Powerbank atau baterai backup menjadi produk tambahan bagi penguna smartphone. Digunakan untuk baterai cadangan bila baterai smartphone mulai kritis. Powerbank mengunakana baterai lithium, memiliki kapasitas cukup besar. Kapasitas baterai powerbank paling umum adalah 5.600mAh dengan output 5V. Bahkan ada yang memberikan power diatas 10.000mAh.

Di dalam powerbank berisikan baterai cell lithium. Dipasang secara paralel, misalnya 2 baterai dengan kapasitas 2000mAh perbaterai akan memiliki kapasitas 4000mAh dengan output yang sama.

Powerbank secara umum memberikan output 500mA 5V DC dari port USB. Bila kapasitas baterai di dalam power bank cukup banyak, output sebuah power bank dibuat 2 port berbeda, port pertama untuk slow charge 500mAh 5V DC dan satu port lagi untuk fast charger 1000mAh 5V DC.

Bila anda membutuhkan baterai untuk peralatan yang membutuhkan power antara 5V DC. Bisa memanfaatkan power dari Powerbank. Misalnya ingin membuat lampu dengan power bank.
Karena konektor powerbank mengunakan disain USB port. Sementara peralatan lain mengunakan konektor biasa. Bisa dibuat konterver untuk output powerbank ke peralatan lain.

Contoh sederhana membuat konverter power bagi lampu LED, dengan alat yang dibutuhkan

  • Satu powerbank
  • Satu kabel USB bekas
  • Satu konektor / jack power untuk peralatan eletronik
  • Peralatan elektronik seperti solder dan timah untuk menyambung kabel
  • Multitester untuk memeriksa jalur kabel dan arus output.
  • Dan lem Epoxy
Total biaya pembatan : kabel USB 20.000, konektor 2000, Lem epoxy 12.000.



Anda bisa membuka sebuah kabel USB, dan mengurai kabel seperti gambar dibawah ini.
Umumnya kabel power DC dari USB ditandai dengan warna merah dan hijau. Untuk keamanan bisa disambung dahulu ke powerbank dan periksa masing masing output dari arus DC positif dan negatif.





Untuk proyek ini digunakan jack power untuk senter. Yang mengunakan sisi luar untuk arus negatif dan di titik tengah untuk arus posifit.



Setelah memeriksa jalur arus DC positif dan negatif. Sambungkan kabel USB port ke konektor power yang dibutuhkan. Lalu solder untuk memperkuat sambungan kabel. Uji sambungan sebelum di pasang permanen, apakah bekerja dengan peralatan yang membutuhkan power baterai dari powerbank. Dan tidak mengalami overload (overcurrent) dari beban power peralatan yang akan dipakai.



Terakhir di lem dengan perekat Epoxy seperti gambar dibawah ini.



Lalu pasang konverter USB ke jack power elektronik dan periksa kembali apakah arus yang diberikan sudah benar.

<

Page 1 - Kabel USB ke konektor powerbank untuk baterai
Page 2 - Lampu LED Emitter untuk lampu emergency
Page 3 - Lampu LED dengan Step-up
Page 4 - Lampu emergency dengan lampu LED
Page 5 - Powerbank untuk lampu emergency dengan lampu LED