Membuat video Timelapse dari kumpulan foto tidak serumit yang orang bayangkan.

Sekarang sudah ada software untuk mempercepat proses untuk konversi foto menjadi video.

Disebut Panolapse Timelapse. Software Panolapse baru di update ke versi 1.12.

Versi yang baru ini lebih baik dalam proses pembuatan video timelapse dengan tambahan efek animasi. Sebelum bicara software Panolapse, sedikit keterangan dari video Timelapse.




Apa pengertian video Timelapse.
Video timelapse adalah video yang dibuat dari urutan gambar foto. Contoh saja, ingin mengabadikan kesibukan di satu lokasi, mengambil pemandangan, pembangunan sebuah konstruksi dari awal sampai selesai. Gunanya untuk membuat gambar lebih detail, lebih tajam, dan video akan lebih singkat dan padat.

Contoh pembuatan video timelapse
  • Mengabadikan sebuah konstruksi, foto diambil setiap hari dari tempat yang sama secara berkala, sampai sebuah konstruksi selesai. Lalu dibuat sebuah video.
  • Mengabadikan kesibukan sebuah tempat dari awal sampai selesai.
  • Mengabadikan pemandangan yang indah pada saat waktu tertentu
  • Mengabadikan foto bintang dan pergerakan untuk dibuat menjadi video.
Banyak lagi yang bisa dimulai dari pengambilan gambar foto dengan jedah waktu tertentu lalu dibuat menjadi sebuah video Timelapse. Durasi bisa singkat, dalam hitungan beberapa menit. Walau prosesnya bisa menghabiskan waktu berjam jam untuk mengabadikan sebuah pemandangan.

Urutan waktu tersebut tentu tergantung momen apa yang akan dibuat. Bila konstruksi gedung, bisa berbulan bulan untuk mengabadikan pengambilan gambar konstruksi. Nantinya video konstruksi dapat memperlihatkan proses dari awal sampai akhir dalam hitungan menit.
Untuk pemandangan, bintang memerlukan waktu semalaman. Untuk mengabadikan sebuah momen seperti konser, pesta, kesibukan orang disatu lokasi bisa selesai dalam hitungan jam. Tapi itu baru tahap pengambilan gambar dair camera digital.

Berbeda dengan rekaman video biasa. Video camcorder direkam 1 detik untuk 24-30 frame gambar (24fps, 25fps, 29.9fps). Misalnya merekam video selama 1 jam, harus ditonton selama 1 jam. Dengan Timelapse, frame gambar diambil sesuai kebutuhan. Bisa diatur antara 6 frame untuk 1 menit. setelah di proses menjadi video, seakan video dipercepat dan lebih singkat.



Perhitungan membuat video timelapse dari foto
Yang perlu diperhatikan adalah perencanaan sebelum memulai membuat video timelapse.
1. Berapa lama video akan dibuat, misalnya 3 menit untuk satu video walau proses pembuatannya diabadikan dalam 2-3 jam
2. Berapa bagian / tempat yang akan diabadikan, akan berhubungan dengan jumlah foto yang diambil
3. Ukuran frame video sendiri, misalnya 25 gambar - frame / perdetik, 25 frame, atau 29,9 frame
4. Storage, karena ukuran file foto lebih besar. Video 5 menit bisa menghabiskan 1TB, untuk mengumpulkan foto agar terlihat di video timelapse bergerak mulus.

Untuk pengambilan gambar lebih sederhana. Dari camera ada opsi auto shoot dengan durasi tertentu dan berapa banyak foto diambil. Selanjutnya camera akan berjalan sendiri sesuai setting.
Untuk Android sudah tersedia seperti aplikasi camera dengan fitur Timelapse Lapse It
Untuk kalkulator video Timelapse tersedia di Android Google Play dengan TimelapseCalc

Misalnya seorang fotographer ingin membuat sebuah cerita dengan video timelapse di sebuah kesibukan di kota.
Lalu dipilih 10 tempat yang akan diambil dan rencananya akan dibuat video untuk durasi 180 detik. Atau 1 tempat akan dibuat video selama 18 detik.
  • Untuk video dia mengunakan ukuran 25 frame perdetik.
  • Satu tempat membutuhkan 25 frame x 18 detik = 450 foto minimum harus diambil dengan camera
  • Selama di satu tempat, si fotographer ingin mengabadikan kegiatan 1 jam = 60 detik x 60 menit = 3600 detik
  • Dia harus membuat foto selama 1 jam = 3600 detik / 450 foto = 8 detik untuk jedah setiap foto yang dibuat.
  • Tugas camera akan mengambil setiap gambar / 8 detik selama 1 jam.
  • Untuk mengambil gambar selama itu, bisa mengunakan setting dari camera. Tinggal di set dan biarkan camera bekerja sendiri. Atau mengunakan software khusus seperti Digicam Control dari notebook untuk remote di camera
Itu hanya perhitungan sederhana untuk proses pengambilan gambar. Pada prakteknya banyak fotographer membuat video dengan waktu lebih lama. Khususnya mengabadikan pemandangan alam atau mengabadikan bintang harus dilakukan seharian. Bila proses pengambilan gambar sudah selesai, itu baru tahap awal dalam pengumpulan foto. Selanjutnya ada 3 tahap lagi untuk memproses pembuatan video timelapse seperti gambar dibawah ini.



Ketiga tahap untuk memproses foto Timelapse dibawah ini
  1. Proses pertama adalah mengedit foto agar lebih bagus. Paling mudah mengedit mengunakan Adobe Lightroom. Semua foto dapat setting sama sekaligus dan langsung di konversi ke JPG. Atau dari Photoshop dengan fungsi Action atau Automate.
  2. Proses pembuatan video dari satu momen yang diabadikan. Disatukan dengan software Panolapse yang dibahas saat ini. Software ini membantu menyatukan gambar foto menjadi video. Fitur Panolapse terbaru sudah memiliki fitur zoom, dan pan. Serta rendering dengan gambar high-res untuk video. Fotographer tidak perlu merubah lensa, pergerakan gambar zoom dan pan dapat dibantu oleh software.
  3. Proses terakhir memasukan bagian urutan foto dari Panolapse menjadi video. Bisa mengunakan software video editing seperti Sony Vegas, atau Adobe Premiere. Semua video dimasukan ke proses editing, lalu berikan suara, text dan lainnya sebagai proses akhir.


Proses 1 editing foto, proses timelapse video, dan editing video

Proses editing foto sebelum dimasukan menjadi video bisa dipercepat dengan software editing foto dengan Lightroom seperti dibawah ini.
Semua gambar di tempat yang sama, bisa di edit sekaligus oleh Lightroom. Semua file baik bentuk RAW di edit dan di ekspor ke format JPG.
Proses ini hanya dibutuhkan bila foto memang perlu di perbaiki. Bila foto sudah bagus maka dapat langsung digunakan untuk proses kedua untuk membuat bagian video Timelapse dengan Panolapse.




Selanjutnya mengunakan software Panolapse.