Setelah tip sebelumnya membuang aplikasi yang tidak diperlukan. Satu lagi tip tentang Sync Data, dapat mengurangi beban kinerja smartphone.

Dibawah ini tip tambahan untuk mengurangi beban baterai dan smartphone bisa bekerja lebih cepat.

Perpanjang waktu pemeriksaan email dengan durasi waktu lebih lama atau matikan Sync data yang tidak diperlukan.

Bila smartphone mengunakan koneksi internet dengan Paket Data / GPRS / 3G. Ada baiknya menghemat konneksi internet. Beberapa aplikasi email dapat diatur untuk diperlambat durasi pemeriksaan email dan fitur power saving. Misalnya
  • Outlook (kiri) dapat di set otomatis ke manual bila baterai sudah mencapai 15%. Dan dapat di non aktifkan secara otomatis setelah jam tidur atau waktu libur.
  • Yahoo (kanan) memiliki fitur untuk mematikan Sync data dari aplikasi. Masing masing aplikasi memiliki fitur berbeda tetapi dapat dimanfaatkan untuk mengurangi aplikasi terlalu sering mengecek email dan melakukan sinkronisasi ke server.



Contoh lain dari fitur aplikasi email dapat mengurangi durasi waktu untuk memeriksa email di server. Bisa diatur dalam hitungan menit, jam dan hari. Setting ini berbeda beda dari masing masing aplikasi email
Setting Sync untuk durasi email dari aplikasi email :
  • Outlook dapat diatur antara durasi menit sampai satu jam.
  • Yahoo dapat memeriksa email setiap hari sekali sampai mingguan.
  • Dan Gmail dapat menonaktifkan Sync data ke Gmail, Contact, Google+, Picasa dan Google Drive.

Fitur setting Sync untuk memeriksa email dapat diturunkan, khususnya email yang tidak banyak dipakai.




Cara paling baik untuk menghemat koneksi internet dan baterai. Gunakan Power Saving untuk koneksi WIFI. Dan gunakan aplikasi 3G Manager untuk koneksi internet paket data

Cara paling mudah untuk mematikan Sync data dari masing masing aplikasi

Bila smartphone tidak memiliki kepentingan terlalu banyak dengan internet. Setting dibawah ini dapat mematikan semua layanan sinkronisasi dengan mematikan Background Data.

Pilih Setting -> Account and sync.

Akan tampil layar seperti dibawah ini.



Bila icon Background Data ini di nonaktifkan akan mematikan semua aplikasi yang berhubungan dengan internet.
Tentu tidak perlu se ekstrim itu, kecuali dalam kondisi tertentu dimana smartphone sangat memerlukan kapasitas baterai.


Cara lain dengan dengan mematikan Sync aplikasi sebagian saja

Panah Pink untuk menonaktifkan kebutuhan Auto Sync dari semua komunikasi aplikasi ke server, tanpa perlu di setting dari aplikasi.
Panah Kuning, lebih baik untuk mematikan Sync data dari masing masing aplikasi. Bisa di nonaktifkan atau mengaktifkan yang perlu saja. Akan lebih berguna bila aplikasi yang akan di nonaktifkan memang tidak terlalu dibutuhkan, dan dapat dilakukan dengan cara manual update.



Beberapa aplikasi email , Chatting atau Cloud server mengunakan Sync ke data server. Gunanya untuk memeriksa update data terbaru dari email dan lainnya. Atau mengupload file ke Cloud Server. Seandainya penguna smartphone tidak banyak berhubungan dengan email atau komunikasi intensif dengan email dan data file di Cloud server. Bisa dimatikan Sync data yang tidak perlu di bagian ini

Dari setting di atas, di setiap aplikasi dapat di click. Masing masing aplikasi dapat diatur apa saja yang diperlukan untuk sinkronisasi data (Sync), dan setting ada di masing masing aplikasi. Contohnya dibawah ini.
Kiri dari Outlook, tengah Yahoo dan kanan Google Services. Bisa dipilih apa saja yang dibutuhkan bisa diaktifkan, sisanya bisa dimatikan.





Kesimpulan

Dengan beberapa tip diatas, setidaknya kita mengetahui apa yang dilakukan oleh aplikasi sebenarnya di dalam smartphone.
  • Smartphone lambat bukan berarti sudah ketinggalan jaman. Mungkin pemiliknya terlalu banyak menginstall aplikasi, tanpa disarai akan membebani kinerja smartphone.
  • Smartphone memiliki teknologi lebih rumit dibanding computer, karena fitur memudahkan. Tapi aplikasi yang ada membutuhkan power untuk kinerja procesor dan koneksi pada hardware.
  • Salah satu penyebab utama smartphone lambat bekerja, karena masalah di RAM dan banyaknya aplikasi yang terus berjalan secara background dan membebani kinerja procesor. 1 aplikasi tidak masalah, 3 aplikasi mungkin tidak membuat smartphone terasa lambat. Tetapi 5 aplikasi chatting 5 akun email dan 1 aplikasi GPS sedang aktif akan membuat smartphone kelas bawah kewalahan dan baterai smartphone akan tumbang lebih cepat
  • Terlalu banyak aplikasi di load ke RAM, membuat aplikasi terakhir harus mengunakan sisa dari memory yang ada. Buanglah aplikasi yang tidak diperlukan agar RAM lebih banyak tersisa. Sehingga smartphone dapat bekerja secara normal.
  • Masalah baterai smartphone boros. Sebagian besar terkait dengan aplikasi. Karena aplikasi terus menerus mengunakan komunikasi ke server dan jaringan internet, dan membutuhkan kinerja procesor dan hardware seperti koneksi internet dari WIFI atau GPRS/3G. Secara perlahan menambah beban baterai semakin boros.
  • Bila kebutuhan aplikasi memang banyak. Solusi termudah dengan menganti smarphone lebih baik dengan baterai lebih besar.

Inti dari tip ini, bila smartphone mulai boros dan lambat. Bersihkan dahulu aplikasi yang tidak terpakai dari smartphone sebelum memikirkan untuk menganti smartphone baru.
Sebesar apapun kemampuan smartphone, tetapi pengunanya tidak mengerti cara kerja aplikasi yang di install di dalam smarphone. Dan terus menginstall dan membiarkan aplikasi berjalan. Hanya menunggu waktu suatu hari nanti smartphone akan lambat dan semakin lambat.
Smartphone memudahkan, tapi kita harus tahu apa yang dilakukan oleh smartphone dan khususnya pada aplikasi. Semoga artikel ini membantu.