Sony Vegas Pro ke berapa yang bagus


Berbagi pengalaman dari rekan kami yang sudah mencoba software Sony Vegas Pro.
  • Sony Vegas Pro 8 dan 9 cocok untuk Windows XP 32 bit.
  • Sony Vegas Pro 8 32 bit masih tertinggal untuk rendering HD video dan masih mengunakan rendering output mpeg4 lama dan bukan codec H.264, terkadang tidak stabil bila format video tidak kompatibel atau terlalu berat. Masih membutuhkan Quicktime untuk menginstall Codec video. Revisi Vegas Pro 8 malah lebih buruk dibanding versi Vegas Pro 8 pertama keluar.
  • Sony Vegas Pro 9 32 bit cukup baik walau terbatas dibanding versi terbaru diatasnya.
  • Sony Vegas Pro 10 32 bit masih berjalan di Windows XP. Sayangnya tidak mampu menangani track cukup besar dan komplek. Untuk rendering biasa, Sony Vegas Pro 10 masih lebih stabil dibanding versi 11.
  • Sony Vegas Pro 11 untuk versi 32 bit hanya sempat dicoba dan sangat buggy di versi Sony Vegas 11.
  • Sony Vegas Pro 12 dan 13 atau mungkin versi lebih baru, paling stabil di OS 64bit.
  • Magic Vegas Pro 14 adalah versi terakhir dan sudah diambil oleh perusahaan Magic Jerman
Sejauh pengetahuan kami, Crash di Sony Vegas Pro terjadi bila bermasalah pada kelambatan storage harddisk membaca data dan file serta Third Party efek plugin yang kurang baik. Misalnya memasukan format Gif untuk tambahan animasi di Sony Vegas, belum tentu berjalan dengan baik. Atau ada plug-in yang belum diperbaiki oleh Sony. Disarankan rutin menyimpan file selama proses editing (Post Production) sebelum melakukan rendering video. Sony Vegas Pro 12 keatas untuk versi 64bit boleh dibilang sangat baik.

Sony Vegas pro sudah dukungan OpenCL sehingga rendering video dapat dipercepat dari proses akselerasi GPU dan CPU. Khususnya efek Plugin video yang membutuhkan proses rendering cukup berat. P

Untuk versi Sony Vegas Pro 12 64 bit cukup mengunakan 4GB memory dan Windows 7/8 64 bit. Bila ingin menangai editing video lebih komplek, ada baiknya menambah memory computer dari 8GB sampai 16GB. Sony Vegas memiliki opsi rendering video 4K yang sangat besar, dari Sony sendiri menyarankan mengunakan memory 16GB untuk menangani file video yang besar dan rumit dalam proses Post Production.

Dengan kombinasi VGA internal atau ekternal dan CPU melalui OpenCL, dapat mempercepat proses rendering video di Sony Vegas Pro 12.

Demikian penjelasan tentang vesi Sony Vegas Pro.