Menginstall aplikasi di smartphone atau tablet Android bisa mengunakan layanan Google Play atau layanan lain. Paling aman mendownload aplikasi dari Google Play, karena disana sebagai market aplikasi Android. Keamanan lebih terjamin dibanding mendownload di situs lain.

Tidak semua aplikasi tersedia di Google Play sebagai pusat untuk mendownload aplikasi. Beberapa produsen memberikan dalam software CD atau tersedia versi download dari website mereka. Atau menerima aplikasi Android APK dari email.

Bagaimana untuk install aplikasi yang sudah di download ke memory card atau storage di smartphone Android.

Peringatan muncul ketika menginstall aplikasi dari memory card dengan pesan Install Blocked.
Untuk cara cepat, tekan Settings. Dan Tick bagian Unknown Sources



Untuk menginstall aplikasi dari memory card harus dibuka dahulu kunci untuk ijin menginstall. Kunci Unknown Source atau sumber tidak diketahui (sumber tidak dikenal untuk aplikasi Android) adalah kunci keamanan dari Android agar aplikasi dari luar tidak bisa di install secara otomatis. Bila kunci tersebut di set default. Pemilik smartphone hanya dapat mengambil aplikasi dari Play.Google.com.


Untuk install aplikasi di OS Gingerbread misalnya, membuka ijin kunci menginstall aplikasi ada di

  • Setting
  • Lalu pilih Aplikasi
  • Dan di Tick bagian Unknown sources
Setelah itu barulah smartphone bisa menginstall aplikasi dari memory card / storage



Untuk Android 4.0 keatas setting Unknown source

  • Pilih Setting
  • Security
  • Dan Tick Unknown source
Jangan lupa, tutup (untick) kembali setting Unknown source tersebut untuk keamanan.
Sekarang anda sudah mengerti bagaimana membuka kunci di Android bila ingin menginstall aplikasi dari luar layanan aplikasi Google Market. Tapi ingat, ketahui dari mana sumber aplikasi yang anda dapatkan.  Banyak sekali aplikasi Android berbahaya disebarkan di internet secara gratis. Aplikasi akan disertakan dengan malware, trojan untuk Android. Fungsinya bisa bermacam-macam. Pastikan smartphone anda sudah terinstall antivirus, walau versi Free sudah dapat mencegah serangan malware di tablet dan smartphone.

Note
Bila menginstall aplikasi APK Android versi Download. Sebaiknya instal antivirus terlebih dahulu. Beberapa aplikasi yang diberikan gratis, terkadang sengaja di infeksi malware. Menyerang smartphone dan tablet, dan dimanfaatkan untuk mencuri data, perbankan, mengunakan trafik internet dan premium call.