Ini menu menarik di smartphone Android. Terkadang seseorang salah mematikan smartphone tapi yang ditekan adalah fitur lain.

Mungkin anda mengalami masalah seperti ini. Smartphone tidak bisa menerima panggilan, dan tidak bisa menerima telepon.

WIFI anda putus tapi bisa dapat diaktifkan. Hanya saja sinyal telepon anda tetap sama, seperti smartphone kehilangan sinyal. Tidak bisa telepon keluar dan tidak bisa menerima telepon masuk

Cirinya muncul gambar pesawat di atas layar smartphone anda.

Di smartphone Android bila ingin mematikan smartphone ada beberapa pilihan. Dari Flight Mode, Silent Mode, Data Network Mode dan Power Off. Model lain terdapat icon Airplane Mode, tapi icon diaktifkan secara manual.

Biasanya bagian Power Off dipakai untuk mematikan smartphone. Bila salah tekan, bagaimana mengembalikan state dari Flight Silent dan Data network. Misalnya kita menekan Silent mode dan melihat Sound is On, yang perlu diperhatikan adalah kalimat dari baris ke 2 yang menunjukan status konfigurasi di smartphone.

Atau contoh pada gambar dibawah ini ketika smartphone Android dalam status Flight Mode akan muncul gambar pesawat di kanan atas. Di mode ini, Smartphone akan mematikan semua koneksi yang berhubungan dengan ISP telepon. Baik telepon masuk keluar, SMS tidak bisa dilakukan, dan juga koneksi internet via G3. Sedangkan signal WIFI di Fligh Mode, tetap bisa diaktifkan

Tampilan Flight mode seperti gambar dibawah ini. Bisa saja membuat user salah menekan ke Flight Mode, ketika mematikan smartphone atau mengaktifkan paket data internet.

On Off Flight Mode Airplane State

Tampilan di OS Cyanogen atau beberapa UX lebih jelas. Flight Mode dapat dilihat di menu Short Panel. Sehingga aktif tidaknya Flight Mode dapat terlihat langsung

Model smartphone terbaru mengunakan icon Airplane Mode
Sama saja seperti fungsi Flight Mode
Mengaktifkan paket data, juga terlihat langsung.

On Off Flight Mode Airplane State

Sedangkan Setting state Data Network mode, untuk mengaktifkan koneksi 3G atau GRPS dengan tombol cepat. Bila membutuhkan koneksi internet dengan jaringan 3G, tinggal di tekan bagian Data Network.

Mengapa Airplane Mode atau Flight Mode On dapat menonaktifkan penerima sinyal di smartphone. Apa saja yang di nonaktifkan ketika Flight Mode atau Airplane mode tidak sengaja aktif, dan mematikan Airplane atau Flight Mode di smartphone Android. Penjelasan dapat dilihat di video dibawah ini


Ke 3 tombol tersebut sebagai tombol cepat setting smartphone yang disatukan dengan tombol Shutdown.

  1. Silent mode akan memudahkan pemilik smartphone mematikan semua suara.
  2. Data Network mode akan mematikan koneksi / mengaktifkan 3G dan GPRS tanpa perlu melihat menu setting. Tetapi mode Data Network berbeda dengan paket data yang diaktifkan menu Setting. Menu ini akan terus mengaktifkan GPRS/3G ketika hardware WIFI Sleep oleh Power Saving.
  3. Flight mode adalah mematikan hubungan ke nomor telepon, baik untuk panggilan telepon, telepon masuk, internet dari provider akan di aktifkan atau di nonaktifkan dari State ini.
  4. Shutdown sebagai menu terakhir untuk mematikan smartphone.

Untuk mengatifkan Flight Mode atau Data Network Mode, tinggal kembali ke menu diatas. Dan tekan di tombol yang sama. Misalnya sudah menekan tombol Flight mode dan smartphone tidak bisa keluar masuk serta muncul gambar pesawat di layar kanan atas. Tinggal ditekan lagi tombol Flight mode, dan telepon akan normal kembali.

Demikian informasi dari 3 tombol tambahan dari smartphone Android