Sebelum membaca artikel ini

Card Reader terlihat bekerja (lampu aktif) tapi SDcard tidak terbaca

Masalah disini bisa terjadi pada kabel USB yang digunakan yang menghubungkan card reader ke computer.

Walau kabel USB terlihat masih baik. Kadang kualitas kabel berbeda.

Seperti ukuran panjang dan pendek, pastikan kabel USB tidak bermasalah.

MicroSD tidak dapat ditulis / di write

Untuk penguna smartphone Android. Bila mengalami masalah storage microSD tidak dapat di write atau tidak dapat ditulis.
Kemungkinan microSD corrupt.

Hal ini terjadi bila smartphone kehabisan baterai, khususnya baterai yang sudah lemah dan smartphone mati mendadak. Dan ada data yang tidak sempat di write, sebagai contoh sedang mendownload dan smartphone blep.



Dalam hal ini, dapat diperbaiki dengan memeriksa microSD dengan ScanDisk dari Windows. Dibutuhkan card reader, dan microSD dicabut dari storage lalu di periksa dengan ScanDisk.

Bila upaya ini tidak bisa, cara lain dengan membackup data di microSD. Lalu di format

SDcard minta di Format
Khusus untuk camera. Bila anda memasang SDcard ke camera. Mendadak muncul pesan minta Format. Atau SDcard Empty.

Bila di dalam memory card masih terdapat foto lama, keluarkan SDcard dan pasang kembali. Biasanya masalah muncul karena slot dan SDcard tidak pas.

Bila di cabut dan dipasang kembali masih bermasalah. Kemungkinan SDcard yang Corrupt, tapi untuk memastikan dapat di periksa dengan card reader dan melihat isi di dalamnya.

Bila SDcard memory card tidak terbaca di Card Reader, dan meminta di Format. Dipastikan terjadi Corrupt di dalam SDcard. Pilihan untuk memperbaiki SDcard seperti ini, dengan mem-Format dari camera.

Untuk penguna camera dengan SDcard atau microSD dengan Adapter

Bila memiliki memory card microSD biasanya dipaket dengan SD adapter. Agar memory microSD dapat digunakan ke perangkat lain. Tapi hati hati, kadang kita lupa cara memformat yang benar dengan microSD.

Masalah microSD muncul dan tidak terdeksi, tidak bisa di format dan tidak di kenal di Windows. Bagaimana mungkin di format, nama drivenya saja tidak muncul.

Bisa dibayangkan ketika memory microSD yang salah di format lalu dipasang ke SD Adapter langsung dibawa pergi. Sampai ditengah jalan, memory card tidak bisa bekerja, hanya muncul pesan error memory card. Pastinya tidak bisa di format di camera.

Format SDcard atau MicroSD di Android.
Bila ingin memformat MicroSD di smartphone Android Gingerbread 2.3. Cara  format MicroSD sudah tersedia di fitur Android. Tinggal pilih Setting -> Storage -> Format SD Card.



Masalah microSD agak unik seperti dibawah ini. Contohnya masalah pada memory card seperti keterangan pada gambar dibawah.

microSD 8GB dipasang langsung di slot card reader berjalan normal.
microSD dipasang ke SD adapter tidak terditeksi di card reader. Dipasang ke camera juga tidak terditeksi.
Bisa di format tanpa SD adapter, tapi dipasang kembali tetap tidak terditeksi lagi.

Diatas adalah salah satu contoh masalah yang ada. Tentu kita pusing, microSD card masih bisa dibaca di memory card. Tapi dipasang adapter dan dibaca di card reader tidak mau. Di pasang dengan adapter dan dipasang ke camera juga tidak jalan. Praktis microSD hanya bisa bekerja sendiri saja, dan tidak bisa dipasang dengan SD adapter atau ke camera digital.




Mengapa error, sampai tidak bisa di gunakan di camera. Tapi berjalan normal di Card Reader. Biasanya error terjadi kalah salah format. Ketika asal saja memilih Allocation Unit Size yang bukan ukurannya.

Bila di baca di internet, rumusnya terlalu banyak. Mengunakan perintah ini lah, itu lah, gunakan software anu lah, baca manual FAT deh dan lainnya.

Untuk memperbaiki masalah memory microSD dengan SD Adapter, ada cara yang lebih mudah dibawah ini.

Teknik 1 format dari memory card dengan memory microSD sendiri (tanpa adapter)

Untuk memperbaiki memory agar bisa dibaca oleh camera
  • Format di computer melalui Card Reader.
  • Kembalikan Allocation Unit Size menjadi 32.
Format dengan setting dibawah ini



Teknik ke 2. Pasang microSD ke SD Adapter dan format di camera.

Selesai di format dari computer. Pindahkan microSD yang sudah dipasang ke SD Adapter ke camera , dan format kembali di camera.

Format di camera akan di set ke default.

Bila memory card jenis SD atau MicroSD tidak bisa dibaca di computer. Bisa memanfaatkan camera untuk memformat



3. Lakukan test

  • Test dengan camera, apakah berjalan normal.
  • Selesai di test, cabut SD card adapter dan coba baca di Card Reader. Apakah semua file bisa diambil, dan bisa di delete.
Bila sudah bekerja dengan baik, maka microSD dengan SD Adapter sudah bisa digunakan. Cara ini bisa digunakan untuk microSD, SDHC, atau SDXC


Tip terakhir, bila ingin memformat dengan computer.

  1. Biasakan memformat memory SD card dengan setting default. Jangan dirubah dengan nomor Allocation sembarang, bila di format jalan dan terlihat normal. Belum tentu berjalan di perangkat lain.
  2. Biasakan memformat memory card di camera sebelum digunakan pada camera digital.
  3. Hindari mengosongkan memory card dengan mendelete isi file memory card bila tidak perlu.
  4. Sistem memory card mengunakan urutan dari awal ke akhir kapasitas memory. Misalnya camera mengambil 5 foto dengan urutan 1,2,3,4,5. Bila file nomor 2 dihapus, maka foto nomor 6 akan mengisi ruang di nomor foto 2. Semakin banyak file dihapus, semakin beresiko file corrupt.
Mengapa disarankan memformat memory card dari camera. Alasannya, agar memory card dalam kondisi fresh atau benar benar kosong. Sehingga menurunkan resiko terjadinya Corrupt File.


Untuk format dengan software computer bisa dilihat pada halaman berikutnya.