Di Google Maps sudah terintegrasi dengan aplikasi Navigation, gunanya untuk mencari rute jalan dan tujuan. Berbeda dengan Google Maps lebih mengutamakan layanan peta, tetapi keduanya akan di satukan ketika bekerja.

Navigation dan Google Maps sudah terinstall di smartphone dan keduanya bisa dimanfaatkan bersama sama. Navigation merupakan tampilan dari Google Maps. Tampialnnya seperti perangkat di kendaraan yang memiliki layar kecil untuk menunjukan jalan. Terkadang disebut sebagai GPS untuk kendaraan.

Navigation ini yang mirip seperti alat GPS di kendaraan, hanya bentuknya berupa smartphone. Dengan Navigation, ketika berkendaraa maka bisa mencari jalan dari Navigation ini. Navigation akan memberikan rute jalan, nama jalan yang akan dilewati, jarak tujuan dan lainnya, lengkap dengan suara.

Navigation vs Google Maps

Antara Navigation dan Google Maps, keduanya menjadi satu bagian. Google Maps adalah aplikasi utama, sedangkan Navigation merubah tampilan Google Maps sebagi alat GPS di kendaraan.

Baik Navigation dan Google Maps membutuhkan koneksi internet. Smartphone memerlukan data plan atau koneksi internet untuk mengambil data dan kalkulasi rute di kedua software ini. Kedua dibutuhkan GPS untuk akurasi lokasi bagi Navigation.

Dibawah ini perbedaan tampilan Navigation dengan Google maps.
Kiri adalah Google Maps dengan pencarian menunjukan peta. Kanan adalah tampilan Navigation



Untuk mencari jalan di Navigation, icon tampilan layar (gambar kiri) akan menunjukan logo Google Maps. Tinggal di isi jalan apa yang dicari, selesai di click maka tampilan berubah kembali ke Navigation.  Atau mengclick opsi dari tombol kiri bawah aplikasi Navigation dan click bagian Search.

Navigation akan memberikan data lebih detail dan posisi map di zoom, lengkap dengan jarak dalam hitungan km dan waktu tempuh. Bagi mereka yang sedang berkendara bisa mengikuti rute yang diberikan oleh Navigation
 


Beberapa fitur di Navigation yang tidak ada di Google Maps seperti mencari alamat dengan suara. Sayang sulit digunakan untuk mencari alamat di Indonesia. Sedangkan fitur lain seperti alternatif jalan, panduan suara akan lebih bagus di Navigation dan tidak ada di Google Maps





Navigation memiliki data yang sama dengan Google Maps, seperti mencari tempat makan, ATM, mencari pom bensin, rumah sakit dan datanya ada di smartphone. Navigation merubah tampilan Google Maps lebih dengan sebagai alat navigasi kendaraan.



Perbedaan tampilan Google Maps vs Navigation.

  • Google Maps adalah aplikasi utama untuk navigasi. Lebih umum sebagai data dari aplikasi Navigation.
  • Navigation dirancang untuk berkendara, lebih khusus untuk memandu seseorang ke satu alamat yang dituju. Dilengkapi dengan voice, perintah suara dan jalur alternatif. Lebih mirip sebagai alat navigasi yang biasa dipakai di kendaraan. Navigation lebih spesifikasi fungsinya dibanding Google Maps. Dan memerlukan GPS aktif untuk akurasi

Keduanya sama sama membutuhkan koneksi internet untuk kalkulasi jalan.

Demikian panduan dari pengunaan Navigation untuk navigasi dalam mencari lokasi atau mencari rute jalan pada smartphone Android.