Bila ditanya, apakah kita bisa me-remote camera DSLR ke computer. Atau mengatur setting camera DSLR dari computer. Atau anda mencari software gratis untuk remote camera. Atau bagaimana cara menghubungkan camera ke computer dengan kabel USB dan aplikasinya gratis. Sekarang sudah dibuat, namanya Digicam Remote.

Peralatan yang diperlukan untuk menghubungkan camera DSLR ke Notebook hanya sebuah kabel USB. Kabel USB umumnya diberikan oleh produsen camera. Karena disain konektor yang berbeda dibanding kabel USB computer.

 

Digicam Control sebuah software untuk remote control camera, sekarang sudah keluar versi stabil 1.0.0. Seperti software lain untuk meremote camera, tetapi yang ini versi gratis. Awalnya agak meragukan dengan kemampuan software Digicam Control gratis ini, setelah di coba hasilnya lebih baik dibanding aplikasi sejenis. Khususnya untuk camera Nikon DSLR.

Cara kerja Digicam Control adalah software untuk remote camera melalui computer. Camera dihubungkan melalui USB kabel  ke PC atau Notebook. Dan di computer hanya di install dengan software Digicam Control. Hanya camera DSLR yang dapat di remote oleh software ini dan satu model camera Pocket tipe Canon PowerShot G9 (untuk versi saat ini). Untuk Nikon DSLR, semua sudah mengunakan native driver sehingga kinerja software sangat baik.

Tidak semua camera mendukung fitur software ini. Seperti camera DSLR Canon belum langsung di download hasil dari camera. Sedangkan Nikon, sebagian model camera sudah bisa menarik file dari memory card ke computer langsung.

Next tampilan dari software Digicam Control