Aplikasi Instant Heart Rate adalah aplikasi untuk memeriksa detak jantung di Andriod smartphone. Fungsinya untuk memberitahu berapa detak jantung anda dengan tambahan informasi apakah jantung anda terlalu tinggi atau terlalu rendah. Aplikasi ini sangat baik bagi mereka yang ingin mengetahui seberapa sehat jantung anda, atau apakah jantung anda bekerja terlalu cepat.

Misalnya anda sering bersepeda di tempat olahraga Gym atau olahraga lari dan jalan cepat. Mungkin anda ingin memonitor apakah jantung anda terlalu cepat berdetak. Cara praktis membeli peralatan detak jantung yang ditempelkan di dada, lalu dihubungkan ke jam untuk memonitor yang terhubung dengan Bluetooth. Jam akan memberikan berapa detak jantung anda atau memberi peringatan bila detak jantung melewati batas. Alat seperti ini sangat dianjurkan bagi mereka yang ingin berlatih kardio. Masalahnya, harganya cukup mahal, disamping peralatan detak jantung tersebut memerlukan baterai yang sering diganti

Tetapi bagi mereka yang ingin lebih praktis untuk mengetahui berapa kecepatan detak jantung, ada aplikasi yang dapat mengetahui berapa kecepatan detak jantung anda dari smartphone. Mirip seperti alat test tekanan darah yang dilengkapi sensor detak jantung. Aplikasi Instant Instant Heart Rate dapat memberikan angka kecepatan detak jantung dengan memeriksa dari camera smartphone dan lampu Flash. Untuk test, akurasinya sangat baik. Dengan catatan selama sensor camera pada smartphone dan lampu flash anda termasuk ketebalan kulit tangan anda yang tepat

Aplikasi Instant Heart Rate bisa di download via Google Play

Tampilan aplikasi Instant Heart Rate

Dibawah ini tampilan aplikasi untuk memonitor jantung. Kiri dan tengah tampilan detak jantung yang tertangkap oleh smartphone, paling kanan adalah hasil akhir kecepatan rata rata detak jantung anda.



Informasi lain diberikan dari Instant Heart Rate. Seperti berapa detak jantung normal, berapa perkalian detak jantung maksimum yang disarankan
Misalnya meningkatnya detak jantung sampai 60% dari kondisi normal, untuk olahraga ringan dan membakar lemak. Detak jantung untuk Cardio atau olahraga cepat seperti aerobik.



Untuk data lengkap bisa dibaca pada tabel dibawah ini



Tapi batas dari tablet diatas adalah batas rata rata. Anda harus mengetahui batas tertinggi harus dikurangi dari usia seseorang. Untuk kecepatan detak jantung yang tepat, sebaiknya berkonsultasi dengan medis dan memeriksa di lab.
Untuk perkiraan informasi kalkulator detak jantung bisa dilihat via Detak Jantung Kalkulator

Untuk setting Instant Heart Rate dapat diatur seperti tampilan gambar grafik, setting 15 detik untuk maksimum pemeriksaan dan sistem akan di off.



Setiap selesai memeriksa, aplikasi Android Instant Heart Rate akan mencatat berapa detak jantung yang sudah pernah diperiksa. Anda dapat memposting data jantung anda ke sebuah layanan Azumio untuk layanan Instant Heart Rate Pro.



Bagaimana cara kerja smartphone menditeksi detak jantung. Dijelaskan pada halaman berikut