Daya tahan baterai mobil listrik tidak rentan seperti kita bayangkan


Green | 15 December 2019

Ada kekhawatiran dari pemilik kendaraan listrik adalah kesehatan jangka panjang untuk kemampuan baterai.

Baterai memang mengalami degradasi ketika dipakai atau kehilangan kapasitas penyimpanan seiring waktu.

Apakah degradasi itu dapat mempengaruhi jarak perjalanan beberapa tahun ke depan?
Bahkan baterai yang lemah hanya memberi jarak tempuh lebih pendek saja.

Untuk menjawab pertanyaan itu, sekarang dapat melihat perusahaan Geotab.
Perusahaan manajemen telematika-armada terkemuka, memiliki banyak kendaraan listrik. Kerugiannya kecil.

Geotab menciptakan apa yang disebut EV Battery Degradation Tool.
Mengumpulkan data langsung dari 6.300 armada.

Apa yang sangat menarik adalah sifat interaktif alat ini, memungkinkan pengguna untuk menelusuri dari kemampuan 21 model perangkat listrik tertentu.

Pada bulan Juni 2018, Geotab mengakuisisi FleetCarma, cikal bakal penyedia teknologi yang mendukung penggunaan EV di kendaraan listrik.

Berikut ikhtisar singkat tentang apa yang diungkapkan data GeoTab:

Jika tingkat degradasi baterai saat ini dipertahankan, sebagian besar baterai akan bertahan lebih lama dari umur kendaraan listrik sendiri.



Pengisian baterai mobil listrik

Penurunan rata-rata kapasitas energi sekitar 2,3% per tahun. Untuk mobil listrik yang mampu menempuh jarak 240km, hanya menurun daya tempuh menjadi 213km setelah lima tahun.

Yang perlu kita ketahui, baterai EV atau mobil listrik menurun secara tidak linear. Ada penurunan di awal kapasitas yang disebut dari pabrikan, tetapi tingkat penurunan melambat setelah tahun-tahun berikutnya.

Baterai berpendingin cairan menurun lebih lambat dibanding baterai dengan pendingin udara biasa. Sistem pendingin cairan pada grup baterai mobil listrik, menjaga suhu baterai tidak terjadi overheating dan membuat suhu baterai lebih stabil.

Geotab melihat bahwa Tesla Model S 2015 dengan pendingin cair memiliki tingkat degradasi rata-rata 2,3% setiap tahun.

Nissan Leaf 2015 berpendingin udara, kapasitas baterainya susut lebih besar mencapai 4,2% setiap tahun

Kendaraan bertenaga baterai yang memiliki buffer state-of-charge lebih besar lebih baik.
Dengan kata lain, beberapa pembuat mobil ternyata menggunakan persentase yang lebih rendah dari kapasitas baterai yang dapat dipakai

Jadi kapasitas baterai 100% tidak pernah tercapai, dengan mengurangi rentang kapasitas baterai yang dapat digunakan.
Teknik pendekatan konservatif dapat memperlambat laju degradasi, terutama di versi awal dari kendaraan plug-in hybrid Chevrolet Volt.

Kendaraan yang dikendarai dalam suhu panas menunjukkan penurunan daya tahan baterai yang lebih cepat. Jadi baterai yang panas akan mengalami degradasi lebih tinggi.

Penggunaan pengisi daya cepat DC juga mempercepat proses degradasi, tetapi tidak banyak perbedaan dalam kapasitas baterai berdasarkan berapa sering penggunaan pengisian Level 1 versus Level 2. Kerugian yang terjadi dengan pengisian daya DC ketika pengisian baterai mobil listrik pada cuaca panas.

Dibawah ini data yang diambil dari rata rata kendaraan listrik dan menurunnya kapasitas baterai kendaraan dari tahun ke tahun.

Daya tahan baterai mobil listrik kapasitas pemakaian dalam tahun
Jadi sebuah mobil listrik, kapasitas baterai akan susut sampai 80% di tahun ke 6.
Bila jarak tempuh kendaraan listrik baru mencapai 200km. Nanti di tahun ke 6 hanya mampu menempuh 160km. Nah tidak masalah untuk mereka yang sudah memperkirakan seberapa jauh setiap hari perjalanan di kota.

Berita terkait
Setiap hari libur, kota Bogota Kolombia mengeluarkan kendaraan dengan bahan bakar keluar dari jalan raya. Bagaimana masyarakat disana, sangat senang. Lebih dari 1 juta kendaraan tidak dapat berlalu lalang selama hari minggu dan hari libur dan rutin di lakukan pemerintah kota. Apa yang menarik bagi penduduk kota

Mobil tercepat di dunia tahun 2019. Battista hanya membutuhkan waktu 12 detik sampai 300km perjam.
Tapi bukan kecepatan yang memukai, jarak jelajahnya di kelas mobil sport hypercar. Kekuatan mesin listrik dengan power baterai 120kWh.
Top insinyur dari perusahaan otomotif ternama ada di disain mobil ini.



Baterai NantEnergy dengan bahan seng atau zinc mamberikan media penyimpan baterai di  beberapa desa di Asia dan Afrika. Termasuk digunakan untuk menara ponsel di Amerika dalam 6 tahun terakhir. Biayanya hanya $100 per kWh untuk baterai solar cell atau panel surya. Harga tersebut sudah cukup rendah untuk mengubah energi listrik dapat disimpan

Honda Motor Co dan Panasonic mengumumkan rencana penelitian berbagi baterai sepeda listrik di Indonesia. Indonesia menjadi negara nomor tiga penguna motor bensin buatan Jepang. Setelah India nomor 2 dan nomor 1 China. Penelitian kedua perusahaan nantinya menyediakan jalur fasilitas stasiun pengisian baterai. Setidaknya di beberapa puluh tempat.

Bila sebuah mobil listrik mampu menempuh jarak 400km dengan baterai. Sejauh ini Tesla yang mampu memproduksi mobil listrik dengan jarak tempuh terjauh. Bagaimana kendaraan tersebut dibuat. Apakah kapasitas baterai lebih dikhawatirkan. Ternyata tidak.

Nissan mendaur ulang baterai bekas mobil Leaf. Ketika kapasitas baterai drop sampai 75%, baterai bekas dapat dimanfaatkan untuk menyimpan listrik dirumah. Dijual lebih murah untuk penyimpan energi dari panel surya dan turbin angin.

Bagaimana memanfaatkan baju bekas. Mungkin sudah sedikit sobek atau terkena kotoran tinta. Dan tidak layak di pakai lagi. Satu tip daur ulang baju bekas dapat di jadikan sarung bantal. Mengunakan baju bekas orang dewasa menjadi baju baru anak anak.



Mercedez Benz Energy penyimpan energi dari baterai buatan Mercedez dengan kapasitas 2,5kWh dan dapat dipasang modular sampai 20kWh. Baterai untuk solar cell dan turbin angin, energi listrik akan disimpan ketika tidak dipakai

Level Switch untuk tanki air umumnya untuk mengisi air ketika tanki kosong. Bagaimana kita membalik fungsi mengisi air, menjadi membuang air ketika tanki penuh terisi air. Pada perangkat Level Switch di toron terdapat model dengan 2 fungsi. Diberikan keterangan AB.

Kota Texas malah kelebihan listrik, karena disana memiliki instalasi listrik tenaga angin. Dibanding kota lain, Texas memiliki pembangkit listrik tenaga angin lebih banyak. Apa yang dilakukan dengan surplus listrik disana. Perusahaan listrik memberikan listrik Gratis.




No popular articles found.
< /body>