Tip memisahkan satu video menjadi beberapa bagian dengan Sony Vegas Pro

Tip ini berguna bila anda merekam video sangat panjang tanpa berhenti. Nantinya video bisa di potong dari satu film panjang menjadi beberapa bagian.
Contoh anda merekam video selama 10 menit, tapi ingin mengambil beberapa bagian dari 2 menit dibagian awal , 3 menit ditengah dan 2 menit di bagian akhir menjadi 7 menit saja.

Caranya dibawah ini

Pertama masukan video dengan durasi yang panjang seperti gambar dibawah ini
1. Arahkan panduan cursor di Sony Vegas Pro ke bagian yang akan dipotong
2. Bila sudah sampai pada bagian tersebut, Click kanan pada mouse dibagian gambar (dibagian video yang akan dipotong). Bila salah memotong, gunakan Undo dengan CTRL+Z)
3. Pilih split pada menu video Sony Vegas Pro, maka 1 video akan terpotong menjadi 2 bagian




Lakukan pada bagian mendekati akhir dengan cara yang sama seperti diatas. Atau anda bisa memotong motong satu video menjadi beberapa bagian untuk mengambil video yang penting saja.



Setelah anda memotong video, bagian dibawah terlihat seperti gambar dibawah
Satu video dipisah menjadi 3 bagian video dengan Sony Vegas mengunakan teknik Split video.



Potongan video bisa di geser kembali dan disesuaikan (gambar 1), misalnya membuat efek transisi dengan mengabungkan ujung masing masing video saling berpotongan (gambar 2).
Dan anda tinggal mengeser bagian video untuk mengambil bagian penting saja.



Dibawah ini membuat transisi dari 2-3 video sehingga tampil video yang dipisah lebih halus ketika berpindah. Caranya seperti teknik yang diberikan pada halaman sebelumnya. Tinggal di click pada gambar, lalu digeser dan ujung video akan tergabung sampai membentuk garis Curve di keduanya.



Manfaat Split video di Sony Vegas Pro

Beberapa manfaat dari teknik memisahkan video di Sony Vegas dengan cara Split
  • Memudahkan mengatur dan memotong bagian video yang dianggap penting. Misalnya merekam terlalu lama , tapi membutuhkan video yang singkat saja. Bisa mengunakan teknik ini.
  • Lebih sederhana dengan memotong 1 video dan membagi menjadi clip video terpisah, dibanding memasukan video ke 2 dan ke 3 untuk mendapatkan potongan 3 video berbeda.
  • Menghindari kesalahan ketika mengedit video karena durasi terlalu panjang dan salah mengabungkan video. Misalnya salah menginsert dan memasukan gambar frame video yang sama. Dengan memotong durasi panjang dan memisah ke 3 bagian, dan menghemat waktu proses edit post production video.