Bila anda memiliki camera Nikon D3, D3S, D3X, D4, D40, D40X, D60, D80, D90, D200, D300, D300S, D700, D800, D800E, D5000, D5100, D7000. Anda bisa memanfaatkan software ControlMyNikon untuk mengatur camera dari computer.

Pada camera diatas biasanya sudah disertakan cable USB khusus untuk camera Nikon. Cable USB tersebut dapat dimanfaatkan oleh software ControlMyNikon untuk Thethered DSLR dengan mengatur camera dari software computer / notebook.

Apa fungsi ControlMyNikon.
Software ControlMyNikon dapat memindahkan setting camera ke computer. Seperti kecepatan pembuka sensor, diafragma (aperture) lensa, ISO dan histogram pada objek. Termasuk fitur Liveview bila camera memiliki fitur tersebut dan mengaktifkan recording video dari computer.

Apa yang bisa dimanfaatkan dari software ini.
Sebagai contoh, anda memiliki pekerjaan untuk mengambil objek close up. Seperti membuat foto untuk sebuah produk. Umumnya seorang fotographer harus memasang tripod  atau gorilla tripid kecil lalu mengatur posisi camera, mengambil gambar sesuai bidikan camera dan melihat hasil pada layar LCD di camera.
Selesai proses foto, harus mengeluarkan file dari memory card ke computer dan melihat kembali hasilnya di computer. Terkadang objek yang diambil memerlukan manual fokus dan dapat dilihat langsung pada layar computer.

Setelah gambar diambil, software ControlMyNikon dapat mengirim secara otomatis file gambar yang diambil untuk disimpan ke harddisk computer. Dan si fotographer dapat membuka file dari computer tanpa perlu mengeluarkan data dari memory card atau mentranfer file dari camera ke computer.
Bila gambar yang di dapat kurang terang atau terlalu terang, bisa mengatur ulang setting camera dari software saja tanpa harus mengatur tombol manual di camera.

Software ControlMyNikon memerlukan
1. sebuah camera yang terdaftar diatas.
2. cable USB khusus untuk menghubungkan camera ke computer
3. sebuah computer / notebook untuk di install ControlMyNikon dan sebagai remote view finder pada camera.