GPS banyak digunakan untuk smartphone, koordinat GPS digunakan sebagai navigasi dan koordinat GPS dapat diterima oleh signal GPS. Bagaimana membaca koordinat GPS dengan Latitude dan Longitude

Koordinat lokasi bumi dengan GPS memiliki 2 angka menunjukan garis horisontal dan vertikal.

Diawali dengan 2 koordinat letak bumi dari angka depan Latitude (ketinggian) dan angka belakang Longitude (panjang)
  • Latitude = garis lintang mengarah dari khatulistiwa (0) ke kutub selatan, atau khatulistiwa ke kutub utara (sudut 0-90 dan 0 -90)
  • Longitude = garis bujur adalah garis horizontal seperti dari khatulistiwa. Sudut 0 (Greenwich) ke arah Hawai adalah 0-180, sedangkan kebalikannya dari 0 ke -180

Latitude adalah garis yang horisontal / mendatar. Titik 0 adalah sudut ekuator, tanda + menunjukan arah ke atas menuju kutub utara, sedangkan tanda minus di koordinat Latitude menuju ke kutub selatan.
Titik yang dipakai dari 0 ke 90 derajat ke arah kutub utara, dan 0 ke -90 derajat ke kutub selatan




Longitude adalah garis lintang . Angka dari sudut bundar bumi horisontal. Titik diawali dari 0 ke 180 derajat, dan 0 ke-180 ke arah sebaliknya.
Titik 0 dimulai dari garis negara Inggris. Mengarah ke Indonesia akan menjadi angka positif. Kebalikannya koordinat Longitude minus adalah arah kebalikan.




Dimana titik koordinat GPS 0,0 dan 0:180

Koordinat 0:0  ada di dekat negara Ghana sebagai koordinat 0:0:0 dari koordinat bumi.






Titik balik Longitude ada di dekat Hawai dengan koordinat 0:180. Sedikit bergerak 1 derajat ke arah kanan angkanya menjadi 0:-180.



Contoh membaca posisi bumi dari koordinat GPS untuk kota jakarta
Latitude -6, artinya berada di bawah garis khatulistiwa. Karena garis katulistiwa horisontal 0 berada di kota Pontianak
Longitude 106 derajat, karena garis Longitude 0 berada di Ghana, sedangkan arah +180 berada di Hawai. Posisi angka Longitude menjadi +106 derajat.



Selanjutnya 3 format berbeda untuk angka koordinat dan mengirim lokasi ke teman