Bila serius membuat lampu senter dengan power dari powerbank. Bisa mengunakan lampu sepeda bekas atau lampu LED yang menyatu dengan driver.

Tahap terakhir pasang senter dengan konverter dan sambungkan ke power bank. Bila sirkut yang dibuat sudah benar, pastinya senter akan menyala.



Dibawah ini prototipe untuk lampu dengan power dari PowerBank dengan bekas lampu di gambar atas.
  • Powerbank Aedupack 5600mAh output 5V max 1A
  • Switch On/Off karena driver LED memiliki 3 mode
  • Driver LED, Input 3,6V - 9V. Test input 5V dengan output 3V di Emiiter
  • LED Cree XM-L2 T6 tipe 10W
  • Mengunakan lem Epoxy untuk menanam ke heatsink bekas CPU. Catatan hanya diperuntukan voltase rendah, seperti disain dibawah ini dengan power LED 3V DC. Untuk keamanan dari panas lampu LED, gunakan heatsink khusus untuk lampu LED.
  • Satu unit heatsink bekas CPU.
  • Panas Emmiter mencapai 56 derajat C dengan Full Bright, temperatur heatsink hanya hangat.
  • Lampu menyala selama 3 jam 20 menit dengan cahaya Full Brightess dari DC PowerBank. Bisa mengunakan powerbank dengan kapasitas lebih besar untuk daya tahan baterai.

Dibawah ini gambar disain terbuka dari lampu LED dengan driver dan power DC Powerbank 5200mAh. Konstruksi lampu bisa dibuat sesuai keinginan.





Mengapa lampu LED membutuhkan heatsink, alasannya panas untuk kekuatan lampu LED 10W. Diperlukan sebuah heatsink untuk menurunkan panas lampu LED Dengan Heatsink, panas LED Emitter dapat bertahan sampai maksimum 56 deg.C dengan arus 3.0V DC.
Mengapa driver diperlukan, karena lampu LED tidak boleh langsung terhubung ke sumber power DC atau baterai. Tegangan diatur oleh Driver untuk menyesuaikan voltase DC untuk lampu LED.

Batasan dan perhatikan output DC dari PowerBank

  • Powerbank umumnya memiliki sirkuit pengaman. Tertulis output 500mAh 5VDC Max. Artinya arus yang diberikan hanya 500mAh saja, bila arus terlalu besar diambil dari Powerbank, maka sistem sirkuit pengaman akan mematikan otomatis karena overload.
  • Jadi pastikan peralatan anda tidak melebihi kapasitas output yang diberikan powerbank.
  • Contoh pembuatan senter dengan baterai powerbank hanya sebuah contoh dari pemanfaatkan pengunakan powerbank.
  • Dengan baterai PowerBank, dapat dimanfaatkan untuk baterai lampu LED. Baterai Lithium tidak perlu di recharger ulang seperti baterai kering lampu Emergency. Tidak perlu mengisi lampu Emergency biasa yang harus terhubung ke power PLN.
  • Jangan lupa perhitungan biaya pembuatan dan manfaatnya, termasuk membandingkan biaya membeli perangkat yagn sudah jadi. Karena harga perkomponen untuk membuat lampu malahan lebih mahal

Test pada powerbank ketika overload dengan power baterai, sistem powerbank otomatis shutdown.



Note

Proyek ini ditujukan bagi mereka yang mengerti dengan elektronik dan memiliki peralatan yang cukup seperti solder dan mulitester. Ingat, baterai lithium adalah baterai yang tidak stabil bila terjadi short elektrik. Kerusakaan peralatan adalah tanggung jawab pembuatnya sendiri.

Page 1 - Kabel USB ke konektor powerbank untuk baterai
Page 2 - Lampu LED Emitter untuk lampu emergency
Page 3 - Lampu LED dengan Step-up
Page 4 - Lampu emergency dengan lampu LED
Page 5 - Powerbank untuk lampu emergency dengan lampu LED
Page 6 - Lampu dengan 2 baterai 18650 untuk lampu 10W LED