Share KM adalah aplikasi yang dipubliksikan oleh Google. Gunanya untuk share keyboard dan mouse ke perangkat Android seperti smartphone / tablet Android. Share KM dapat menghubungkan keyboar dan mouse computer dan perangkat Android, dimana penguna computer dapat mengkontrol keyboard dan mouse seperti untuk mengetik, membuka aplikasi di perangkat Android seperti mengunakan computer.

Seperti remote computer, tetapi yang di remote adalah Android dari computer. Share KM dapat mengaktifkan copy paste dari computer. Misalnya anda ingin mengirim text ke sebuah email di Android, dan text yang ada berasal dari computer. Tinggal di copy paste dari computer, lalu pindah ke layar smartphone atau tablet , dan paste disana. Maka text akan pindah ke layar smartphone / tablet.


Bagaimana menghubungkan Android ke PC
Koneksi Share KM dapat mengunakan Bluetooth, WIFI dan USB cable. Khusus untuk OS Android 2.3 hanya dapat terhubung via kabel USB (masih versi beta), kecuali smartphone sudah di ROOT. Versi diatasnya dapat mengunakan opsi WIFI dan Bluetooth.
Computer di install aplikasi Share KM (di download dahulu), dan di smartphone atau tablet juga di install otomatis dengan aplikasi Share KM melalui situs Play.google.com

Apa manfaatkan dan fungsi dari software Share KM.
Misalnya seseorang lebih sering bekerja dengan computer, dan sibuk juga dengan chatting, membalas email dari smartphone. Untuk mengetik text di Android dengan layar kecil mungkin agak repot. Bagaimana bila memanfaatkan keyboard dan mouse untuk mengetik di Android. Sementara computer tetap berjalan dan digunakan seperti biasa.

Lebih mudah membayangkannya seperti ini. Sementara anda bekerja dengan computer. Lalu ada email masuk dan perlu di jawab di smartphone. Cukup mengeser mouse ke salah satu sisi tepi layar monitor computer. Cursor akan pindah ke layar smartphone dan menyala otomatis. Lalu anda mengeser mouse di layar smartphone, membuka aplikasi di layar smartphone langsung dari mouse computer. Misalnya ada email masuk, tinggal di click email tersebut dan menjawab dengan mengetik dari computer. Cara ini lebih baik dibandingkan mengetik di layar smartphone yang ukurannya kecil.

Apa yang diperlukan
Ada 2 aplikasi yang diperlukan, pertama di install di computer  / notebook , satu lagi aplikasi di install ke smartphone.
Untuk aplikasi smartphone bisa di download via Share Keyboard & Mouse Google Play
Untuk aplikasi computer bisa di download via sites.google.com/site/droidskm

Update Download ShareKM
Versi lama memiliki Fix Expire
Download untuk di install - ShareKM Android

Bila memilih USB, pada computer harus menginstall USB driver bagi smartphone. Contoh smartphone merek Samsung, driver dapat mengunakan versi KIES. Pada software tersebut sudah langsung menyediakan koneksi computer ke smartphone atau tablet melalui kabel USB.

Driver USB Android untuk Windows. Sumber dari Team Android.com, dan belum di verifikasi

Google Nexus: Download Google Nexus Drivers or read details here.

Samsung: Download Samsung USB Drivers or Download Samsung KIES (drivers included – Windows/Mac).

HTC: Download HTC USB Drivers or Download HTC Sync Manager (drivers included – Windows/Mac).

Motorola: Download Motorola USB Drivers (Motorola Device Manager).

Huawei: Download Huawei USB Drivers or Download HiSuite (drivers included).

LG: Download LG USB Drivers.

  • For device specific drivers, go to LG website > Search for product > Resources > Download driver.

ASUS: Download ASUS USB Drivers or Download ASUS PC Suite (drivers included).

SONY: Sony offers USB drivers and tools for Windows and Mac.

ZTE: Download ZTE USB Driver.

DELL: Download DELL USB Drivers (device specific).

Fujitsu: Download Fujitsu USB Drivers.

Intel: Download Intel Android USB Drivers.

Selanjutnya cara kerja ShareKM agar PC bisa terhubung ke Android smartphone, seperti untuk mengetik.