Cara kerja software GpicSync

Perlatan yang harus dimiliki untuk memasukan lokasi dari foto yang diambil
  • Android atau perangkat GPS Tracker (alat pencatat lokasi selama perjalana). Bila mengunakan smartphone Android, aktifkan software seperti Maverick Android , Gaia GPS Android , MyTrail Android  atau aplikasi yang GPS di smartphone selama perjalanan. Smartphone akan aktif mencatat kemana smartphone dibawa.  Atau selama perjalanan dapat mengunakan GPS tracker, alat ini bisa di beli dalam bentuk GPS portabel atau GPS Tracker saja. Dan mencatat lokasi serta jam menjadi file GPX. Pastikan jam pada camera mengunakan waktu yang sama seperti jam di penerima lokasi GPS.
  • Camera
  • Terahir software GpicSync

Spesifikasi software GpicSync
  • automatically geocode your photos (in the EXIF header)
  • use a GPS tracklog in the GPX format or NMEA format (multiple selection possible)
  • Support elevation data if present in the tracklog
  • create a Google Earth KML file to directly visualize the geocoded photos and track in Google Earth
  • create a Google Maps file to publish your pictures and track on the web (more)
  • Automatically associate audio or video files in Google Earth and Google Maps
  • create a Google Earth KMZ file (containing your geolocalized pictures and tracklog).
  • add additional geonames and 'geotagged' metadata (for automatic tagging in Flickr for example) and create an automatic IPTC caption (more)
  • manually write latitude/longitude in a picture EXIF or a selection of photos
  • handy tools integrated (Time correction tool, EXIF reader, GPX inspector, rename pictures with date/location,)
  • supports Jpeg pictures and main RAW files format (more)

Untuk mendownload file GpicSync Gratis dan bisa diambil via code.google.com/p/gpicsync
Dibawah ini tahapan mengunakan GpicSync :
  1. Jalankan aplikasi GpicSync di computer
  2. Lalu masukan file GPX yang sudah di rekam di smartphone  / GPS portable / perangkat sejenis, dan masukan semua file foto (misalnya  JPG) ke dalam satu folder
  3. Seandainya mengunakan camera DSLR dan mengambil file dalam format RAW File. Masukan data terlebih dahulu dengan GpicSync untuk file foto sebelum di edit dengan software lain seperti Lightroom. Untuk Lightroom, ketika di edit tekan Ctrl-S agar semua data Metadata disimpan dalam file JPG.
  4. Pastikan tanggal Date Picture Taken adalah waktu yang sama seperti data di GPS dengan melihat perbandingan tanggal dari waktu dan waktu UTC dari GPS

Tahapan mengunakan GpicSync dibawah ini

  • Masukan semua file foto kedalam satu folder dan pilih Picture Folder
  • Masukan data folder GPX yang sudah direkam oleh perangkat atau smartphone. Bisa disatukan dengan folder file foto dan file GPX
  • Bila GPS mencatat waktu UTC, setting +7 untuk waktu WIB agar cocok dengan tanggal pengambilan foto.
  • Track point below second tertulis 300 detik. Data dari foto akan di cocokan dengan data GPX, dan mengambil waktu terdekat dari catatan di file GPS.
  • Selesai langkah dibawah ini, baru tekan Snyc. Maka file setiap foto akan di sisipkan lokasi Metadata untuk GPS.




Bagaimana GpicSync bisa mengabungkan data GPS dari file GPX dan dimasukan ke dalam foto dengan tepat

Software GpicSync hanya menyamakan tanggal dan jam rekaman dari data GPS dan foto.
Ketika camera membuat foto file akan mencatat kapan jam dan tanggal gambar disimpan ke memory card.
Dari catatan perangkat GPS akan membuat file GPS log dalam bentuk file GPX. File GPX yang merekam perjalanan juga merekam jam dan tanggal serta lokasi.
Data koordinat lokasi file GPX akan dimasukan di setiap foto bila menunjukan waktu yang sama. Walau tidak terlalu akurat dibanding perangkat GPS yang sudah menyatu dengan camera (misalnya anda berada di atas kendaraan), karena catatan lokasi hanya mengambil data yang mendekati antara waktu gambar di ambil dan catatan di data GPX. Lokasi dan posisi camera tidak akan jauh berbeda ketika menunjukan lokasi dimana foto diambil.

Hasil capture dibawah ini menunjukan data GPX (data yang dicatat dari alat GPS - kiri ) dengan waktu dan tanggal yang sama seperti tanggal ketika foto diambil (kanan)




Diagram kerja dengan hardware dan software GpicSync dibawah ini

Untuk memudahkan memberikan gambaran, perangkat apa saja yang dipakai dan cara penyimpanan lokasi dari data GPX ke file camera dibawah ini

  1. Alat GPS dari smartphone, GPS Portabel, Jam GPS, atau GPS Logger akan mencatat lokasi dan jam kemana saja anda pergi
  2. Alat GPS akan membuat file GPX yang berisi catatan lokasi kemana saja alat bergerak. Termasuk data dari titik koordinat lokasi, jam dan tanggal, ketinggian selama perangkat aktif.
  3. Camera akan mengambil gambar sesuai tanggal + jam dan ditambahkan ke masing masing file sebagai catatan dari sebuah foto ketika disimpan ke memory card.
  4. Software GpicSyncy mengambil data lokasi GPS dari file GPX, dan mencocokan jam dan tanggal dari foto. Lalu dimasukan ke dalam Metadata masing masing foto setelah proses Sync.



Setelah proses dari GpicSync, masing masing foto akan mendapat tambahan data lokasi. Bila di upload ke media sosial, setiap foto akan menunjukan lokasi dimana pengambilan gambar dibuat.

Software GpicSync menjadi solusi murah bagi mereka yang ingin menambahkan lokasi pada file foto. Walau lebih merepotkan karena harus mengaktifkan smartphone atau perangkat GPS Logger selama perjalanan, untuk merekam lokasi. Tapi lebih murah dibanding membeli perangkat GPS untuk camera, karena alat seperti ini belum tentu diperlukan setiap berpergian. Sedangkan smartphone yang anda miliki sudah bisa dimanfaatkan sebagai GPS logger. Untuk mendukung kekuatan baterai smartphone, lebih mudah dengan backup baterai dari Power Bank.

Kesimpulan dengan GpicSync

Sebagai alternatif dapat memanfaatkan data GPS logger atau GPS portable selama perjalanan. Karena alat ini lebih hemat power, dan baterai di camera lebih hemat karena tidak perlu mengunakan penerima signal GPS lagi.

Contoh data yang sudah ditambahkan Metadata GPS dari GpicSync dibawah ini.
Di layanan Photo Google+, setiap foto yang memiliki Metadata GPS akan menampilkan lokasi foto diambil seperti gambar kanan dari Photo Details.