Membuat video dari computer sekarang menjadi lebih mudah. Banyak perangkat gadget dari smartphone, camera pocket sampai DSLR bisa merekam video.

Apalagi software video editing sekarang dapat menerima berbagai format video termasuk format resolusi tinggi seperti Full HD.

Umumnya format yang dipakai untuk video adalah MP4 atau dikenal standar H.264. Bila sudah memiliki perangkat gadget, apa salahnya bila kita juga mempelajari membuat video yang bagus dan menarik.

Banyak aplikasi edit video, aplikasi paling umum ada 3 dengan kemampuan video editing profesional. Yaitu Adobe Premier di PC dan Final Cut Pro di Mac untuk kalangan profesional.

Satu lagi Magix Vegas Pro yang dapat digunakan untuk semi pro dan belum secanggih Final Cut Pro dan Premiere. Tetapi cukup memadai dan pengunanan aplikasi video editing ini lebih mudah.

Salah satu kemampuan Sony Vegas Pro adalah multi track yang tidak dibatasi.

Sehingga satu video dapat menampilkan banyak video dan suara, serta pengaturan lebih mudah. Dan dukungan pembuat plug-in untuk efek video sudah mendukung Sony Vegas


Tip awal untuk belajar video editing dengan Sony Vegas


Untuk membuat video, hal penting untuk tidak di langgar adalah FPS atau frame per second.
Misal video direkam dengan kecepatan 30fps atau 30 gambar perdetik. Video input dan output diharapkan dibuat dengan kecepatan yang sama. Demikian juga sumber video, diusahakan mengunakan kecepatan FPS yang sama.  25 FPS umumnya dipakai untuk format PAL dan film, dan 29,9 FPS adalah format NTSC.

Hal penting kedua  adalah ukuran video (lebar)
Misalnya video mengunakan wide screen, sebaiknya mengunakan ukuran wide screen selama proses editing dan output finalnya.  Kecuali rekaman video dibuat dengan high res lalu di zoom sesuai ukuran yang di kehendaki. Khususnya untuk standar video DVD. Kecuali format untuk video digital bagi website seperti Youtube. Aturan tersebut dapat diabaikan, karena Youtube menerima format yang sudah jadi dan di proses kembali.

Untuk kualitas video, tidak masalah. Apakah mengunakan resolusi rendah atau tinggi. Karena semua gambar akan kembali di render ulang oleh software video editing. Kecuali anda ingin video yang tajam, maka kualitas video menjadi penting.

Untuk menu di Sony Vegas seperti dibawah ini
Bagian penting dari fitur Sony Vegas dari atas ke kanan. Paling kiri adalah effect dan transisi. Digunakan untuk membuat efek video.
Di tengah sub effect atau menu pilihan, bisa dimasukan ke video
Paling kanan adalah preview gambar
Ditengah dengan gambar garis biru adalah panjang durasi video

Di bagian bawah
Ada Track, track ini yang mengatur jalur video bila mengunakan banyak file yang akan digabung dan diatur sedemikian rupa. Track mengatur susunan video dan audio. Khususnya video, bagian paling atas adalah gambar yang ditampilkan lebih dahulu.
Di sisi kanan paling banyak dan rumit adalah isi track video
Bagian yang ditunjukn pada anak panah adalah bagian paling penting dan biasa dipakai selama proses editing video.




Tahap awal mengunakan Sony Vegas, setting Project Properties. Untuk menentukan ukuran / format video. Apakah formatnya untuk DVD, HD video atau Full HD Video atau versi 2K dan 4K. Termasuk setting berapa frame yang di inginkan.

Bagian ini paling penting sebelum melakukan proses editing. Selama proses editing video dan output nantinya harus selaras. Walau tidak perlu dikhawatirkan apakah format file sebagai input yang akan dipakai. Misalnya rendering file video dari format HD, tentukan ukuran frame rate, dan ukuran lebar video dengan aspect ratio.

Video yang di edit dengan banyak efek dan penempatan text dan lainnya akan ikut berubah bila setting ukuran format berubah. Jadi pastikan dahulu seberapa ukuran video output yang di inginkan, apakah mengunakan ukuran 3:4 atau 9:11 untuk widescreen.

Setting Project Properties ada dibawah ini



Cara memasukan file video di Sony Vegas

Paling mudah mengunakan teknik drag dan drop. Masukan file video, audio ke kolom seperti video dibawah ini. Video bagian atas adalah video yang tampil di depan, sedangkan di garis bawah untuk tampil dibelakang. Masing masing video atau audio akan berada di satu Track. Tetapi setiap Track dapat dimasukan menjadi beberapa video berbeda.



Dibawah ini cara memasukan video di Sony Vegas Pro.



Membuat transition di Sony Vegas.
Video dapat dibuat seperti transisi agar perpindahan dari satu video ke video lain tampil lebih baik, efek tersebut dinamakan transition. Kedua video terlihat saling berganti untuk pindah ke video lain.

Tempatkan 2 video berbeda di track yang sama. Lalu video di belakang dimajukan sampai bersinggungan beberapa detik dari video di depannya. Nantinya video akan terlihat berganti tanpa terlihat putus.



Menambah Efek Transition dengan bantuan plug-in video

Ada tool bantuan dari Plug-in Sony Vegas untuk menambah efek transisi lebih bagus. Setelah membuat persinggunan video seperti diatas.
Click bagian video Transition di layar , lalu pilih efek apa yang mau di ambil. Dan tahan dengan mouse lalu jatuhkan di antara persinggungan kedua video seperti gambar dibawah ini

Lebar dari 2 video yang bersinggungan dapat diatur sesuai kebutuhan waktu transisi. Misalnya transisi selama 3 detik atau 2 detik sesuai panjang transisi yang dibuat.



Di software editing video Sony Vegas juga memiliki Transition Effect. Prinsi yang sama dari tampilan 2 video yang disambung.
Hanya terlihat memberikan efek. Misalnya sambungan video terlihat memberikan cahaya Flash, Flip, 3D dan lainnya.

Fitur tersebut ada di Sony Vegas. Mungkin ada yang tidak mengetahui bagaimana menempatkan Transition Effect dari Sony Vegas. Video ini memberikan cara memasukan Transition tersebut.





Tabel halaman
  1. Teknik awal belajar video edting. Memasukan video di Vegas, membuat transisi antara 2 video
  2. Setting Fade musik dan video, serta mengeser track suara dan video
  3. Crop gambar, memasukan efek di video atau membuang efek video
  4. Multiple track, memindahkan satu file video dan audio ke track lain serta memasukan tulisan di video
  5. Resize video
  6. Membuat kumpulan foto menjadi film Time Lapse di Vegas Pro
  7. Stabilizer video
  8. Split video atau memisahkan satu video menjadi beberapa bagian
  9. Auto Ripple, memajukan track untuk mengisi track yang kosong
  10. Vegas render Low Memory, memory baik baik saja kenapa Crash
  11. Video Vegas tajam tanpa Blur termasuk mempercepat video Hyperlapse
  12. Velocity untuk mempercepat dan memperlambat video
  13. Render Video Vegas Pro 4K
  14. Setting Dynamic RAM Preview
  15. Backup Vegas File Clip video, image dan audio ke sebuah folder
  16. Memperbaiki output render DVD muncul garis dari Vegas Pro
  17. Efek emosi warna video dengan Vegas
  18. Batch render file VEG menjadi satu video
  19. Vegas Pro versi berapa yang baik