Aplikasi untuk merekam pembicaraan telepon disebut Call Recording. Software ini dapat diaktifkan dari smartphone Android, dan merekam pembicaraan telepon. Fitur software dapat diaktifkan secara manual dan merekam pembicaraan telepon di smartphone dengan format 3GP dan MP4. File yang direkam relatif kecil dengan beberapa setting kualitas audio yang direkam.

Call Recording terbagi dalam 2 software. Software biasa Call Recording gratis, dan opsi Share recording file untuk versi Pro. Sebenarnya versi Pro hanya memberikan tambahan fitur saja, dengan versi Call Recording gratis sudah cukup. File rekaman tetap disimpan di Android dan dapat dikirim via email.

Aplikasi merekam suara telepon Call Recording hanya berukuran 1.1MB untuk versi November 2013. Dan dapat bekerja di OS Froyo, GingerBread keatas. Jadi smartphone Android lama tetap jalan dengan software ini.

Apa fungsi Call Recording untuk merekam pembicaraan di smartphone

  • Sebagai contoh, seseorang menerima telepon dan mengambarkan nomor telepon lain yang harus dihubungi. Tentu repot bila di jalan, dan tidak memiliki alat tulis atau harus si penelpon harus mengirim nomor telepon via SMS.
  • Dengan Call Recording, kita bisa merekam apa informasi tugas dari si penelpon. Misalnya seseorang mendapat tugas menghitung pekerjaan disatu tempat. Si pemberi pekerjaan meminta dengan tugas A, B dan C. Tentu tugas tersebut tidak mudah diingat bila terlalu banyak. Pembicaraan bisa direkam untuk sementara waktu, lalu diputar kembali setelah sampai rumah atau kantor.
  • Atau seseorang memberikan penjelasan tentang alamat jalan, kebetulan yang menelpon tidak mengerti pengunaan teknologi GPS. Dan memberikan gambaran dengan audio saja. Akan lebih mudah memutar ulang pembicaraan dari telepon dan diputar kembali untuk mencari satu tempat.
  • Contoh lain untuk tugas di kampus. Satu rekan mengabarkan tugas kampus untuk dikerjakan bersama sama. Sambil menyebutkan nama si A, B dan C harus mengerjakan D, E dan F. Pasti repot bila si penerima telepon masih berada di luar. Rekam saja pembicaraan dari teman kampus /  sekolah. Selesai kembali ke rumah baru di putar ulang dan menyalin serta mengirim ke teman yang dituju.
  • Fitur ini paling baik bagi mereka yang sering berpergian dengan kendaraan pribadi. Sementara melakukan pembicaran di mobil dengan via audio konferensi, maka suara si penelpon akan direkam terus selama melakukan pembicaraan.
Itu beberapa contoh dari fungsi merekam pembicaraan dari telepon di Android. Tentu masih banyak lagi manfaat lain dari teknologi seperti ini.

Apakah semua smartphone   Dapat bekerja untuk merekam percakapan

  • Masing masing pengembang tidak menjamin aplikasi mereka dapat merekam di seluruh perangkat smartphone
  • Kadang ada yang bekerja baik, tapi ada saja aplikasi yang membuat suara rekaman lawan sangat kecil.
  • Kadang aplikasi auto recording dapat merekam pembicaraan telepon biasa, tapi tidak merekam pembicaraan aplikasi VOIP seperti telepon via Whatsapp atau Skype.
  • Kadang aplikasi bisa crash, mengingat keterbatasan pembuat aplikasi memeriksa atau mencoba dari merek dan model smartphone. Setiap mengembang terus mengupdate aplikasi mereka bila mendapat laporan dari penguna.
  • Beberapa aplikasi hanya mendukung OS Android 4.0+ atau versi lebih tinggi. Pembuat software ada yang mempertahankan aplikasi mereka bekerja dari OS Android 2.2+
  • Bagi penguna harus mencoba software Auto Call Recording apa yang bekerja dengan baik. Dan format file apa yang yang tepat untuk merekam pembicaraan. Baru tentukan dari aplikasi apa smartphone anda dapat merekam dengan baik.
Selanjutnya untuk mendownload aplikasi Call Recording, fitur aplikasi dan penyimpan file dari aplikasi