SharpKeys sebuah software utiliti untuk remap tombol keyboard di Windows. Gunanya untuk merubah registry Windows untuk merubah fungsi tombol keyboard tertentu. Bisa merubah key huruf ke key lain, atau di nonaktifkan agar tidak menganggu. Aplikasi SharpKeys merubah Registry Windows dan hanya sekali dipakai. Selanjutkan perubahan keyboard akan aktif permanen.

Misalnya tombol Flag Windows yang ada di samping tombol CTRL, digunakan untuk membuka Bar Program Windows dan tampil di sisi kanan. Mungkin tombol tersebut tidak diperlukan dan sering tersentuh dan menganggu pekerjaan mengetik. Tombol tersebut bisa dimatikan secara permanen oleh SharpKeys.

SharpKeys memiliki ukuran 475kb untuk versi 3.5, dan software ini berguna menganti map tombol keyboard. Sifatnya permanen karena yang dirubah adalah di Registry Windows. Aplikasi SharpKeys dapat dipakai untuk Windows XP sampai Windows 7.

Dibawah ini tampilan SharpKey. Anda bisa menganti beberapa fungsi tombol yang tidak dipakai. Seperti email, player atau tombol keyboard biasa untuk diganti ke tombol lain.



Untuk konfigurasi SharpKeys :
  • Cukup menekan tombol di Type Key, lalu tekan tombol yang akan diganti.
  • Dan pindahkan ke tombol lain yang anda perlukan.
  • Selesai, tinggal di Write to Registry.
  • Dan reboot computer, setelah itu tombol yang anda ganti akan berubah.



Tombol apa saja yang mungkin kurang berguna dan dapat diganti.
Tombol Flag Windows (Start) sebenarnya sudah tersedia di tombol lain dengan CTRL+ESC. Tombol ini bisa dimanfaatkan untuk Backspace. Atau dimatikan bila menganggu pekerjaan mengetik karena sering tidak sengaja tertekan. Atau tombol Cap Lock untuk huruf besar, relatif sangat minim dipakai. Dan dapat diaktifkan melalui tombol Shift.
Atau tombol Shift + ~ yang jarang dipakai, bisa diganti untuk menampilkan karakter lain yang sering dipakai.
Atau tombol Shift +@ yang repot diketik , bisa diganti dengan tombol Scroll Lock yang tidak terpakai.

Aplikasi ini mungkin terlihat sederhana, tetapi bisa berguna bagi sebagian orang dengan bidang pekerjaannya yang membutuhkan tut keyboard tertentu.

Demikian informasi tentang SharpKeys, anda bisa mengatur sendiri kebutuhan tombol keyboard. Tetapi hati hati ketika menganti, dan tidak menonaktifkan atau menganti tombol yang masih diperlukan

Informasi aplikasi SharpKey dapat dilihat via Sharpkeys.codeplex.com