Star Trail dikenal oleh fotographer, sebagai teknik mengambil gambar bintang di malam hari. Tidak ada bulan, dan cuaca yang cerah. Foto dengan waktu durasi tertentu misalnya satu foto 30 atau 20 detik, dan dibuat beberapa puluh foto. Lalu digabung menjadi satu, dan cahaya bintang akan terlihat seperti perputar seperti gambar dibawah ini




Agar posisi camera tidak berubah, karena urutan foto dibuat cukup lama. Biasanya digunakan tripod. Untuk seting ISO bisa dimulai dari 200 atau 400, dan paling umum mengunakan lensa wide. Tujuannya agar bidang yang diambil lebih lebar.

Target terbaik mengarah ke kumpulan bintang di utara atau selatan. Alasannya, karena rotasi bumi memiliki sumbu di selatan dan utara. Jadi gambarnya akan berbentuk lingkaran. Setting bukaan lensa, menurut kalangan astronomi bisa dimulai antara f8 atau f11, tapi itu harus dicoba Alasannya, karena bidang yang diambil adalah pemandangan, sehingga objek dapat lebih jelas

Langkah awal membuat Star Trail

Buat beberapa foto di malam hari, posisi sama, mengunakan tripod, setting camera seperti diatas. Bisa dibuat dalam waktu 1-2 jam untuk pemula.
Selesai, proses foto ke JPG, bila perlu bisa di edit.



Selesai membuat urutan foto bintang, masukan semua foto ke StarTrails seperti gambar dibawah ini. Lalu proses, maka setiap titik putih (sebagai bintang atau benda bercahaya yang tertangkap di camera) akan ditumpuk menjadi garis cahaya.



StarTrail memiliki beberapa pilihan setting tambahan.
  • Lighten, misalnya untuk menangkap foto dengan jarak dari setiap foto tetap dipertahankan. Setting ini dapat dimanfaatkan untuk mengabadikan meteor shower.
  • Lighten Screen Blend. Setting ini mencampur semua foto menjadi satu dan garis tidak dibuat putus. Hasilnya akan berbentuk cahaya bintang yang disambung menjadi satu lintasan.



Selain membuat foto bintang dan disatukan untuk membuat sebuah lintasan bintang. Satu lagi output video. Yang ini dibuat untuk efek, dari foto pertama dan selanjutnya dibuat dengan animasi video.



Contoh sederhana dari foto bintang dibawah ini, mengunakan 30 foto dengan durasi 10 detik. Satu foto akan terlihat biasa (gambar 1).
30 foto yang dibuat dengan durasi 10 detik, lalu digabung akan membentuk garis lintasan bintang. Seakan diambil dari satu camera selama 5 menit.



Manfaat lain dari software Startrail di halaman selanjutnya