VASCO pengamatan bintang menghilang dari pengamatan dulu ada sekarang tidak ada


Science | 18 December 2019


Ada saja pengamatan yang membuat pusing para astronom, sampai tidak tahu mengapa benda itu menghilang.

Sebuah analisis komparatif data historis astronomi dan kontemporer menemukan sekitar 100 objek mirip bintang yang secara tak terduga menghilang.

Kejadian aneh ini sepertinya alami, tetapi para ilmuwan mengatakan tidak mengesampingkan, bisa saja ada teknologi alien walau kemungkinan sangat jauh sebagai alternatif terakhir.

Tim melihat titik merah redup di langit malam. Tetapi kemudian cahaya tersebut mulai menjadi lebih cerah — dan beberapa beberapa diantaranya meningkat ribuan kali lebih cerah. Tapi cahaya tersebut kemudian menghilang, menghilang dari data pengamatan terbaru..

Tetapi apakah itu
Penelitian baru yang diterbitkan di Astronomical Journal menyebut mereka "transien merah," yang ditemukan sekitar 100 cahaya telah dicatat oleh penulis, tim yang dipimpin oleh Beatriz Villarroel dari Universitas Stockholm dan Institut Astrofisika Canarias di Spanyol.

Lebih tepatnya, mereka disebut sebagai "bintang yang menghilang," atau “vanishing stars,”. Dan lenyapnya bintang bintang itu juga membingungkan para ilmuwan. Diterbikan di Astronomical Journal

Transien merah terdeteksi berkat Vanishing & Appearing Sources during a Century of Observations (VASCO) —sebuah proyek yang sesuai dengan namanya.
Didirikan pada tahun 2017, para peneliti VASCO sedang berburu benda-benda di luar wilayah Bumi yang menghilang secara misterius.


VASCO pengamatan bintang menghilang dari pengamatan dulu ada sekarang tidak ada

Ada beberapa alasan mengapa adanya cahaya bintang yang dapat lenyap tiba tiba.



Kecuali jika bintang bintang itu runtuh langsung ke dalam lubang hitam, bisa saja terjadi
Tidak ada proses fisik yang diketahui dimana bintang bisa lenyap secara tiba tiba.
Jika contoh-contoh semacam itu ada, ini membuatnya menarik untuk mencari fenomena baru atau bahkan tanda-tanda peradaban maju secara teknologi alias alien

Untuk penelitian terbaru, Villarroel dan rekan-rekannya arsip data astronomi yang dikumpulkan sebelumnya, khususnya data yang ditemukan diU.S. Naval Observatory Catalogue (USNO).
Data lama tersebut kemudian dibandingkan dengan katalog langit modern terbaru, termasuk data dari gambar teleskop Pan-STARRS Data Release-1 (DR1) yang baru saja diumumkan.

Dari kumpulan 600 juta objek yang tersedia, para ilmuwan menemukan 151.193 objek yang tidak ada di dalam katalog modern. Alias lenyap.

Hingga saat ini, Villarroel dan rekan-rekannya baru berkesempatan menganalisis 23.667 dari benda-benda aneh ini, atau hanya 15,7 persen semua dari data yang tersedia.

Mengambil sampel pendahuluan yang disisihkan sebagian ini dan mempelajarinya lebih dekat, para peneliti menemukan sebagian besar dari mereka menjadi "artefak dari berbagai jenis," tulis para penulis
Jadi ada yang lenyap karena masalah pengamatan, seperti noda pada lensa dan cacat visual lainnya. Jadi benda memang tidak ada atau hanya titik yang menganggu dalam observasi. Dan data kedua sebagai pembanding, benda tersebut sebenarnya memang tidak terlihat.

Tetapi sekitar100 dari objek benda-benda ini tidak mudah dijelaskan, dan menjamin penunjukan mereka sebagai objek transien merah.
Objek-objek ini cenderung sangat merah dan membuat gerakan-gerakan yang membedakan dengan melintasi bidang pandang, yaitu gerakan yang tepat lebih besar dari objek-objek khas dalam katalog USNO. Fenomena selestial yang diketahui, seperti asteroid, bintang terlihat bergerak cepat, atau bintang yang hanya bergerak menjauh dari pandangan.

Kondisi sebuah bintang dapat lenyap.
Bintang, tentu saja ada masa akhirnya setelah terus terbakar, tetapi kematian bintang cenderung hancur dengan beberapa cara lain.
Cahaya membesar karena ledakan sebuah bintang. Dan lenyap begitu saja dengan cepat.
Entah akhirnya menjadi  bintang katai putih atau bintang melepaskan energi dengan ledakan luar biasa dalam bentuk supernova.

Kemungkinan lain (meskipun secara teoretis) ketika sebuah bintang jatuh ke dalam lubang hitam, yang oleh para astronom disebut sebagai supernova yang gagal. Dan bintang tersebut dapat lenyap dari pengamatan data terbaru.

Kemungkinan yang tidak luput dikesampingkan oleh para ilmuwan bila munculnya kilatan cahaya dari semburan matahari besar yang berasal dari bintang katai merah.
Dimana bintang dapat mengeluarkan suar yang tinggi dan dapat terlihat dalam pengamatan bintang terlihat lebih besar.

Menariknya, para peneliti juga mengambarkan adanya kemungkinan yang lebih radikal: dari kegiatan kecerdasan ekstraterestrial (ETI).
Tentu saja, menggunakan kata alien sering kali merupakan pertanda baik ketika para ilmuwan sementara ini bingung melihat objek yang lenyap.



Sebagaimana penulis berspekulasi, titik-titik lampu merah bisa menjadi dasar dari laser kuat yang digunakan untuk komunikasi antarbintang. (entah milik siapa)
Atau mungkin saja limbah panas yang berasal dari bola buatan — dengan bentuk megastruktur hipotetis yang menyelimuti seluruh bintang. Sampai cahaya bintang tertutup.

VASCO menjadi proyek sampingan SETI, yaitu mencari hal-hal aneh di luar angkasa yang tidak dapat dijelaskan berasal dari fenomena alam.

"Tapi jelas tidak satu pun dari peristiwa ini yang menunjukkan tanda-tanda langsung sebagai ETI," kata Martin López Corredoira. Jadi mungkin saja bukan ulah alien.
Sementara benda benda yang hilang dari pengamatan dapat terbentuk secara alami yang ekstrem.

Sebuah studi tindak lanjut menyeluruh dari transien merah ini dibenarkan, menurut penulis, yang menambahkan bahwa penyelidikan mereka terhadap semua cahaya dari 151.193 objek masih perlu disimpulkan. Untuk itu, mereka berharap dapat merekrut kecerdasan buatan agar mempercepat proses.



Berita terkait
Ketika alam semesta lahir, ada galaksi diawal pembentukan alam semesta. Tapi tim peneliti yang dikepalai Tanaka melihat ada galaksi yang sudah redup lebih dahulu. Bahkan disebut galaksi yang sangat awal. Dimana gambar yang terlihat baru berusia 1,5 miliar tahun setelah pembentukan alam semesta. Mengapa bisa terjadi galaksi sudah redup.

Nebula RCW 36 atau Gum 20 sebuah kumpulan debu dan gas terakumulasi di satu tempat. Memiliki area yang dinamai H II atau kaya akan gas hidrogen. Badan antariksa Eropa mengabadikan bentuk dari nebula RCW 36 mengunakan FORS. Serta 2 teleskop lain X-Ray Chandra dan Spitzer, terlihat beberapa bintang muncul.



Bila ada bintang yang nyasar ke lubang hitam. Apa yang terjadi. Bintang S5-HVS1 ternyata terlempar dari tengah galaksi akibat gravitasi lubang hitam. Dan meluncur keluar dari orbitnya meninggalkan galaksi kita. Kecepatan bintang mencapai 10x lebih cepat atau setara 1.700km perdetik. Kemana nasib bintang S5-HVS1 setelah bintang tersebut menjauh dari galaksi kita.

Bintang T Ursae Minoris adalah bintang besar berukuran 2x lebih besar dari matahari. Masuk bintang raksasa yang sekarang sedang membengkak, mulai berdunyut. Ilmuwan berharap dapat menyaksikan bintang T Ursae Minoris ketika memasuki masa akhir. Dimana skala kehidupan manusia dapat melihat secara langsung kematian bintang.

Teleskop Spektr-RG bertugas memindai langit dari cahaya sinar X. Proyek yang sudah tertunda puluhan tahun akhirnya di luncurkan tahun 2019. Disain teleskop ruang angkasa milik Rusia pertama tersebut atas kerjasama antara Rusia dan Jerman. Ukuran dibuat lebih kecil dari disain awal tahun 1990an lalu. Posisi teleskop nantinya berada 1,5 juta km dari Bumi sampai 3 bulan kedepan.

Asteroid Oumuamua bukan asteroid biasa dan datang dari antar bintang Pertama terditeksi 19 Oktober dari teleskop Pan-STARRS 1 di Hawai. Ini benda diluar tata surya kita, tapi darimana asalnya. Benda bersejarah ini disebut UI A / 2017 telah melintas ratusan juta tahun lalu. Kira kira terjawab 2018

Astronom menditeksi sinyal di konstalasi rasi bintang Hercules, mungkin sinyal kuat tersebut berasal dari alien pintar. Sinyal dari 100 tahun cahaya tersebut dapat menjadi kontak dari dunia luar alien. 39 kali percobaan hanya 1 sinyal terditeksi, kemungkinan sinyal berasal dari Bumi sendiri.



Sebuah video tentang Accelerating Universe atau pembuktian apakah benda di alam semesta terus menjauh. Bila ada benda berada di ruang hampa seperti alam semesta ini, apakah semua akan diam ditempatnya. Dijawab semakin cepat menjauh dan terus bergerak semakin menjauh.




No popular articles found.