Google Map Timeline
Google memiliki pencatat lokasi keberadaan seseorang.

Tapi yang ini adalah Timeline, data histori selama smartphone pernah dibawa pergi.

Data akan disimpan oleh Google, dan mencatat dari hari ke hari, bulan dan tahun.

Darimana Google mengetahui seseorang pergi, dan mencatat kemana saja dia pergi. Padahal pemilik ponsel tidak mengaktifkan data histori dari Google. Google mengunakan data lokasi untuk berbagai keperluan, termasuk keamanan bila smartphone hilang. Tapi fungsinya tidak terbatas sampai disana.

Menyelusuri pemilik smartphone Android dapat dilakukan oleh Google. Selama seseorang mengaktifkan atau pernah mengunakan lokasi GPS seperti foto dapat diaktifkan dengan lokasi GPS. Sehingga sebuah foto akan autentik memang diambil pada tempatnya.

Fitur ini menarik, bila anda memiliki 1 smartphone yang didaftar dalam satu account Google.Lalu membeli lagi, dan smartphone lama diberikan kepada orang lain dan anda tetap meminta nama Account Google yang didaftar di smartphone dengan nama anda. Misalnya memberikan ke karyawan, supir, keponakan atau adik anda.



Maka anda sebagai pemiliknya dapat membuka dengan Account milik anda termasuk smartphone yang diberikan kepada orang lain.
Dan mengetahui kemana saja smartphone dibawa pergi. Prinsip kerjanya sama sepeti fitur lokasi mencari keberadaan ponsel diatas.Tapi disini adalah catatan lengkap selama smartphone mengaktifkan data GPS location.

Syaratnya
  • Koneksi smartphone mengunakan GRPS/3G/4G
  • Mengaktifkan History Location

Sebagai contoh, anda mengunakan aplikasi GPS Logger atau GPS Treker. Pastinya aplikasi tersebut akan mengaktifkan GPS Location.
Misal dari aplikasi Maverick, Gaia GPS ,GPS Logger, atau aplikasi lainnya yang mengkatifkan sinyal GPS. Besar kemungkinan data GPS yang diterima oleh smartphone dan aplikasi, juga di rekam oleh Google Timeline

Contoh aplikasi Maverick pada gambar kiri, digunakan untuk mencatat perjalan olahraga bersepeda.
Bila anda membuka ke situs halaman www.google.com/maps/timeline
Tentunya mengunakan Account milik anda. Maka akan ditampilkan seperti gambar tengah. Bahwa pada tanggal tersebut Google mencatat kemana saja anda pergi. Walau awalnya anda hanya mengaktifkan GPS dari aplikasi Maverick, tapi Google akan ikut mencatatnya juga.

Google Map Timeline histori keberadaan seseorang

Disini pentingnya mengaktifkan GPS Location dari smartphone. Sebaiknya fitur ini diaktifkan, karena memberi banyak manfaat. Seperti mengetahui dimana smartphone berada atau tertinggal, dan menjadi catatan backup data dari pemilik smartphone yang dapat dijadikan bukti bila diperlukan.

Untuk mengaktifkan GPS Location. Dapat dibuka pada menu Location, terdapat pilihan beberapa Mode akurasi lokasi GPS dari smartphone Android.
  • High Accuracy, catatan GPS paling akurat. Lebih tepat untuk mencatat data lokasi ketika mengunakan aplikasi GPS seperti berolahraga, mendaki gunung dan tempat terpencil. Karena Mode ini dapat menunjukan lokasi lebih tepat.
  • Battery Saving, catatan lokasi untuk menghemat baterai
  • Device Only, catatan yang tidak terlalu akurat tapi dapat diperkirakan dimana keberadaan perjalanan sebuah smartphone.

Bila anda tidak mau Google mencatat kemana saja anda membawa smartphone. Mungkin alasan privasi ?

Fitur Timeline lokasi dari Google juga dapat di nonaktifkan. Caranya dengan mem-Pause agar Google diminta tidak merekam kemana anda pergi.

Dibawah ini menu untuk setting lokasi dari Google, ada di tombol Gear kanan bawah. Memberikan pilihan opsi dari Menu dibawah ini.

  • Export this day to KML, artinya anda mengambil (download) data GPS Log yang dicatat
  • Pause Location History, menghentikan Google mencatat
  • Delete all Location, menghapus semua yang sudah di catat oleh Google untuk Account Anda
  • Manage your personal place, mengatur lokasi keberadaan anda seperti tempat kerja dan rumah
  • Download a copy of all your data.
Pause Delete Remove All lokasi GPS dari Google

Fitur ini menarik, walau anda sendiri yang menentukan kebutuhan tersebut. Semua data hanya direkam untuk anda sendiri saja, kecuali anda memang mengaktifkan untuk membagi (share) kepada orang lain.