Aplikasi Sony Vegas umumnya bekerja sangat mulus. Banyak penguna merasakan di awal pemakaian aplikasi ini tidak mengalami kesulitan.

Begitu mulai berpengalaman dengan software editing ini, maka muncul beberapa bug yang disentuh oleh pengunanya.

Sony sendiri masih mengupdate dan mengeluarkan versi update dalam kurun waktu 2-3 bulan sekali.

Sony tidak bisa membuka file video MOV

Salah satu format yang tidak bisa di import atau dibuka Sony Vegas Pro adalah format MOV Quicktime. Ada 2 format file video dengan extension belakang MOV. Satu dengan H.265 satu lagi dari Apple Quicktime. Yang bermasalah adalah format dari Quicktime.

Khususnya versi 12 kebawah, tapi tidak masalah setelah versi Sony Vegas Pro 13

Untuk merubah file MOV tersebut menjadi format MP4 agar bisa dibaca di Sony Vegas Pro. Gunakan player Quicktime Pro, buka file MOV , dan Export atau Save ke MP4.
Atau gunakan convert file video seperti Xilisoft dan video converter dari MOV ke MP4.

Tapi yang paling menjengkelkan ketika Sony Vegas Pro crash dan error
  • Muncul pesan The system is low on memory
  • Preview video jalan normal, bisa di edit, tapi tidak mau di render. Begitu masuk proses render seperti render MP4 / AVC muncul pesan The system is low on memory
  • Atau ketika di render mendadak Crash keluar dari program.
Diperiksa di Task Windows, memory 4GB masih menunjukan pemakaian dibawah 2GB. Teknik klasik pasti menyangka aplikasi tidak bisa mengunakan memory diatas 2GB. Masalah di Sony Vegas pro seperti itu terjadi untuk versi 32 bit dan versi 10 ke bawah.

Sedangkan pesan Low Memory sering muncul di semua versi dengan fitur render HD video. Buka kesalahan memory computer, tapi video yang di edit bermasalah dengan Sony Vegas. Kita telaah beberapa kasus yang terjadi Error di Sony Vegas dibawah ini.


Problem Solve Sony Vegas Crash

Bila Sony Vegas Pro Crash atau nyangkut merupakan kasus Klasik, biasanya muncul pesan Low Memory walau masalahnya bukan di memory RAM yang tidak cukup. Tetapi paling sering terjadi dari di track yang dibuat di file Veg terjadi kesalahan di program atau masalah di sumber File.

Contoh kasus, seperti mengedit video di Sony Vegas lancar lancar saja.
  • Awalnya emasukan video atau gambar sebagai tampilan depan, atau menambah satu track video.
  • Setelah disimpan dan akan di render, mendadak pesan Low Memory muncul di Vegas dan software Crash.
  • Bila anda sudah membuat Save file untuk backup, selanjutnya tidak akan berhasil diperbaiki dan kembali Crash setelah beberapa kali di Edit.
  • Terkadang bisa berjalan normal di format video lain. Atau disain di track dikurangi masih bisa di render dengan baik
  • Umumnya error muncul ketika merender Sony Vegas ke format MP4 atau resolusi tinggi dari HD 1280x720 dan Full HD. Dibuang bagian yang terakhir yang ditambahkan, kadang tetap saja gagal dan tidak bisa render video di Sony Vegas. Kata akhirnya, final video tidak dapat dibuat karena selalu berhenti ketika proses render.
  • Hal seperti diatas membuat penguna computer melihat hardware yang mereka miliki. Sebagian besar disebabkan bug di Sony dengan file Veg. Karena software video editing memang komplek dan terkait dengan vendor plug-in lain.
  • Mengurangi aplikasi di computer tetap tidak membuat Sony Vegas berhasil menghasilkan video final untuk di Render.

Kasus ini memang klasik di Sony Vegas Pro. Bahkan sejak Sony Vegas Pro 7 atau 8.
  • Semua orang membahas dan  membicarakan kekurangan dari sisi hardware, sistem software Windows, mengosongkan memory dengan membuang semua program resident.
  • Ada juga yang memilih seperti ini. Install ulang, bersihkan computer tanpa antivirus. Kadang tetap saja masalah itu muncul.
  • Kesalahan sebenarnya -> Crash Sony Vegas ada pada file Veg. Khususnya anda tidak membuat backup, misalnya hari pertama diberi nama file 1.veg, hari kedua di edit dan disimpan dengan nama 2.veg.
  • Seandainya dibuat backup, kesalahan dari File backup yang sudah cacat akan terus terbawa oleh file yang diedit. Tetapi kita tidak tahu kapan terjadinya file Veg yang membawa Error
  • Misalnya dibuat backup. Jam 10 membuat nama 10.veg, jam 11 membuat nama 11.veg dan seterusnya. Bisa saja semua file yang dibackup, sudah membaca cacat sejak awal.
  • Ternyata file yang cacat bisa saja sudah terjadi sejak pertama kali melakukan Save File .Veg. Jadi membuat file backup belum tentu menyelesaikan kasus file yang cacat.

Karena file Veg yang editing video dari  Sony Vegas Pro sudah membawa cacat sejak awal. Kemanapun file dibawa, tetap saja cacat, walau sudah di kurangi. Masalahnya kita tidak tahu kapan terjadinya file Veg tersebut rusak. Walau versi jam 10.veg yang jalan, lalu di tambah untuk video lain, kembali muncul masalah.

Ini cara menyelesaikan Sony Vegas yang Crash dengan pesan Low Memory

Sebagai contoh untuk memperbaiki muncul pesan Low Memory ketika render video, untuk memperbaiki file .VEG yang cacat.
  • Buka file Save yang mengalami Crash. Tekan di box track dan pilih CTRL+A untuk memilih semua track dan Copy
  • Buka satu aplikasi lain Sony Vegas (jadi ada 2 software Sony Vegas dibuka)
  • Lalu tekan CTRL+V di aplikasi yang baru dibuka, artinya data dari aplikasi pertama di copy ke aplikasi kedua.
  • Selesai, simpan file dengan nama lain di Sony Vegas kedua. Dan tutup aplikasi yang selalu Crash. Coba jalankan render video di Sony Vegas.
  • Bila hasil copy dapat bekerja normal dan bisa merender final video, file Veg yang bermasalah jangan tidak digunakan lagi. Karena sudah catat dan software Sony akan error terus ketika merender.

Contoh pada gambar, kiri adalah aplikasi Sony Vegas Pro yang selalu crash. Copy data dari kiri ke aplikasi di kanan seperti perintah diatas.



Selesai memindahkan semua track dari Sony Vegas Pro pertama ke layar Sony Vegas Pro kedua, coba simpan file dengan nama lain dan render. Biasanya berjalan dengan baik.

Jadi tidak perlu panik bila Sony Vegas mengalami Crash dan tidak bisa render, dan masih bisa diperbaiki dengan teknik diatas. Masalah ini sudah terjadi sejak Sony Vegas versi 9, kesalahan bukan pada perangkat computer atau software. Tetapi ada di data file .Veg yang cacat.

Masalah ini sudah bertahun tahun terjadi. Bila membaca solusi software Vegas Pro di Internet, belum tentu menyelesaikan masalah. Padahal kesalahan terjadi ketika File .Veg yang di save yang bermasalah.



Tabel halaman
  1. Teknik awal belajar video edting. Memasukan video di Vegas, membuat transisi antara 2 video
  2. Setting Fade musik dan video, serta mengeser track suara dan video
  3. Crop gambar, memasukan efek di video atau membuang efek video
  4. Multiple track, memindahkan satu file video dan audio ke track lain serta memasukan tulisan di video
  5. Resize video
  6. Membuat kumpulan foto menjadi film Time Lapse di Vegas Pro
  7. Stabilizer video
  8. Split video atau memisahkan satu video menjadi beberapa bagian
  9. Auto Ripple, memajukan track untuk mengisi track yang kosong
  10. Vegas render Low Memory, memory baik baik saja kenapa Crash
  11. Video Vegas tajam tanpa Blur termasuk mempercepat video Hyperlapse
  12. Velocity untuk mempercepat dan memperlambat video
  13. Render Video Vegas Pro 4K
  14. Setting Dynamic RAM Preview
  15. Backup Vegas File Clip video, image dan audio ke sebuah folder
  16. Memperbaiki output render DVD muncul garis dari Vegas Pro
  17. Efek emosi warna video dengan Vegas
  18. Batch render file VEG menjadi satu video
  19. Vegas Pro versi berapa yang baik