Kapan manusia menjadi tua tidak selalu linier


Green | 21 December 2019

Tubuh manusia mengalam penuaan dalam 3 pergeseran yang berbeda

Dalam hal penuaan biologis, tubuh tampaknya melakukukan setidaknya tiga kali peruibahan selama masa hidup manusia, penelitian baru menunjukkan.

Dari rentang pertama 34 tahun
Disusul rentang usia 60 tahun
Dan terakhir 78 tahun ambang batas utama.

Dengan kata lain, kita sekarang memiliki bukti bahwa penuaan bukanlah proses panjang dan terus berkelanjutan yang bergerak dengan kecepatan yang sama dengan usia seseorang sepanjang hidup.
Manusia tidak terus tua secara perlahan sepanjang usianya, tetapi bertahap dan memiliki periode tertentu seperti pembagian ketiga periode diatas.

Temuan ini membantu memahami lebih lanjut bagaimana tubuh manusia mulai mengalami degradasi / rusak ketika usia seseorang bertambah tua, dan bagaimana penyakit spesifik yang berkaitan dengan usia - termasuk penyakit Alzheimer atau jantung- dapat ditangani lebih baik pada usia tertentu.

Penelitian yang sama juga mengemukakan cara baru untuk memprediksi usia orang lebih andal menggunakan tingkat protein (proteome) dalam darah reponden yang diteliti..

"Dengan meneliti lebih mendalam proteome plasma yang menua, kami mengidentifikasi perubahan bergelombang selama masa hidup manusia," tulis para peneliti dalam makalah mereka yang telah dipublikasikan.

"Perubahan tersebut adalah hasil dari kelompok protein yang berubah dalam pola yang berbeda, lalu memuncak sampai muncul tiga gelombang penuaan berbeda."

Tim tersebut menganalisis data dari plasma darah 4.263 orang responden yang diteliti dan berusia 18 sampai 95 tahun.


Melihat tingkatan dari sekitar 3.000 protein berbeda yang berubah melalui sistem biologis ini, dan bertindak sebagai gambaran dari apa yang terjadi dalam tubuh: di setiap usia.
Dan 1.379 ditemukan terlihat bervariasi dengan usia seseorang.

Sementara kadar protein akan relatif konstan, hanya saja para peneliti Stanford University menemukan adanya perubahan besar terjadi pada pembacaan data dari beberapa protein di sekitar usia dewasa muda (usia 34), usia paruh baya (usia 60) dan usia tua (usia 78).

Mengapa dan bagaimana ini terjadi belum dapat dijelaskan; tetapi protein dapat ditelusuri kembali ke asal sumbernya.
Sehingga memungkinkan dokter misalnya, memperingatkan seseorang bahwa jantung sudah menua lebih cepat daripada orang kebanyakan. Bila si pasien sudah berusia lanjut.
Juga menekankan hubungan antara penuaan dan darah, sesuatu yang telah terlihat dalam penelitian sebelumnya.

"Kami sudah lama mengetahui dengan mengukur protein tertentu dalam darah dapat memberi informasi seseorang tentang status kesehatan seseorang - misalnya lipoprotein untuk kesehatan jantung" kata ahli saraf Tony Wyss-Coray, dari Stanford Alzheimer's Disease Research Center ( ADRC).

"Tetapi tim kedokteran belum sadar bahwa begitu banyak tingkat protein yang berbeda - kira-kira sepertiga dari semua yang kita lihat - ternyata berubah secara nyata seiring bertambahnya usia seseorang."

Para peneliti mampu membuat sistem di mana campuran 373 protein yang dipilih dalam darah dapat digunakan untuk secara akurat untuk memprediksi usia seseorang, dalam waktu sekitar tiga tahun atau lebih.

Temuan lain dari penelitian ini memberikan lebih banyak bukti yang sudah lama diduga: pria dan wanita memiliki usia yang berbeda.
Dari 1.379 protein yang ditemukan berubah dengan usia, 895 (hampir dua pertiga) secara signifikan lebih prediktif untuk satu jenis kelamin dibandingkan dengan yang lain.

Walau masih temuan awal - para peneliti mengatakan aplikasi klinis apa pun masih membutuhkan waktu. Dan akan membutuhkan lebih banyak pekerjaan untuk mencari tahu bagaimana semua protein ini menjadi penanda penuaan, dan apakah protein yang diteliti benar-benar berkontribusi atau tidak pada penuaan seseorang.

Kita tahu tentang bertambahnya usia maka banyak penyakit akan datang
Semakin banyak yang bisa dilakukan untuk menangkalnya.
Itu bisa memberi tahu segalanya mulai dari mengetahui apa yang harus diminum dan dimakan hingga berpotensi memperbaiki kesehatan atau menjaga kehidupan selama beberapa tahun.
Hingga mengidentifikasi perawatan apa yang diperlukan untuk mencegah beberapa penyakit terburuk yang berkaitan dengan usia.

Jadi jangan khawatir dengan penuaan, selama kita bisa menjaga kesehatan dengan baik. Periode penuaan mungkin dapat sedikit di undur bagi sebagian orang.

Disini menariknya, ketika sistem gagal menebak dari prediksi seseorang atau usia yang terlalu muda, hasilnya si subjek biasanya sangat sehat di ukuran se-usia mereka.

Berita terkait
Boris sebagai PM Inggris kembali membuat kejutan. Biaya sepeda rusak di subsidi. Menyiapkan dana 2 miliar Pound atau 37 triliun Rupiah untuk membangun jalur sepeda permanen. Dahulu ketika menjadi wali kota London, dia mencetus berbagi sepeda. Setelah nilai positif berlalu dan menjadi perdana menteri, dia kembali membuat kejutan bagi warga Inggris.

Kita kalah dalam pertempuran untuk menyelamatkan planet kita, dan kita tidak bisa menyalahkan siapa pun selain diri kita sendiri. Generasi masa depan akan menjadi bingung dan marah terhadap leluhur mereka.. Dampaknya sudah terasa, tapi tidak melakukan perbaikan. Memperbaiki saja sudah terlambat, kata banyak peneliti.



Makan alpukat setiap hari dapat membantu kesehatan jantung. Dalam arti menekan tingkat LDL, dan peneliti mengatakan tingkat paling buruk LDL yang memiliki kepadatan tinggi. Karena dapat menjadi plak dalam aliran darah. Alpukat memiliki fungsi tersendiri, sekaligus menjaga tingkat konsumsi serat, dan mempertahankan HDL.

Bumi mendapatkan suhu dari matahari. Tanpa cahaya yang cukup, bumi akan membeku. Bagaimana suhu bumi menjadi ideal, setidaknya sementara. Tetapi mengapa Bumi semakin panas, apa penyebabnya penjelasan dalam sain yang mudah di mengerti.

Ketika orang tua atau engkong mereka membanggakan sebuah kendaraan. Generasi sekarang malah tidak mau repot dengan nama kendaraan. Memiliki kendaraan sama saja membawa satu tas kerepotan dalam hidup mereka. Beberapa alasan 2 generasi tersebut tidak memprioritaskan untuk memiliki kendaraan pribadi.

Mungkin diet lemak dengan mengkonsumsi susu skim disebutkan lebih sehat mungkin salah. Profesor Marcia Otto universitas Texas yang memimpin penelitian mengatakan. Temuan kami tidak hanya mendukung, tapi adanya bukti menunjukan susu lemak bertentangan dari kepercayaan populer sasat ini.

Dalam beberapa tahun banyak orang berpaling dari daging. Hampir 2,1 juta orang dewasa di Australia sekarang diet, bahkan sebagian menjadi vegetarian. Apa benar makan sayur umur lebih panjang, atau ada faktor lain



Indera penciuman menjadi indikasi umur seseorang, bila penciuma mulai menghilang maka peneliti mengatakann usia seseorang mungkin tidak lebih dari 5 tahun lagi. Antara tahun 2005 dan 2006, Jayant Pinto dari universitas Chicago bersama rekannya meminta peserta melakukan test penciuman.

Pemerintah Perancis memberikan insentif bagi pekerja yang mau meninggalkan kendaraannya untuk bekerja. Dan memilih sepeda serta dibayar setiap km yang ditempuh ke tempat kerja. Setiap km jarak tempuh ke tempat kerja akan diberikan 0,25 euro atau sekitar 4000 rupiah.




No popular articles found.