Untuk mencari letak ISS atau International Space Station dapat di telusuri dengan IIS?.

Aplikasi Android ini sangat sederhana, dan menunjukan posisi keberadaan ISS.

Karena ISS bergerak sangat cepat, sekitar 92 menit untuk mengitari satu putaran bumi. Pada garis hijau ditunjukan sekitar 50 menit lagi International Space Station akan mendekat dari keberadaan smartphone atau tablet.

Cara menggunakan aplikasi ISS?

Bila ingin mengbadikan gambar, bisa dilihat pada jadwal di N2yo.com. Pilih satelit Zarya (ISS) dan track kemungkinan kemunculan dalam 5 hari kedepan. Data dari N2yo.com akan ditambahkan cahaya yang akan tampak dan kekuatan cahaya dalam Magnitude. Cahaya akan terlihat bila mencapai -1, untuk -1.4 akan sangat terlihat, dan -2 keatas maka cahaya ISS seperti bintang dan menyala bergerak dilangit.

Lintasan ISS dari dari penampakan sampai menghilang sekitar 5 menit. Tapi tergantung posisi, bila posisi disebut antara 40 derajat artinya ISS akan terlihat melintas cahayanya di sudut 40 dari 0 horizontal naik ke 40 derajat . Bila disebutkan 80 derajat artinya lintasan berada diatas kepala atau hampir tegak lurus dari keberadaan anda.

Untuk mengunakan data perkiraan dari ISS?, buka aplikasi akan tampil seperti gambar dibawah ini.
Lalu click bagian Visible, bila muncul artinya kemungkinan cahaya ISS dapat sesuai tanggal dan jam pada daftar.




Akan tampil data tabel dibawah ini, sesuai tanggal, jam, dan ketinggian. Bagian Alarm di sebelah kiri atas dapat di set ke smartphone, ketika akan melintas maka smartphone anda akan berbunyi. Menunjukan ISS akan lewat dan terlihat dari posisi



Bagaimana mengetahui lintasan ISS ketika lewat, kita tidak tahu dari mana kedatangannya. Bisa dari arah pulau Sumatra lalu melintas diatas pulau Jawa dan ke Australia. Tapi dimana tepatnya ISS akan melintas. Apakah kita harus melihat terus ke langit selama 5 menit. Di aplikasi IISS? ada satu fungsi untuk memperkirakan  lintasan ISS pada tanggal tertentu.

Misalnya anda mengambil tanggal 10 Oktober 2013 pada gambar diatas
Click tanggal pada tabel yang ada, lalu akan tampil seperti gambar dibawah. Tanda hijau adalah lintasan ISS sesuai data GPS dari camera smartphone. Jadi kita tidak perlu menebak darimana cahaya akan tampak. Dan sudah mengarahkan camera atau akan melihat kemana arah kedatangan ISS dan dimana saja cahayanya akan terlihat.



Aplikasi dapat di download play.google.com/store/apps/details?id=com.androidesimple.iss

Untuk data realtime ketika ISS melintas dapat mengunakan aplikasi lain yaitu Satellite AR pada halaman selanjutnya.