Teknologi Nvidia Ampere arsitek separuh power performa setingkat Turing graphic


Technology | 4 January 2020

Ketika AMD menampilkan Big Navi GPU, tidak lama Nvidia mengatakan ada yang baru dengan Ampere.

Dari media Taiwan, ada perusahaan investasi mengatakan Nvidia menyiapkan GPU arsitek Ampere.

Yang ini berbeda, setelah diberitakan di seminar SIGGRAPH 2018 lalu.

Setelah AMD pindah ke GPU 7nm yang lebih rapat dan hemat power.

Nvidia Turing juga pindah dari 12 FinFET ke 7nm.

Tetapi Nvidia mengatakan meminta bantuan pabrik chip Samsung dan TSMC. Mungkin TSMC masih sibuk dengan produksi chip CPU smartphone. Apple sudah memberi kontrak kapasitas produksis ekslusif 5nm ke pabrik TSMC untuk procesor A41 yang siap pada pertengahan tahun 2020
Dan Samsung masih memiliki kapasitas produksi di pabriknya di teknologi 7nm

Dengan Nvidia 7nm, ada keuntungan yang terbaik. Pemakaian power menjadi lebih hemat. Hanya 50% untuk mendapatkan 50% peningkatan performa.

Produk Graphic atau GPU masih terkendala dengan turunnya permintaan.
Tetapi produk yang diuntungkan adalah notebook kelas performa.

Produsen komponen PC seperti MSI mengatakan melihat akan meningkat kembali pasar perangkat gaming PC. 60% produk yang dibuat MSI masih terkait dengan perangkat performa PC.
Demikian juga Gigabyte dan Asus.



Dari sisi AMD juga menyebut Big Navi. Navi 21 GPU kabarnya memiliki performa 2x lebih cepat walau bentuk chip seukuran Navi 10 yang ada di RX 5700 XT.

Teknologi chip terkait dengan kerapatan yang disebut teknologi produksi nanometer. Semakin kecil dan semakin rapat, konsumsi power lebih rendah, dan chip dapat dipadatkan memuat lebih banyak transistor.

Smartphone tidak lama lagi akan mengunakan teknologi 7nm, menyusul chip procesor dan GPU untuk grafik computer.

Ditunggu saja tampilan kedua GPU dari Nvidia dan AMD yang rencananya dirilis pertengahan tahun 2020.

Berita terkait
Mediatek dan Qualcomm menyiapkan procesor smartphone 5G. Mediatek mengunakan penganti Helio menjadi Dimensity di jajaran procesor 2020. Membawa teknologi 5G atau model pertama Dimensity 1000 high end procesor smartphone. Dimensity 800 mid range 5G. Dibuat dengan teknologi 7nm, lebih rendah dengan Cortex A76 dan A55

Procesor terkai dengan kerapatan, atau saat ini sering disebut nm. Mengapa teknologi ini penting. Ke depan procesor akan dibuat sampai 5nm, dan alternatif 7nm. Ada 2 pabrik terbesar yang membuat CPU baik smartphone dan PC, yaitu TSMC dan Samsung. Apa dampak procesor yang dibuat semakin rapat, dan kapan diproduksi.



Jingjia Micro atau nama lengkapnya Changsha Jingjia Microelectronics Co, adalah perusahaan pembuat chip GPU. Memiliki 2 GPU setingkat GTX 1050 dan GTX 1080. Mengunakan proses pembuatan 28nm, walau pemakaian power kalah efisien dari Nvidia. Diharapkan harganya lebih murah

Xuantie, atau XT, dikatakan sebagai prosesor di kelas RISC-V yang paling kuat. Dibuat dari proses teknologi 12nm, Xuantie XT 910 memiliki 16 core yang beroperasi di clock 2,5 GHz, serta mendukung instruksi 64-bit, instruksi 16-bit yang ringkas. Untuk apa procesor tersebut.

Perbedaan procesor PC vs procesor smartphone. Keduanya berbeda, khusus dalam tugas menangani pekerjaan dan kebutuhan. Satu dirancang untuk hemat power, yang lain untuk kalkulasi sangat komplek. Mungkin suatu hari kemampuan CPU desktop PC akan dicapai procesor smartphone.




No popular articles found.
< /body>