Strava sebuah aplikasi GPS untuk mereka yang menyukai olahraga, tapi rutin melakukannya. Mencatat kemana saja perjalanan yang dilakukan, baik untuk lari, naik gunung, atau bersepeda.

Aplikasi ini seperti Endomondo tetapi Strava memiliki tampilan lebih menarik dan dapat diatur apakah anda ingin memberikan target. Misalnya selama 1 bulan ini anda ingin lari atau bersepeda 100km untuk lebih kurus 10kg. Selama software ini aktif dan mencatat di setiap kegiatan, data akan di akumlasi. Jadi anda bisa mengetahui berapa sisa target yang belum tercapai.

Selain catatan pribadi, data perjalan yang disimpan dan target olahraga yang akan dicapat. Strava dapat membandingkan data antar member. Sebagai contoh, anda sedang melintas di satu daerah sepeda gunung. Dan merekam data GPS melalui Strava. Setelah smarphone terhubung ke data internet. Mungkin akan muncul data orang lain yang ingin berbagi trek. Fitur ini menjadi menarik bila seseorang ingin menjadi follower.

Untuk mendaftar hanya membutuhkan email dan password. Ada 2 layanan berbeda, satu versi Free dan satu lagi versi premium. Untuk versi Strava Premium, akan dikenakan biaya. Dan data yang disimpkan ke Strava juga lebih besar. Seperti data detak jantung kegiatan anda akan di catat di database Strava. Untuk layanan Premium dikenakan biaya $59 pertahun atau $6 perbulan


Informasi webstite www.Strava.com dapat dibuka melalui smartphone, tablet atau computer

Apa saja yang dicatat oleh aplikasi Strava untuk Android

  • Mencatat aktivitas ketika berolahraga dan rekaman data GPS Log.
  • Dapat terhubung ke alat Heart Rate dari sensor Bluetooth Zephyr
  • Mencatat jarak, waktu, ketinggian seperti data GPS bisa diupload ke layanan Strava.
  • Data GPS yang diupload dapat di ekspor ke file GPS format GPX, dan lainnya



Tampilan Strava dibawah ini. Yang dicoba adalah versi Bike atau untuk GPS sepeda. Setelah muncul menu dibawah, tinggal di tekan tombol Record a Ride dan perjalan akan direkam oleh aplikasi Strava




Fitur tambahan dari aplikasi Strava



Perjalanan yang diupload bisa dilihat datanya dari smartphone.



Untuk komunitas atau teman yang suka berolahraga. Dapat dibuat club bersama atau mencari data member lain sampai menjadi follower.



Aplikasi Strava lebih mengutamakan mereka yang suka berolahraga rutin. Selain untuk data pribadi, data anda dapat di share ke penguna Strava lainnya. Bila rute yang anda lalu selama berolahraga ternyata ada juga yang melewati di jalur yang sama, anda bisa melihat kemana saja jalur yang dilewati oleh rekan lain.