Star Chart APK untuk gambar dan informasi paling keren bagi astronom

Kompatibel dengan OS Android 2.3 keatas, tetapi tidak semua perangkat di dukung. Karena aplikasi Star Chart mengunakan 3D. Paling nyaman bila smartphone memiliki GPU atau Grafik internal.

Aplikasi Star Chart dapat di install ke OS Android Smartphone dan tablet. gambar bintang, planet dan benda di antariksi termasuk satelit sudah dimasukan datanya ke dalam software Star Chart

Aplikasi Star Chart APK bisa di download via Google Play

Ada 2 versi yang Free dan Unlimited (berbayar). Database software ini memiliki 120 ribu bintang.

Apa yang menarik di aplikasi ini. Software terus di update secara berkala. Masalahnya ukurannya sangat besar, sekitar 50MB. Karena memuat banyak gambar tentang astronomi.

Gambar kiri, adalah tampilan Star Chart. Karena smartphone sudah mengunakan GPS, gerakan smartphone akan merubah posisi letak gambar. Paling menarik dari Star Chart adalah bagian galaksi Milky Way. Anda bisa melihat dimana posisi tengah galaksi Bima Sakti saat ini. Sedangkan aplikasi astronomi lainnya tidak memiliki fitur gambar seperti Star Chart. Bagi mereka yang ingin mengabadikan foto inti galaksi bisa memperkirakan posisi keberadaannya dengan Star Chart.
Gambar tengah tampilan planet yang dilengkapi dengan rasi bintang. Rasi bintang diperlukan bila seseorang ingin memastikan target bintang yang dituju.

Gambar kanan adalah tampilan layar merah. Mungkin ketika mengambil foto, cahaya akan menganggu termasuk cahaya dari smartphone. Star Chart dapat merubah warna layar smartphone menjadi merah agar tidak terlalu menganggu pencahayaan camera yang sedang mengambil gambar dengan durasi lama.


Star Chart Screen display

Bila agak bingung mencari posisi benda antariksa, Star Chart menyediakan database yang sudah dimasukan. Tinggal dicari di kolom pencarian.



Hal menarik lain dari Star Chart. Posisi smartphone bisa dirubah, misalnya seseorang berada di ibukota, dan berencana mengambil foto di satu tempat dengan koordinat GPS. Tinggal dimasukan data GPS ke Star Chart, posisi smartphone seakan berada di tempat yang lain. Dan posisi gambar di perangkat Android akan tampil seakan anda sedang berada disana.



Terakhir informasi dari target yang dituju. Juga menarik untuk belajar dunia astronomi. Star Chart akan memberikan data seperti jarak sebuah bintang, nebula dan lainnya.



Kita dapat memastikan munculnya garis galaksi Bima Sakti dengan aplikasi Android Star Chart. Seperti gambar dibawah ini, mengunakan panduan dari aplikasi tersebut.



Kekurangan software ini, karena mengunakan engine 3D. Star Chart akan bergerak lebih halus bila smartphone memiliki internal GPU. Karena kebutuhan 2 procesor smartphone dari GPU dan CPU, pastinya agak boros bila terlalu lama membuka aplikasi Star Chart. Jangan lupa bawa baterai cadangan bila intensif melihat layar di aplikasi Star Chart

Proses editing foto galaksi Bima Sakti dapat dilihat artikel Digital