Di setting Sony Vegas Pro, memiliki fitur Dynamic RAM Preview. Fungsinya sebagai Cache dan Render video untuk preview secara penuh. Yang dimaksud untuk kualitas video selama preview seperti hasil video aslinya. Apa benar setting ini bisa digunakan optimal atau sebaliknya.

Beberapa perdebatan Dynamic RAM Preview menganggu proses render dan preview video ketika di edit. Beberapa saran di set ke 0 saja, bila preview video terlihat stuck atau suka terdiam. Tapi fungsi Dynamic RAM Preview ditujukan untuk akurasi, khususnya mereka yang sudah profesional atau mengunakan efek sehingga tampilan preview tidak akurat (menjadi lambat)

Fungsi Dynamic RAM Preview

Bila video di edit dengan banyak efek, atau butuh akurasi penempatan beberapa gambar. Dengan preview biasa, kadang kemampuan hardware terbatas. Video yang tampil akan terlihat slow, patah patah, transisi video yang kurang tepat dengan musik, video berjalan lambat bahkan jatuhnya gambar yang tidak akurat tidak bisa dilihat, karena frame video lebih cepat melompat.

Intinya tidak akurat melihat preview langsung karena terbatasnya kemampuan procesor. Bila kita ingin presisi menempatkan gambar, text atau intonasi lagu, ada kemungkinan terjadi kesalahan penempatan di beberapa bagian video.
Sony memberikan keterangan dibawah ini

When your project includes compositing and complex video effects, you may not be able to preview your project at its full frame rate.

If you prefer not to prerender your project, you can dedicate a portion of your RAM to cache video frames that cannot be rendered in real time.



Bila kesalahan terjadi ketika render, video harus di edit ulang, hal ini membuang waktu. Kesalahan seperti ini harus terkadang harus berulang kali diperbaiki
Fungsi Dynamic RAM Preview ini dapat memuluskan tampilan bagian video ketika di preview. Hanya bagian video yang perlu diperbaiki saja, seperti durasi 3-10 detik.
Tapi computer harus memiliki RAM cukup besar sebagai cache (buffer video). Bila buffer sudah terisi penuh, maka proses render akan terhenti pada durasi tertentu.
Setting Dynamic RAM Preview bisa diaktifkan kapan saja, dan di nonaktifkan bila tidak diperlukan.

Bagaimana mengunakan Dynamic RAM Preview

Cara mengaktifkan Dynamic RAM Preview  ada di menu Option, dan pilih Video.
Pada kotak gambar dibawah ini. Masukan kapasitas RAM yang diperlukan. Misalnya mengunakan RAM 16GB, bisa dialokasikan 5GB, 10GB bahkan 12GB. Setting RAM ini akan dinamis, kapan waktu dapat dirubah tanpa keluar dari aplikasi Sony Vegas



Selesai dan tekan Apply.

Cara mengunakan  Dynamic RAM Preview.

  • Marking pada bagian video yang perlu di lihat langsung seperti hasil render, agar tampil lebih halus.
  • Dan tekan SHIFT+B untuk proses render bagian video yang sudah ditandai (Marking)
  • Lalu play seperti biasa, maka preview video akan terlihat mulus seperti video final.

Nantinya akan terlihat gambar preview akan terlihat berjalan sangat lambat dan bagian durasi frame akan di proses. Proses Shift+B sebenarnya melakukan render video untuk preview, tanpa proses render ke output dalam bentuk file. Video preview akan terlihat mulus berjalan seperti hasil final.
Bila editing video ternyata ada yang salah, pada preview video dapat terlihat langsung.
Bila ada bagian lain yang perlu diperbaiki , tinggal di marking di bagian lain, dan kembali tekan Shift+B.

Dengan memasukan Dynamic RAM Preview. Maka RAM computer dapat dimanfatkan secara optimal. Seperti gambar dibawah, memory 16GB dipakai sampai 14GB untuk preview video selama proses editing.



Setting Dynamic RAM Preview dapat dimanfaatkan bila bagian video mengunakan banyak efek yang memberatkan proses preview. Tampilan video yang tidak mulus akan lebih jelas terlihat mulus setelah mengunakan teknik ini.
Bila mengaktifkan Dynamic RAM Preview terlalu banyak mengunakan RAM. Atau malah menganggu preview video lain. Bisa dimatikan kembali ke 0 atau setting default 300KB.
Setting Dynamic RAM Preview memang ditujukan untuk mereka yang dapat memanfaatkan editing video dari Sony Vegas. Tapi membutuhkan akurasi editing yang lebih tepat dari beberapa bagian video yang di edit

Video dibawah ini memberikan tahapan mengnunakan Dynamic RAM Preview untuk render secara penuh ke memory RAM computer.