Teknologi chip dikecilkan 5nm tidak lama lagi TSMC


Technology | 9 December 2019

Melihat sekilas teknologi procesor, baik smartphone dan computer. Saat ini di dominiasi oleh beberapa pabrik pembuat chip. Kata lain adalah wafer chip sebelum dikemas menjadi sebuah procesor atau chip RAM.

Disini berbicara pabrik chip yang membuat wafer dan bukan merek.

Pabrik chip Intel, Samsung, GlobalFoundries dan TSMC. Setidaknya ada beberapa perusahaan dengan berbeda teknologi.
Dan Huawei yang membuat procesor sendiri juga mengembangkan procecsor mobile 5nm untuk Kirin seri 1000.

Pabrikan chip TSMC kabarnya sedang menyiapkan pembuatan chip 5nm.

Samsung membuat 7nm chip dengan teknologi EUV

Kendalanya hasil produksinya masih banyak yang gagal.
Chip yang dibuat kecil memerlukan kerapatan silikon. Membutuhkan waktu percobaan dalam proses pembuatan, di uji coba coba, dan melihat berapa banyak yang dapat dihasilkan.

Walau di awal produksi, hasil produksinya tidak seluruhnya jadi, produksi semakin rapat chip dapat diperkirakan ada yang cacat dan harus dimatikan core atau mungkin dibuang karena wafer silikon chip memang tidak layak.

Kabar terbaru sudah berhasil dibuat sampai kepadatan 80%.
Jadi ada kemungkinan AMD Zen4 dapat diproduksi dengan 5nm tahun depan.

Memperkecil ukuran jalur silikon dari 7nm ke 5nm memang memiliki resiko. Dibutuhkan uji coba sampai hasil produksi sempurna, dan memperhatikan semua produk memang dapat bekerja.



Sama seperti chip memory, semakin kecil, semakin murah karena bahan yang digunakan lebih sedikit. Tapi di awal bisa saja perlu di evaluasi sampai semua produksi wafer dibuat menjadi memory.
Seperti chip NAND Flash, di awal pembuatan mengunakan tipe SLC yang mahal untuk diproduksi, kapasitas chip lebih besar, dan daya tampung lebih rendah.
Sekarang chip dibuat sistim Stack / Tumpuk, agar chip tetap lebih kecil tapi menampung kapasistas storage lebih besar.
Dari MLC (multi layer), TLC Triple dan terakhir QLC.
Semakin kecil, semakin padat, semakin panas sebuah chip ketika digunakan.

Dampak kerapatan lebih kecil membuat memory bekerja lebih cepat, dan pemakaian power lebih rendah. Untuk memory akan berdampak dengan harga yang semakin murah.

Berbeda dengan procesor yang dikecilkan
Dengan node 5nm, kemampuan procesor akan lebih rapat sampai 1,8x dibanding 7nm.
Ukuran procesor dapat diperkecil, atau dipadatkan agar performa meningkat. Dan mungkin menambah jumlah core procesor, termasuk berukuran yang sama atau lebih kecil seperti chip generasi sebelumnya.

TSMC telah mengembangkan pabriknya atau disebut Fab 18 untuk 5nm kedepan.
Samsung juga memperluas pabrik 5nm yang disebut 5LPE, atau mengunakan proses produksi EUV Extreme Ultraviolet yang sementara digunakan di 7nm.

Dampaknya kecepatan clock atau kecepatan procesor yang dapat di capai dapat meningkat 15% dengan pemakaian power yang sama.
Bahkan dapat mengurangi konsumsi power 30% lebih rendah.

Jadwal pabrik tidak pasti. Bila produksi wafer chip dengan teknologi baru dapat dicapai sampai nilai ekonomis, maka pabrik mulai menerima pesanan.
Bila kapasitas pabrik tidak mencapai 100%, maka chip akan dijual lebih mahal untuk menutup kegagalan produk. Dan konsumen yang harus menanggung biaya itu.

Jadwal produksi procesor 5nm

Produk apa yang dibuat 5nm dan 7nm

Procesor A14 , Huawei Kirin dari HiSilicon terbaru akan mengunakan teknologi tersebut. Dan siap diproduksi Juli 2020.
TSMC terikat kontrak dengan Apple membuat procesor A14 dengan 5nm, sedangkan produk procesor smartphone lain hanya diberikan ke 7nm.

CPU AMD Zen 4 menyerahkan produksinya ke pabrik chip TSMC untuk membuat wafer chip procesor.


Tetapi Zen4 diharapkan siap pada tahun 2020 tapi baru dipasarkan tahun 2021

Procesor 5nm dari TSMC mungkin akan hadir lebih dahulu, setidaknya pada musim gugur 2020.
Mungkin AMD akan terus dekat dengan TSMC, dengan menawarkan procesor dengan jumlah core lebih banyak, sehingga penguna dapat menikmati kemampuan CPU lebih efisien.

Siapa yang bersaing di teknologi 5nm
Samsung, TSMC dan Intel, memiliki pabrik wafer chip untuk produk konsumer.

Tetapi Intel hanya mencapai 14nm di tahun 2014, dan pengembangan CPU 10nm juga bermasalah.
Walau produksi procesor 10nm Intel tersedia, hanya diperuntukan bagi notebook procesor. Termasuk masalah tersedianya produksi. Procesor Intel dengan kerapatan lebih kecil belum masuk rencana (2019)

Samsung tampaknya siap memproduksi 7nm GPU, termasuk untuk GPU Nvidia mendatang. Dan siap untuk membuat Exynos procesor untuk smartphone Samsung sendiri.
Tidak jelas seberapa baik kemampuan dari 2 pabrik TSMC dan Samsung.

AMD mengandalkan 2 pabrik TSMC dan Samsung (Des 2019). Untuk membuat chip Navi 14.
Sebagian besar Radeon RX 5500XT dibuat oleh Samsung.
AMD Ryzen sementara diberikan ke pabrik TSMC.

Sejauh ini TSMC menjadi pabrik paling sibuk memproduksi procesor untuk smartphone, dan masih menjadi pemenang. Produsen harus antri memesan produk chip ke pabrik TSMC.
Samsung rumor, akan mendapat pesanan beberapa model procesor Intel 7nm kelas high margin. Karena pabrik Intel tidak mampu membuat sendiri.
Samsung sendiri sudah membuat chipset untuk Intel, seperti chipset yang ada di motherboard untuk notebook atau desktop.

Terserah dari Samsung dan TSMC akan membuat procesor dengan teknologi 5nm atau 7nm.

Pastinya penguna mendukung, karena procesor yang hemat power, performa tinggi mengunakan teknologi kerapatan terbaru akan menguntungkan bagi kita.

Teknologi procesor 5nm

Perkembangan ke 3nm

5nm tidak akan terhenti di tahun 2022 nanti.
2 tahun setelah 5N atau 5nm, mungkin akan tampil 3N di tahun 2022 mendatang.
Di 3nm agaknya berbeda karena semakin sulit dibuat, besar kemungkinan akan dibuat dengan teknologi paling canggih.

Seperti yang kita pegang hari ini, procesor smartphone bukan seperti teknologi 3-5 tahun lalu. Perubahan terlihat dari semakin cepat kemampuan procesor, tapi tetap hemat power.
Itulah sebagian teknologi yang tidak kita lihat. Setiap produk yang dipasarkan, seperti memory dan procesor sudah direncanakan 1-2 tahun sebelumnya. Sampai diumumkan langsung oleh merek pabrik, dan menjadi barang jadi dan dipasarkan.

Berita terkait
Mediatek dan Qualcomm menyiapkan procesor smartphone 5G. Mediatek mengunakan penganti Helio menjadi Dimensity di jajaran procesor 2020. Membawa teknologi 5G atau model pertama Dimensity 1000 high end procesor smartphone. Dimensity 800 mid range 5G. Dibuat dengan teknologi 7nm, lebih rendah dengan Cortex A76 dan A55

AMD tampilkan notebook dengan procesor Ryzen 4000. Model procesor untuk notebook pertama berbasis 7nm yang hemat power. Performa multi core lebih baik, pemakaian power lebih hemat. AMD juga menempatkan seri 3000 untuk procesor budget notebook.



Ketika AMD menampilkan Big Navi GPU, tidak lama Nvidia mengatakan ada yang baru dengan Ampere. Dari media Taiwan, ada perusahaan investasi mengatakan Nvidia menyiapkan GPU arsitek Ampere.Yang ini berbeda, setelah diberitakan di seminar SIGGRAPH 2018 lalu. Setelah AMD pindah ke GPU 7nm yang lebih rapat dan hemat power. Nvidia Turing juga pindah dari 12 FinFET ke 7nm.

Jingjia Micro atau nama lengkapnya Changsha Jingjia Microelectronics Co, adalah perusahaan pembuat chip GPU. Memiliki 2 GPU setingkat GTX 1050 dan GTX 1080. Mengunakan proses pembuatan 28nm, walau pemakaian power kalah efisien dari Nvidia. Diharapkan harganya lebih murah

Xuantie, atau XT, dikatakan sebagai prosesor di kelas RISC-V yang paling kuat. Dibuat dari proses teknologi 12nm, Xuantie XT 910 memiliki 16 core yang beroperasi di clock 2,5 GHz, serta mendukung instruksi 64-bit, instruksi 16-bit yang ringkas. Untuk apa procesor tersebut.

Brockmaan konsultan menjadi bagian dari tim proyek ESA Climate Change Initiative Land Cover. Tim ini mengumpulkan peta terbaru dari benua Afrika, tapi benar benar bersih dari awan. Dikumpulan dari 7000 foto, benua Afrika dibuat bersih terlihat jelas dari satelit ruang angkasa.




No popular articles found.
< /body>