Dibawah tambahan untuk WIFI Router dan beberapa tip lain

Informasi dibawah ini sebagai tambahan saja, sistem Wireless di perangkat Android masih memiliki masalah kecil yang menjengkelkan. Dikumpulkan dari beberapa nara sumber untuk masalah masing masing perangkat.

Masalah lain dari router wireless 802.11n. Sejak pertama dipasarkan sampai sekarang kadang muncul masalah dengan perangkat lama. Kata sederhananya tidak terlalu  kompatibel. Bila smartphone Android mengalami Connect Reconnect dan terus berulang, tentu perangkat smartphone atau tablet Android tidak mau terhubung ke Internet. Bahkan bug dari produsen ada yang bermasalah sampai setahun dan baru diketahui oleh produsen setelah menermia banyak laporan dari penguna.

Beberapa penguna sempat mereset Router, merubah setting, password, atau mengatur ulang  router. Mendadak salah satu perangkat dari Android tidak bisa terhubung ke router dan pada setup hanya muncul pesan Connnect - Reconnect, Scanning dan berulang-ulang. Mungkin di setting router sudah berubah tanpa di sengaja dan anda lupa setting yang benar. Entah di perangkat apa yang bermasalah, apakah standar wireless yang dipakai, padahal baru beberapa menit lalu semua berjalan normal. Mendadak smartphone melakukan scanning dan tidak bisa terhubung ke router.

Saran sederhana, bila setting router sudah berjalan dengan baik. Buatlah printscreen setting panel WIFI  dan simpan gambar screenshot untuk pengingat. Sampai bulan Maret 2013, Sony baru memposting masalah router ke smartphone Xperia mereka. Karena bermasalah dengan koneksi router wireless. Bukan masalah dari Sony, tetapi dari perangkat wireless router yang tidak bisa menerima signal Smartphone dengan WIFI. Tidak diketahui mengapa kejadian ini muncul, mungkin masalah tidak kompatibel dengan standar wireless N yang dipakai atau setting dari wireless Router.

Tip beberapa masalah agar terhindar perangkat Android terus melakukan scanning connect reconnect. Caranya masuk ke bagian Router dengan membuka halaman browser di PC, dan ketik alamat 192.168.1.1. Atur konfigurasi yang benar di halaman setting Router tersebut dan ganti saja ke standar G yang berjalan lebih baik.



Setting utama yang perlu diperhatikan pada Router wifi
  • Router WIFI umumnya sudah memiliki fitur Wireless B, G, dan N. Gunakan Wireless G, hindari pemakaian wireless N (bila tidak diperlukan sebaiknya mengunakan koneksi wireles G).
  • SSID dan password, gunakan karakter biasa, jangan memasukan karakter aneh.
  • Setting DHCP sebaiknya dikembalikan ke DHCP auto IP
  • Mac Filter sebaiknya di OFF
  • Channel, gunakan angka dibawah 11, ideal 8. Karena setting 12,13,14 mungkin tidak tersedia pada perangkat karena aturan di beberapa negara. Memilih Channel untuk memisahkan frekuensi wireless dengan perangkat lain disekitar. Fungsi Channel di WIFI agar tidak terganggung oleh channel WIFI lain misalnya WIFI tetangga dan dapat menambah jarak jangkauan WIFI.
  • Gunakan aplikasi seperti WIFI Radar untuk mengetahui sinyal WIFI dari tetangga dan mengetahui Channel berapa yang mereka gunakan

Kedua matikan WDS (Wireless Distribution System) pada router karena setting ini tidak dipakai, dan fungsinya untuk sistem Full Bridge di Access Point dan Wireless Router.





Contoh setting di Router untuk memindahkan koneksi ke WIFI wireless G dan mematikan WDS

Contohnya dibawah ini untuk setting mudah Android ke WIFI router. Bagian kotak hitam untuk standar Wireless yang dipakai hanya standar G saja.
Enable WMM hanya diperlukan bila WIFI dibutuhkan untuk Multimedia seperti telepon internet membutuhkan prioritas koneksi, tranfer data untuk printing
WDS enable bila satu struktur jaringan dipasang 2 wireless atau lebih.





Teknik lain dengan membuka kunci di WIFI router untuk sementara

Yang ini kejadian unik bagi perangkat tablet lama atau OS android 3, bisa saja terjadi di perangkat lain.
Cirinya, Tablet atau smartphone tidak bisa terhubung ke WIFI. Walau signal WIFI router bisa di baca oleh semua perangkat dari smartphone dan tablet lain. Sementara hanya satu perangkat saja yang tidak bisa menditeksi adanya WIFI.

Cara yang pernah kami lakukan adalah merubah setting di Router WIFI
  • Setting di buka (Open) tanpa password sampai perangkat yang tidak bisa terhubung bisa membaca signal WIFI kembali. Setting dibawah ini (tanda hijau) dibuat terbuka agar semua perangkat bisa menditeksi signal. Jangan lupa perangkat Android yang tidak bisa terhubung di restart dahulu
  • Selesai di boot ulang, setting kembali WIFI di perangkat Android. Masuk ke bagian Setting dan pilih WIFI.
  • Lihat pada daftar WIFI, apakah nama Router WIFI sudah muncul
  • Bila muncul, test perangkat dengan membuka website.
  • Bila sudah berjalan normal, Router WIFI bisa di Password kembali, dan pada perangkat Android tinggal di click dan masukan nama Password



Selesai melakukan setting baru di Router, coba buka di smartphone, dan lihat kembali apakah koneksi wireless sudah terhubung.

Semoga smartphone atau tablet dapat terhubung dengan normal.