Aplikasi untuk menghemat baterai smartphone yang bagus. Dapat direkomendasikan DU Battery Saver untuk smartphone Android. Aplikasi DU Battery Saver ini agak berbeda dari disain aplikasi baterai saver atau aplikasi untuk hemat baterai di smartphone.

Apa yang menarik dari aplikasi menghemat baterai smartphone DU Battery Saver
  • Disain dari tampilan aplikasi ini bagus, dan fungsinya sesuai kebutuhan penguna Android. Misalnya mengeluarkan aplikasi yang masih berjalan resident / background. Beberapa aplikasi Android tidak memiliki fitur Exit. Jadi tetap saja aktif walau sudah ditutup.
  • Setting manual pada perangkat apa saja yang ingin dimatikan di smartphone Android.
  • Satu tombol Optimize akan membersihkan aplikasi yang tidak terpakai.
  • Android dan langsung sistem aplikasi memangkas kebutuhan hardware dan software yang tidak perlu.
  • Memiliki Schedule Time, DU Battery Saver dapat mematikan perangkat yang tidak diperlukan pada waktu tertentu. Misalnya ketika tidur semua perangkat dapat di Off secara otomatis.
  • Memiliki sistem alarm ketika baterai memasuki mode Save atau sampai posisi kritis.
  • DU Battery Saver memiliki data dan mencatat aplikasi apa saja yang dianggap boros dalam pemakaian power baterai di smartphone.

Ada 2 DU Battery Saver yang dapat di download

DU Battery Saver Free dan DU Battery Saver Pro

Perbedaan DU Battery Saver gratis dan pro berbeda pada fitur aplikasi. Pro dapat menghemat baterai lebih besar 20% dari versi gratis. Untuk fungsi utamanya tetap sama, untuk menghemat baterai smartphone, menghentikan perangkat yang aktif agar tidak memakai power baterai terlalu banyak, serta menendang aplikasi yang berjalan secara background.

Tampilan DU Battery Saver dibawah ini

Kiri ada satu tombol muncul setelah menginstal aplikasi. Tombol Optimize dapat diaktifkan bila anda sudah tidak aktif lagi dengan smartphone. Sekali di click , setting yang sudah diberikan di aplikasi akan aktif. Dari mengeluarkan aplikasi yang berjalan secara background, setting mengaktifkan power saver dan lainnya.
Kanan, gambar tampilan baterai dan pengaturan aplikasi DU Battery Saver. Software dapat memperkirakan kira kira berapa lama lagi smartphone akan kehabisan baterai
Pada bagian menu terdapat informasi dan setting
  • Battery - status baterai dalam durasi akan habis, dan waktu pengisian ketika baterai di charger.

  • Saver - setting dibuat manual , Sleep, General, Long.
  • Charge dan Monitor untuk melihat aplikasi yang memakai power baterai di smartphone, serta hardware dalam grafik persentase pemakaian total baterai.



Ini yang menarik, terdapat pengaturan waktu. Perumpaan saja, penguna smartphone mungkin sudah tidur pada jam 10, tapi smartphone masih aktif secara penuh. Pada jam 11 setting smartphone dari DU Battery Saver dapat mengaktifkan semua yang tidak perlu. Termasuk WIFI, tidak menerima SMS, chatting dan lainnya.



Tampilan dibawah ini untuk pengaturan aplikasi DU Battery Saver



Bila dikombinasikan dengan Startup Manager untuk menonaktifkan aplikasi ketika smartphone mulai bekerja. Bila penguna Android sudah membuka beberapa aplikasi, ada beberapa aplikasi masih aktif. Dan harus hentikan secara manual satu persatu. Dengan DU Battery Saver dapat mematikan aplikasi yang dibuka tapi tidak bisa ditutup dengan satu tombol. Walau tidak semua aplikasi bisa dimatikan dan akan di load kembali oleh smartphone.

Aplikasi DU Battery Saver menarik untuk dicoba, khususnya versi gratis. Pengaturan menu dari DU Battery Saver relatif lebih mudah di mengerti. Fitur paling bermanfaat seperti waktu pemakaian baterai yang akan habis, dapat ditampilkan dalam waktu. Sehingga penguna Android dapat memperkirakan kapan baterai smartphone akan habis.
Untuk smartphone Android model standar belum tentu software ini cocok. Bisa di uninstall bila kemampuan aplikasi Du Battery Saver terlalu menganggu menurunkan kinerja smartphone.