Apa yang anda lakukan bila smartphone Android hilang.

Sedangkan data di smartphone ternyata banyak data akun dan file, maupun email anda termasuk password anda dan smartphone bisa terhubung langsung ke internet.

Di Android terdapat layanan Device Manager, fungsinya untuk mereset smartphone dan menghapus data di dalamnya secara remote jarak jauh. Selain untuk mereset, Device Manager dapat melihat dimana posisi smartphone.

Tapi jangan mematikan layanan smartphone anda untuk sementara waktu atau smartphone anda harus memiliki paket data. Setidaknya berusaha untuk menghapus data di smartphone, baru semua nomor layanan dimatikan. Ganti password email dan password di akun media sosial terlebih dahulu. Beri kabar kepada rekan atau saudara yang nomor teleponnya terdaftar di smartphone.

Tahapan untuk mengaktifkan Google Device Manager dibawah ini

  • Pertama smartphone Android anda harus terdaftar di Google.
  • Melakukan perubahan setting di smartphone dibawah ini
  • Setting di smartphone harus diaktifkan untuk Device administrators
  • Masuk ke setting di layar Android dan pilih select deviced administrators
  • Centang pada halaman ke 2



Tahap lain dengan mengaktifkan Factory data reset



Pastikan data GPS anda tetap aktif. Tidak perlu disetting akurat, tapi di set Location dengan Power Saving.
Kemana saja smartphone anda pergi, data lokasi akan di catat oleh Google ketika GPS location aktif.

Selesai persiapan diatas, masuk ke Google Device Manager



Disana terdapat menu untuk Ring, Lock dan Erase data. Tergantung kebutuhan, apakah ingin menghapus data atau sekedar memberikan suara di smartphone.
Ketika ring diaktifkan maka smartphone akan berbunyi 1 kali. Dan lokasi smartphone anda akan tampil di layar Device Manager melalui browser
Anda dapat mengirim pesan ke smartphone agar dibaca oleh orang lain yang mengambil atau menemukan. Tapi smartphone anda harus terhubung ke internet.
Anda bisa menghapus data di smartphone secara remote melalui browser di computer. Atau fitur terbaru sudah diberikan untuk mengunci smartphone dengan opsi Lock.

Selesai melakukan perubahan setting diatas, refresh halaman web. Dan sistem pengunci di Android Device Manager akan membuka bagian icon Reset




Sistem pengamanan Android Device Manager dapat dijadikan alternatif untuk mencari keberadaan smartphone. Masih ada beberapa aplikasi lain yang diberikan gratis pada link dibawah.

Untuk aplikasi berbasis Android Device Manager

Google menyediakan Android Device Manager di smartphone atau tablet.
Software ini berfungsi untuk pengaman smartphone Android. Versi awalnya dibuat berbasis Web (diatas), sekarang bisa di instal ke smartphone atau perangkat lainnya.

Sebelum menginstall aplikasi ini, anda harus tahu bila Google mengunakan satu akun login dengan email. Anda harus menginstall dari Google Play.

Aplikasi Android Device Manager bisa di download via Google Play

Ukuran file hanya 1,7MB. Membutuhkan OS Android 2,3 keatas.

Fitur Android Device Manager seperti versi berbasis Web. Tapi lebih mudah melihat kebaradaan smartphone lain langsung melalui aplikasi Android.

Sebagai contoh, anda memiliki 5 smartphone Android. Lalu mendaftarkan semua dengan satu akun di Gmail.com. Lalu 4 smartphone diberikan ke anak anak, mama, papa, kakek, nenek dan lainnya. Bila terjadi masalah pada salah satu smartphone, misalnya hilang, dicuri dan perlu di hapus datanya dengan cara remote. Fitur Android Device Manager bisa menghapus atau mencari lokasi smartphone.
Satu akun email bisa digunakan bersama sama agar memudahkan akses ke semua smartphone. Sementara akun lain dapat dibuat untuk media sosial, check email dengan akun berbeda.

Remove smartphone dari daftar Device Manager

Google menyediakan Android Device di halaman Google Play - play.google.com/settings
Untick hardware seperti smartphone atau tablet Android, dan Update

Nama perangkat tidak akan muncul dari daftar pilihan Google Play.

Remove via Android Device Manager

Halaman berikutnya Google Map Timeline mencatat kemana saja smartphone dibawa