Bila ingin suara lebih bagus di notebook bisa ditambah dengan sound card USB. Atau notebook tidak memiliki perangkat wireless, bisa ditambahkan dengan ekternal wireless. Atau memiliki notebook tanpa DVD-Writer, bisa ditambahkan dengan ekternal DVD-Writer melalui port USB. Apakah camera bisa ditambahkan perangkat wireless.

Satu produk dari Spectec SDW 829, adalah sebuah perangkat wireless adapter SD card. Memiliki 2 fungsi untuk adapter microSD ke SD card, dan fungsi utama sebagai internal WIFI. Bila Spectec SDW 829 Wireless Adapter tersebut dipasang pada camera digital, maka camera tersebut secara tidak langsung memiliki fitur WIFI.

Banyak produk menjual WIFI SD card adapter. Kebanyakan hanya menjual unit terintegrasi dengan memory card dan WIFI. Sedangkan Spectect SDW 829 memiliki slot microSD dengan WIFI.

Intinnya seperti ini. Bagaimana memindahkan foto dari camera ke smartphone tanpa kabel. Alat ini bisa menjawab.



Spesifikasi dari Spetc SDW 829

Fungsi
- wirelessly transfer photos from DSC to PC, iPAD, iPhone, smartphone  
- upload photos to the server you set up
- backup your photos to online memory space
- photo sharing between two DSCs
- APP support: iOS APP & Android APP

Spesifikasi detil
-Wireless Interface: 802.11b/g/n Wi-Fi technology
-SD Interface: SD memory Card Physical Layer Version 2.0
-Dimension/ Weight: Standard SD Size / 2g
-Built-in antenna
-No software installation required
-Capacity: 4GB above, up to 32GB. Support Class 4, class 6, class 10

Bentuknya seperti dibawah ini. Tidak berbeda dengan SD card biasa. Hanya tertulis logo Wireless dan Cloud Flash yang menandakan adanya internal wireless dalam perangkat ini.




Pada bagian bawah SD Card Spectec SDW 829 ada sebuah slot kecil untuk memasukan microSD sebagai memory yang dapat dipasang kapasitas 4GB sampai 32GB.



Fungsi Spectec SDW 829

Untuk apa fungsi adapter dengan WIFI ini.
Memory card biasanya digunakan pada camera, dengan tambahan fitur wireless maka file foto dapat di tranfer ke smartphone atau pearngkat lain. Misalnya seseorang memiliki hobi foto, lalu mendapatkan sebuah foto yang menarik. Dan ingin mengupload ke email, membackup ke Cloud Storage, atau mengupload ke media sosial  Cara biasa dengan memindahkan data dari memory card ke computer, baru dikirim via computer ke Google+ Facebook dan layanan internet lainnya.

Teknologi sekarang semakin mudah. Bagaimana bila dia hanya membawa sebuah smartphone dan camera saja. Bisa mengunakan Spectec SDW 829 sebagai perlengkapan tambahan di camera. File yang disimpan di camera (tepatnya di dalam memory card), dapat di akses untuk di download ke smartphone.

Ide yang diberikan Spectec SDW 829.

Kemudahan yang diberikan dengan SD card yang dilengkapi Wireless cukup menarik karena ukuran yang kecil dan terintegrasi sebagai SD card adapter.
Contoh saja di kampus atau sekolah ada acara yang menarik, dan seseorang bertugas untuk mendokumentasikan acara. Selesai mengambil foto, file dapat di download dari camera ke smartphone langsung. Dan bisa di kirim (share) via smartphone ke website, email atau media sosial.

Demikian reporter berita, atau wartawan. Cukup membawa camera dengan memory SD card Spectec SDW 829. Setelah mengabadikan gambar, maka si wartawan tidak perlu balik ke kantor untuk mengeluarkan dan memproses foto. Foto di camera dapat di download langsung via  Wireless ke smartphone dan langsung di kirim ke kantor pusat.

Atau ada lainnya. Misalnya anda sedang jalan jalan bersama teman dengan membawa camera DSLR. Menjelang pulang atau istirahat. Teman anda ingin mengcopy foto yang ada. Cukup diaktifkan camera ke mode preview, dan Spectec SDW 829 akan mengaktifkan Wireless Access Point. Teman anda yang memiliki iPhone atau Android smarphone, bisa meng-copy file bersama sama. Dan rekan lain bisa langsung memposting di media sosial sebelum sampai dirumah. Tentu menarik dibanding anda yang repot membawa camera, lalu harus repot mengirim foto ke teman anda setelah pulang via email.

Bagaimana bila anda mengambil file dalam format RAW sedangkan file yang dibutuhkan adalah format JPG. Camera digital sudah menyediakan konversi dari file RAW ke JPG. Tidak masalah dengan format file, selama baterai camera masih tersisa. Atau mengunakan aplikasi di smartphone yang dapat mengkonversi file RAW menjadi JPG

Mengaktifkan WIFI SD card Spectec SDW 829.

Seperti penjelasan sebelumnya, memory card Spectec SDW 829 dipasang pada camera (seperti gambar bawah). Bekerja seperti memory SD card biasa, dan file di simpan di slot microSD.

Bagaimana cara kerja Spectec SDW 829 untuk dijadikan Access Point. Perangkat Wireless Spectec SDW 829 di dalam memory card akan aktif bila mendapatkan power. Untuk mengaktifkan WIFI di camera, maka camera harus di set ke Preview foto yang ada di memory card. Dalam posisi setting Preview di camera aktif, secara langsung WIFI di memory card aktif.



Ketika camera aktif sebagai preview gambar foto. Wireless yang aktif akan tampil di smartphone, tablet, notebook yang memiliki wireless. Sehingga bisa di akses baik melalui aplikasi Cloud Flash atau langsung via Browser.



Seperti apa cara kerja Spectec SDW 829 dibahas pada halaman selanjutnya