ada sisa kapasitas RAM. Cache untuk mempercepat aplikasi mengambil data dari memory dibanding storage seperti harddisk.
  • Free - Alokasi memory yang benar benar tersedia dipakai untuk software.
RAM computer yang besar dapat dimanfaatkan oleh OS Windows untuk menyimpan data Cache sementara di dalam memory. Sehingga data tidak perlu di read / write ke harddisk untuk sementara waktu sampai kondisi kapasitas RAM penuh.

3 komponen pada computer
  • Banyak penguna computer hanya melihat kepentingan kecepatan procesor. Sekarang procesor cepat belum tentu berarti bila kapasitas RAM computer terlalu kecil atau VGA yang lamabat. Kecanggihan procesor hanya terasa pada proses software.
  • VGA umumnya menjadi patokan performa untuk game, semakin baik performa VGA semakin cepat dan halus detail gambar 3D. Tetapi VGA tidak digunakan untuk akselerasi gambar 3D game saja. Sekarang VGA dapat digunakan sebagai procesor software seperti sistem OpenCL. Adobe, Sony Vegas dan beberapa software sudah menyediakan fitur untuk mengolah video dan gambar dengan bantuan VGA. Kemampuan VGA / GPU sangat terlihat pada frame rate game serta kecepatan render video atau gambar.
  • Memory computer sekarang tidak luput dari perhatian pengembang game. Seperti Call of Duty Ghost meminta 6GB RAM. Memiliki layar Full HD 1920x1080 dengan setting gambar High Detail membutuhan kapasitas RAM lebih besar. Tetapi kapasitas memory besar tidak terlihat signifikan dibanding VGA dan CPU. Memfaat memory akan terasa bila  membuka aplikasi cukup banyak. Proses software menjadi lebih cepat tanpa perlu memindahkan terlalu banyak data ke storage. Memory computer yang besar dapat mengurangi beban kerja harddisk dan SSD.

Contoh dengan aplikasi grafis yang rata rata membutuhkan memory computer sangat besar. Sementara di OS Windows 7 tidak memperlihatkan kekurangan kapasitas memory dengan mengunakan RAM 4GB. Pada kondisi tertentu , Windows akan terasa semakin lambat. Karena data dari RAM mulai penuh dan sebagian isi memory harus mundar mandir dari memory dan  Harddisk. Ini yang terjadi ketika memory computer tidak mencukupi dan computer bekerja semakin lambat. Kedua untuk game, bila computer mengunakan LCD dengan layar Full HD 1920x1080, untuk memainkan game dengan high detail membutuhkan memory lebih besar dari biasanya.

Voltage rendah 1.5V Kingston KHX16C9P1K2/16 16GB memory

Untuk melihat seberapa besar memory yang dibutuhkan untuk game dan software. Dicoba dengan memory kit Kingston KHX16C9P1K2/16 dengan konfigurasi 2 modul X 8 GB / total 16GB. Tujuan artikel ini bukan mencari kecepatan memory terbaik atau menampilkan angka benchmark. Tetapi apa dampak kapasitas RAM computer yang cukup besar terhadap aplikasi.

Sebelum pembahasan memory computer, diberikan informasi tentang memory yang dipakai pada test kali ini. Disain memory Kingston KHX16C9P1K2/16 dibuat sederhana, bentuk heatsink yang sama seperti seri HyperX performa. Memory Kingston KHX16C9P1K2/16 dapat bekerja dengan voltase standar 1.5V. Dan fitur PnP atau dapat mengatur kecepatan memory paling optimal.




Untuk setting Kingston KHX16C9P1K2/16 memiliki setting paling rendah dengan latency 8 pada kecepatan 711Mhz atau dibawahnya. Kecepatan normal 800Mhz dengan latency 9. Diatasnya antara 888Mhz dan 977Mhz mengunakan latency 10 dan 11. Setting memory yang dipakai untuk test dengan latency 9-9-9 dengan kecepatan 800Mhz.

Dibawah ini informasi dari CPU-Z untuk latency memory Kingston KHX16C9P1K2/16



Speed sebenarnya untuk Intel Core i5 2500K dengan speed 800Mhz. Dapat di set secara manual untuk kecepatan lebih tinggi antara 933Mhz dan bonus untuk 1066Mhz.




Di halaman produk memory Kingston KHX16C9P1K2/16 terdapat keterangan mengapa memory disain baru mengunakan voltase 1.5V. Sementara disain memory performa model lama ada yang mempertahankan voltase diatas 1.65V.



Apakah memory dengan voltase lebih rendah lebih baik. Kita melihat teknologi disain motherboard Intel saat ini dibanding  generasi sebelumnya. Sejak Intel mengeluarkan procesor generasi SandyBridge, IvyBridge dan Haswell. Chip North Bridge (NB) untuk mengatur memory controller di hapus

Sedangkan procesor generasi lama seperti Core 2 Duo atau Core 2 Quad masih mengunakan satu chip NB secara terpisah dari procesor.
Procesor model lama, voltase memory ditingkatkan, tidak mempengaruhi voltase bagi procesor. Jadi procesor tetap aman dan tidak berhubungan dengan voltase memory yang di naik diatas voltase rata rata.
Procesor baru, Intel memasukan ke dalam chip CPU agar kecepatan tranfer lebih tinggi antara tranfer data dari memory ke procesor dan pengaturan jalur PCIe. Pada beberapa setting motherboard masih memberikan opsi untuk overvoltage RAM. Dampak negatif bila melakukan overvoltage pada RAM di procesor generasi baru. Bila memory diberikan voltase lebih tinggi, procesor malah mendapat tambahan voltase dari peningkatan voltase memory. Meningkatnya voltase pada procesor diatas standar dapat memperpendek umur procesor karena harus bekerja dengan voltase tinggi.

Contoh pada 2 gambar dibawah ini perbedaan kebutuhan voltase pada 2 model memory
  • Gambar pertama menunjukan kebutuhan memory untuk bekerja dengan voltase 1.65V.
  • Gambar kedua dari Kingston KHX16C9P1K2/16 mengunakan voltase 1.5V akan lebih aman bagi procesor.





Install Kingston KHX16C9P1K2/16 PnP vs XMP
Sesuai dengan sistem PnP dari memory Kingston KHX16C9P1K2/16  Memory modul dapat mengatur setting paling optimal. setelah dipasang pada board computer. dengan procesor Core i5 2500K 3.3Ghz dengan chipset P67. Memory langsung terditeksi pada kecepatan 800Mhz (1600Mhz). Tidak perlu di setup via BIOS seperti tipe memory XMP.


Perbedaan PnP dan XMP  dengan Kingston KHX16C9P1K2/16 16GB

  • Setting XMP sebagai setting manual dari BIOS. Setelah memory dipasang, pemilik computer harus mengaktifkan setting memory untuk di pindah XMP secara manual. Bagi mereka yang mengerti tidak masalah. Bagi penguna biasa mungkin harus meminta bantuan orang lain untuk mengatur kecepatan optimal RAM tipe XMP yang terpasang.
  • Setting Kingston PnP tidak perlu melakukan setting seperti XMP. Tinggal dipasang di computer, biarkan computer mengatur kecepatan memory sendiri. Seperti Kingston KHX16C9P1K2/16 16GB dengan kecepatan 800Mhz. Setelah dipasang, memory langsung bekerja dengan kecepatan tersebut.
  • Bila ingin merubah kecepatan memory Kingston KHX16C9P1K2/16 16GB. Baru diatur kembali via BIOS secara manual. Cara ini sangat memudahkan untuk penguna pemula yang kurang mengerti tentang setting kecepatan memory dari BIOS. Memory tinggal dipasang dan langsung bekerja secara optimal.


OS  apa yang dibutuhkan dengan memory 8GB atau 16GB

Untuk mengunakan memory diatas 4GB, yang dibutuhkan adalah OS Windows 64bit. Bila mengunakan OS 32 bit, kapasitas memory diatas 4GB hanya terditeksi antara 3.2GB saja.



Selanjutnya untuk test game dengan memory 16GB

Page
Memory Kingston KHX16C9P1k2/16 16GB
Test memory 16GB untuk game
Test memory 16GB untuk aplikasi. Manfaat dari memory 8 dan 16GB untuk PC