Block Program / Software with Firewall Windows 7

Windows Firewall dapat dimanfaatkan untuk block program bila mencoba connection internet. Mengapa aplikasi harus dipasang Firewall. Beberapa aplikasi mengunakan koneksi internet untuk memeriksa seperti
  • Game, akan mengambil data seberapa banyak game dibuka pada computer. Atau melihat game masih di mainkan oleh gamer. Game yang baru berjalan akan terhubung ke internet dan software game akan mengirim data ke server tertentu. Kadang membuat game terlihat lama load, padahal diam diam program mengirim data melalui internet dan membuat loading game menjadi lambat.
  • Software atau program. Akan mendata berapa kali software dibuka, atau digunakan. Termasuk memeriksa update, seperti pemberitahuan adanya update terbaru. Efeknya sama sepert game, membuat aplikasi terlambat antara 3-5 detik atau lebih.
  • Kadang beberapa program atau software dapat saja mematikan beberapa fungsi di software. Karena menganggap user tidak mengikuti aturan seperti melakukan registrasi, login / daftar ke server merekadan lainnya. Walau software berjalan baik dengan computer tanpa koneksi internet.

Mengapa perlu di block.

  • Paling menyebalkan, beberapa software melakukan koneksi internet yang tidak perlu. Dan membuat loading aplikasi sedikit lambat setiap kali aplikasi dibuka. Sementara aplikasi berjalan dengan baik bila tidak memiliki jaringan ke internet.
  • Menghentikan pop-up update yang tidak kita inginkan.
Untuk mem-block internet dari aplikasi yang kira kira mencoba menghubungi server mereka ke internet memang tidak mudah. Penguna harus tahu dari nama program. Misalnya sebuah program dengan A.EXE adalah sebuah aplikasi biasa. Tapi bukan dari dalam software tersebut koneksi internet aktif dan mengirim data ke server lain. Pembuat program dapat menyembunyikan di aplikasi lain, misalnya Adobe Connect ataur Adobe Media Server, Media Player Windows dan lainnya.
Bila program mencoba mengirim data (outbound) ke internet, dan bisa di tutup dengan Firewall agar program tidak bisa mengirim data ke server pembuat software.

Tahap memblock Outbound data dari software dengan Firewall

Masuk ke Run di sisi kiri bawah Windows 7, dan ketik Firewall dan pilih Windows Firewall with Advanced Security atau masukan kata Firewall.cpl



Nantinya akan muncul aplikasi Firewall seperti gambar dibawah
Click bagian Outbound Rules -> New Rule bila menemukan sebuah program .exe atau .com yang diduga melakukan pengiriman data ke internet secara diam diam. Entah untuk update atau memeriksa fungsi pemakaian software

Open Firewall Windows via Run Firewall.cpl

Akan muncul sebuah Window New Outbound Rule Wizard.
Masuk ke Program dan pilih nama file yang akan di block oleh Firewall

Setting Windows Fireewall with Advanced Security

Lalu pindah ke Action
Disini ditentukan apakah program diijinkan untuk melakukan koneksi internet. Atau di block total untuk mengunakan koneksi internet via Block the connection

Setting Block program data internet with Firewall

Setelah tekan Next
Pilih Profile.
  • Domain untuk memblok computer dari domain perusahaan
  • Private memblok koneksi internet bila koneksi mengunakan jaringan internet biasa.
  • Public, memblok koneksi internet diluar rumah, misalnya di tempat publik.
Bila ingin di block seluruhnya, ke 3 pilihan harus di tick.

Block or unblock internet connection with Firewall

Selesai melakukan setting Rule, terakhir berikan nama Rule Outbound dari aplikasi.
Agar tidak membingungkan, nantinya yang mana saja aplikasi yang sudah di block. Sebaiknya diberikan nama seperti aplikasi dan keterangan. Selesai di block, maka aplikasi yang sudah dimasukan tidak akan mendapat koneksi internet untuk keluar.

Select block software internet connecttion for Private, Publick or Domain

Dibawah ini proses setelah memasukan data Outbound Rule.
Nama blok1 misalnya untuk aplikasi game yang sering dimainkan, dan nama blok2 untuk aplikasi yang sering terhubung ke internet dan memeriksa update.



Bagaimana membuka Firewall dari block Outbound dan Inbound.

Misalnya terjadi kesalahan, program ternyata membutuhkan koneksi internet. Rule Outbound.
Bisa di click kembali nama Rule yang sudah dibuat. Dapat dibuka untuk sementara atau permanen.
Dengan menekan nama Rule seperti blok1, dengan click kanan mouse. Akan muncul setting Properties, dan bisa di aktifkan atau di nonaktifkan Rule Wirewall yang sudah dibuat.





Melihat program atau software connect ke internet

Untuk melihat aplikasi yang mengunakan internet, bisa mengunakan TCPview dari Sysinternals.com dan melihat aplikasi yang berjalan di startup dengan software Autorun

TCPview misalnya akan akan menditeksi software yang aktif untuk melakukan koneksi internet.
Diberikan tanda hijau ketika sebuah software mencoba menghubungkan ke internet. Bila di block, ketika software mencoba menghubungkan ke internet akan berwarna merah.

Listen port IP software or program connect internet


Yang perlu diingat, aplikasi apa yang akan di block dari internet. Bila terjadi kesalahan sampai program tidak bisa bekerja karena membutuhkan koneksi internet. Kita sudah mengetahui aplikasi yang baru dimasukan dalam list Firewall, dan bisa dibuka kembali.
Teknik memblok software untuk connection ke internet bisa dilakukan di OS Windows 7, Windows 8, Windows XP.