Cluster NGC 6338 kelompok galaksi yang bertabrakan dengan kecepatan 6 juta km perjam


Hardware | 21 December 2019

Para astronom mengamati dengan cermat apa yang mereka katakan sebagai tabrakan galaksi paling kejam yang pernah ditemukan.

Dengan dua kelompok galaksi saat ini saling berhadapan, keduanya mendekat dengan kecepatan sekitar 6,4 juta kilometer per jam.

Kedua kelompok galaksi ini sedang dalam perjalanan untuk membentuk kelompok yang lebih besar yang dikenal sebagai sebuah kluster galaksi baru, dan para peneliti berpikir bahwa pertandingan saling membanting yang spektakuler ini dapat mengungkapkan wawasan tentang bagaimana kelompok-kelompok tersebut tumbuh dan berkembang menjadi cluster galaksi.

Semua ini sebenarnya terjadi sekitar 380 juta tahun lalu (atau tahun cahaya), karena cahaya yang dilihat dari Bumi memang terlambat

Bentuk keduanya tidak terlihat berapa jumlah galaksi yang ada di dalam dengan teleskop X-ray dan Newton.
Tapi bisa dibayangkan ketika 2 grup galaksi yang bergerak saling berhadapan dan saling tarik menarik, dan suatu saat menjadi satu cluster galaksi.
Cara membayangkannya, galaksi Bima Sakti dan Andromeda serta galaksi lain berada di salah satu lingkaran merah tersebut. Dan bersama sama bergerak ke arah lingkaran merah yang juga berisi beberapa galaksi. Kedua grup galaksi seperti ini saling bergerak dengan kecepatan sangat tinggi. Akhirnya saling menabrak dan membuat keseimbangan baru menjadi satu kelompok cluster galaksi

Cluster NGC 6338 kelompok galaksi

Dalam sebuah sistem disana yang disebut NGC 6338. Total massa diperkirakan sekitar 100 triliun kali Matahari - dengan 16 persen gas panas, 1 persen adalah bintang, dan 83 persen lainnya dianggap sebagai materi gelap.


Tim astronom mengunakan pengamatan teleskop Chandra X-ray Observatory NASA dan teleskop ESMM XMM-Newton di ruang angkasa, pengamatan lain dengan teleskop Giant Metrewave Radio Telescope (GMRT - tipe teleskop radio) dan Apache Point Observatory

Sistem NGC 6338 dapat dijadikan contoh yang baik dari kedua proses pendinginan radiatif yang cepat dan proses kekuatan pada skala kelompok, katas tim astronom yang meneliti.



Bukan hanya kecepatan tabrakan galaksi yang membuat area NGC 6338 istimewa, tetapi juga panas: Gas panas dalam sistem mencapai sekitar 20 juta derajat Celcius.

Data terbaru mengungkapkan daerah gas yang dipanaskan oleh medan kejut, mirip dengan ledakan sonik dari gelombang energi yang bergerak dengan kecepatan sangat tinggi - dalam hal ini terjadi ketika ada kelompok galaksi bertabrakan. Pemanasan ini telah diprediksi mengunakan model komputer sebelumnya, tetapi sekarang dapat diamati untuk pertama kalinya.

Apa yang hilang adalah panas yang dihasilkan dari lubang hitam supermasif; sumber panas tersebut umumnya ditemukan dalam kelompok dan kluster galaksi, tetapi tampaknya menghilang di area NGC 6338.

Galaksi-galaksi sering berkelompok dalam kelompok atau gugusan galaksi, disatukan oleh efek gravitasi, dan para astronom memiliki banyak waktu untuk mempelajari dampak fisika aneh yang sedemikian masif. Cluster terbesar dapat berisi ribuan galaksi, bisa kita bayangkan sejenak.

Para ilmuwan telah menemukan kluster galaksi untuk menyelidiki misteri materi gelap, menggunakan cahaya bintang di antara kluster serta memetakan di mana materi gelap mungkin bersembunyi.

Para astronom juga tertarik pada medan magnet yang membentang di antara atau di dalam kluster galaksi. Jembatan plasma seperti pemancar radio ini sulit dideteksi, tetapi dapat mengajarkan kita lebih banyak tentang kekuatan tarikan gravitasi gugusan galaksi yang besar ini.

Dibawah ini dokumentasi dari teleskop Chandra X-ray. Seperti apa dampak benturan antara 2 kelompok galaksi yang saling bertabrakan.


Berita terkait
Galaksi yang sedang mengalami ledakan pembentukan bintang ketika usia alam semesta baru 1 persen, terlihat galaksi menyalakan gas yang mengelilingi galaksi. Awan tebal debu mengaburkan sebagian besar cahaya, menyebabkan galaksi tampak redup bahkan bentuknya tidak teratur. Mirip menemukan mahluk mitos Yeti di hutan belantara. Teknologi saat ini hanya mampu melihat benda kabur dengan teleskop sinyal radio

Astronom membuat sebuah gambar dengan observasi dari teleskop radio. Dimana gambar setiap titik ini adalah gambar galaksi yang sangat jauh. Dan belum pernah terditeksi sebelumnya. Bagaimana setiap titik ini di dapat. Foto tentang galakasi ini diabadikan dari teleskop radio South African Radio Astronomy Observatory MeerKAT.



Lubang hitam tidak hanya terkati dengan inti galaksi. Atau bintang raksasa yang meledak dan mati sampai membentuk dirinya menjadi lubang hitam. Peneliti mendapatkan lubang hitam terkecil. Yang massanya setara 3,3 kali lebih besar dari Matahari. Dan sudah cukup membentuk sebuah lubang hitam baru.

Beberapt tahun ini dibangun beberapa teleskop radio. Tapi bukan mencari sinyal alien, melainkan mendapatkan adanya sinyal frekuensi 21cm. Yang berasal dari sinyal sebelum pembentukan galaksi pertama, sinyal bersumber dari 13 miliar tahun lalu jauhnya dari Bumi. Mendapatkan sinyal dari bintang generasi pertama dimana benda Black Hole sebagai materi padat belum ada di awal alam semesta. Lalu untuk apa

Pertama tim astronom menemukan terbentuknya 2 bintang kembar terkuunci dengan gravitasi di sebuah tata surya. Masing masing bintang terus tumbuh membesar. Bintang BHB2007 11 menjadi pengamatan penting ketika sebuah tata surya mulai terbentuk. Tapi masih jauh dari waktu pembentukan planet, kali ini berbicara tentang bintang dahulu

Inlah penyebab mengapa bintang sedang menjadi ukuran raksasa. Ketika gugus bintang dapat mencapai jumlah 1 juta bintang. Sebagian besar bintang lahir dalam periode yang sama. Uniknya bintang di  Large Megallanic Cluster muncul bintang besar dan usianya muda. Mengapa bintang tersebut ada disana. Peneliti memberi 2 pendapat.

Ketika melihat 2 galaksi bertabrakan dan warna yang terlihat lebih indah. Mungkin kita mengira 2 galaksi yang berdekatan yang saling tarik menarik. Tetapi bukan 2 galaksi tersebut yang saling tarik menarik, satu galaksi terletak lebih jauh dan tidak terkena dampak pertempuran di antara 2 galaksi lain. Ini terjadi antara galalsi NGC 6771 NGC 6770 dan NGC 6769



Globular Cluster NGC 2108 adalah lokasi dimana banyak bintang lahir bersamaan dan berkelompok di satu tempat di sekitar galaksi kita. Tapi kelompok bintang ini berada di bagian LMC atau satelit galaksi mini. Dengan jarak 150 ribu tahun cahaya dari Bumi. Memperlihatkan bintang berwarna merah dengan bahan karbon.




No popular articles found.
< /body>