Satu tip yang terlupakan untuk merapikan icon aplikasi dari smartphone Android. Setelah mengunakan smartphone Android, pasti pernah menginstall banyak aplikasi. Lalu di un-install kembali.

Awal mengunakan, layar di bagian aplikasi hanya terdiri dari 2 lembar. Lalu mulai menjadi 3 lembar setelah di install aplikasi dan terus bertambah. Kadang kita suka menginstall aplikasi, dan dan icon di halaman aplikasi akan otomatis dihapus. Setiap menginstall aplikasi, Android akan menempatkan di halaman paling akhir. Bila penuh akan dibuat di lembar Windows selanjutnya.

Tipnya dibawah ini

Seperti gambar dibawah ini. Pada halaman Windows nomor 4 terlihat kosong. Karena icon sudah dihapus setelah di un-install. Halaman Windows Android terus melebar sampai 10 lembar.



Untuk merapikan halaman aplikasi seperti diatas, bisa mengunakan cara dibawah ini.

Buka halaman pada icon aplikiasi yang akan dipindah. Lalu tekan tombol paling bawah kiri di smartphone.
Akan muncul sebuah Windows kecil dengan pilihan Edit-List View -Share app.
Tekan Edit



Bila icon Edit sudah ditekan, tampilan akan berubah seperti gambar dibawah. Tinggal di click icon aplikasi dan tahan lalu geser ke halaman aplikasi yang dituju. Lakukan satu persatu untuk memindahkan icon aplikasi agar dikelompokan ke halaman lain. Bila halaman sudah dipindah semuanya, otomatis halaman kosong akan dihapus.



Seperti halaman dibawah ini. Setelah semua di kelompokan dan icon aplikasi disatukan dalam halaman kosong. Icon paling bawah sudah lebih praktis, dari 10 lembar halamana aplikasi tinggal 5 halaman saja.


Hati hati ketika menekan bagian Edit. Fungsi lain tombol Edit di Android akan meng-uninstall aplikasi.

Demikian informasi untuk merapikan icon di smartphone pada halaman aplikasi Android.

Teknik diatas berbeda dengan tipe OS Android 2.3 sampai OS Android 4+
Beberapa tampilan depan (UI) tidak perlu menampilkan menu seperti diatas. Cukup DITEKAN antara 3-4 detik sampai icon yang akan dipindah seperti menempel jari, dan geser ke kiri atau ke kanan.

Google Now Launcher adalah tampilan depan di smartphone. Nama icon di setiap aplikasi akan diurutkan sesuai huruf dari A ke Z. Tidak perlu diatur, dirapihkan, seluruhnya tampil dalam satu halaman, dan cukup di scroll ketika ingin membuka aplikasi.



Bila anda tidak mau repot mengatur Icon aplikasi di Android. Coba saja install Google Now Launcher. Atau gunakan Launcher theme yang tersedia di Google Play lain sesuai keingiinan anda.
Note. Google Now Launcher dihapus oleh Google mulai 1Maret 2017.