Banyak produsen perangkat game dan peralatan kantor mulai mengeluarkan keyboard mekanik. Harga keyboard mekanik lebih mahal dari keyboard biasa. Tentu kita bertanya mengapa keyboard mekanik mahal, lalu apa kelebihan dari keyboard mekanik. Melihat disain keyboard mekanik, terlihat biasa saja.

Rancangan dan komponen keyboard mekanik berbeda dengan keyboard membran. Keyboard membran adalah struktur keyboard paling umum digunakan saat ini.
Tetapi rancangan keyboard mekanik sudah lama ada, dimulai ketika IBM mengunakan tut keyboard untuk komputer mereka. Dibuat pada era tahun 80an sampai 90an dan beberapa produsen keyboard Jepang dan Taiwan masih membuat switch keyboard mekanik. Lalu perlahan mulai digantikan keyboard membran yang lebih murah dan tidak berisik.

Keyboard lain yang sempat keluar di era 90an adalah tipe keyboard dengan tut Dome atau Dome Switch. Sampai sekarang beberapa produsen perangkat PC mulai mengeluarkan kembali tipe keyboard dengan Dome Switch. Dan berada di antara harga keyboard membran dan mekanik

Sekarang keyboad mekanik kembali muncul, khususnya pada keyboard premium. Dimana perbedaan keyboard mekanik dan membran.

Dibawah ini disain dari keyboard yang umum dipakai dengan disain membran. Tut kontak (switch) keyboard berada di 2 lapis plastik tipis dan tut keyboard di ganjal dengan karet membran. Ketika tut keyboard ditekan, maka lempeng plastik membran pada bagian paling bawah yang tertekan akan terjadi kontak. Tekanan keyboard harus mencapai 100% agar tut terjadi kontak. Panjang travel atau jarak kontak ketika ditekan berbeda beda antara disain keyboard desktop dengan notebook. Notebook umumnya memiliki jarak lebih rapat, sedangkan tut keyboard PC mencapai 2mm lebih.

Seperti gambar dibawah ini, pertama adalah karet sebagai pendorong tut keyboard tetap menonjol keatas. Gambar dibawahnya lapisan kedua berisi lembaran plastik.



Keyboard mekanik memiliki satu tut kontak switch mekanik untuk key (perhuruf). Dan switch ditanam ke PCB board. Berat keyboard mekanik memang lebih berat, sekitar 500g paling ringan sampai 1000g lebih untuk ukuran besar. Komponen yang dipakai lebih banyak karena satu tut mengunakan satu switch.