Aplikasi mendatang bisa memanfaatkan teknologi OpenCL.

Dengan OpenCL, aplikasi bisa berjalan lebih cepat dengan memanfaatkan kemampuan proses CPU + GPU (GPGPU) dari computer.
CPU dan GPU akan bekerja sama seakan sebuah computer yang memiliki 2 CPU pada computer. Dual atau Quad core procesor ditambah dengan multi core dari GPU, semua pekerjaan yang dibutuhkan software dikerjakan kedua chip bersamaan. Pengolahan GPU dengan OpenCL mungkin terlihat baru. Karena baru diterpakan beberapa tahun ini, setelah beberapa perusahaan software besar seperti software Adobe dan Sony mendukung OpenCL untuk meningkatkan kinerja software mereka.

Contoh saja dari Sony Vegas dan Adobe Premiere
Software Sony Vegas sudah mendukung CUDA dan OpenCL sejak tahun lalu.
Versi sebelumnya sudah lebih dahulu mendukung proses dengan GPU, tapi performanya kurang signifikan. Terbaru dari Sony Vegas versi 11 dan 12+ sudah memasukan teknologi OpenCL dan kemampuannya sangat baik ketika melakukan rendering. Dimana satu computer memiliki sebuah VGA ekternal atau CPU yang terintegrasi dengan VGA.

Adobe Premiere Pro dan Adobe Photoshop seri CC for Windows baru menyertakan dukungan akselerasi OpenCL.
Adobe Premiere sudah memanfaatkan akselerasi GPU sejak versi CS5 tahun 2010 dari engine Adobe Mercury Playback. Tetapi terbatas untuk Nvidia dengan CUDA.

Ketika itu penguna VGA AMD Radeon tidak bisa memanfaatkan akselerasi GPU untuk Adobe Premiere.
Standar OpenCL baru digunakan Adobe Premiere CS 6 tapi terbatas, dan di versi PC masih terus di prioritaskan  untuk CUDA saja.

Tahun 2013, Adobe Premiere CC sudah membawa penuh kemampuan OpenCL.
Diumumkan 17 Juni 2013, produk AMD sudah diumumkan memanfaatkan teknologi OpenCL untuk software Adobe Premiere Pro CC dan Adobe Photoshop CC

Dibawah ini perbandingan kecepatan dan akselerasi GPU dari standar OpenCL (test dengan procesor 4.4Ghz)







Cerita diatas sebagai teorinya tentang dasar pemanfaatan teknologi OpenCL. Yang diperlukan, bagaimana prakteknya dan apa yang bisa di manfaatkan dengan sistem OpenCL, lalu bentuknya seperti apa.

Next keuntungan dan kemampuan OpenGL dengan praktek sederhana akan lebih mudah mengetahui dan diberikan contoh seperti proses edit video untuk post production.
Akan banyak lagi pengembangan software yang mendukung OpenCL, sehingga proses aplikasi menjadi lebih cepat. Seperti plugin video editing sebelumnya masih memproses preview video melalui procesor, tetapi versi terbaru sudah mendukung OpenCL. Sehingga gambar efek pada video selama di edit akan dapat tampil mendekati realtime video seperti video asli.

Selanjutnya hardware untuk OpenCL. Khususnya hardware lama belum mendukung OpenCL.

Tabel
Tentang OpenCL dengan kinerja CPU dan GPU secara bersamaan
OpenCL untuk aplikasi, dan dampak peningkatan kecepatan
Manfaat OpenCL, perbedaan kecepatan OpenCL dan tanpa OpenCL
Hardware yang mendukung OpenCL