Adobe Photoshop CS dari versi 5 memiliki fitur Smart Object. Opsi tersebut untuk mengatur layer dari raster ke vector. Pengertian raster (titik pixel) adalah gambar dengan titik pixel yang membentuk gambar seperti foto, sedangkan Vector adalah gambar garis seperti huruf text, garis dimana satu titik menyambung membentuk pola, baik garis atau pola bentuk. Cirinya dari gambar Vector pada warna, umumnya hanya terbentuk satu warna, seperti hitam, merah, biru saja.

Gambar 1 perbedaan raster dan vector bisa dijelaskan pada gambar pertama. Raster membentuk pixel kecil seperti gambar foto, dan vector berbentuk solid misalnya Text
Gambar 2 fitur dari Smart Object yang ada di Photoshop.



Untuk membuat smart object di Photoshop, pada sebuah gambar raster bisa di paste atau ditambahkan dengan gambar lain. Gambar yang ditambahkan dapat di perkecil, diperbesar dan lainnya. Tetapi bentuknya seperti vector alias bujur sangkar atau bentuk cropping. Dengan smart object , maka gambar vector bisa di tambahakn ke gambar raster. Tanpa merubah gambar vector yang ada. Dengan smart object, gambar yang dibuka di halaman dapat terhubung ke gambar utama

Artikel kali ini tidak membahas detail tentang smart object Photoshop dan informasi diatas sebagai keterangan. Tetapi untuk memanfaatkan template mock up yang dibuat oleh disainer lain. Anda bisa membuat bentuk gambar dari 2 dimensi menjadi 3 dimensi dengan template Photoshop. Keterangan tentang cara mengunakan template Mock Up dari Photoshop dibawah ini

Contoh gambar di situs graphicriver.net memiliki beberapa template untuk Photoshop. Khususnya pada bagian template product mock up. Bisa dilihat template mock up yang tersedia dan tinggal dimanfaatkan.



Template mock up dibuat untuk membantu disainer lain membuat presentasi, ke bentuk produk 3D
  • Misalnya seorang disainer diminta membuat cover buku, akan lebih baik bentuk buku yang dibuat bisa terlihat seperti diatas meja
  • Atau seorang disainer diminta mendisain sebuah kartu nama, bila dilihat dalam bentuk 2 dimensi. Untuk presentasi bisa mengambil sudut berbeda sesuai pandangan mata.
  • Atau ingin membuat disain cover CD, Box CD dan box produk.
  • Atau membuat tulisan, logo, disain logo seakan seperti tiga dimensi, atau logo ditempel di tembok kantor. Akan lebih menarik terlihat.
  • Atau membuat rancangan kaos, tersedia template mock up untuk kaos dan tinggal ditempelkan


Proses tersebut dinamakan membuat mock up.
Sekarang sudah banyak disainer membantu disainer lain merancang template mock up. Baik tulisan, bentuk majalah, kartu nama, bentuk kantong, tampilan disainer web lengkap dengan layar monitor dan lainnya. Rata rata mengunakan fitur dari Photoshop CS dengan Smart Object. Tinggal dipilih dan dipakai, tidak perlu pengetahuan lebih kecuali mengerti sedikit tentang Photoshop itu sendiri.

Anggap saja kita sudah membuat sebuah disain, lalu membutuhkan bentuk mock up 3 dimensi. Dan memilih satu template mock up yang siap pakai. Bagaimana mengunakan mock up tersebut. Seperti gambar dibawah ini, bila tertarik dan ingin membuat bentuk seperti dibawah ini bisa di lanjutkan ke halaman berikutnya.



Atau menampilkan foto di TimeLine Facebook seperti dibawah ini.



Atau membuat tampilan cover dan isi majalah dalam bentuk 3 dimensi