Bintang Globular Cluster NGC 2169 disebut gugus bintang 37


Science | 2 December 2019

NGC 2169 adalah Globular Cluster / gugus bintang terbuka. Jaraknya sekitar  3.600 tahun cahaya dari Bumi.

Berada di rasi bintang Orion, dengan beberapa jumlah bintang lahir bersamaan disana.

NGC 2169 adalah kelompok bintang yang membentang sepanjang 7 tahun cahaya saja. Posisinya dekat dengan Orion atau nebula Orion yang mudah terlihat antara akhir dan awal tahun.
Bandingkan denga matahari sebagai bintang tata surya kita, bintang terdekat mencapai 4 tahun cahaya.

Bintang bintang disana lahir dari awan debu dan gas yang sama. Dan usia bintang disana relatif muda, ada yang berusia sekitar 8 juta tahun.

Seiring waktu kelompok bintang tersebut menyebar ketika mereka bertemu dengan bintang lain, atau awan antar bintang.

Matahari kita ada sejak 4 miliar tahun lalu, awalnya juga terbentuk seperti gugus bintang NGC 2169

Gugus bintang NGC 2169 ditemukan pertama kali oleh Giovanni Batista Hodierna sebelum tahun 1654.
Dan ditemukan juga oleh William Herschell tahun 1784.

Jumlah bintang yang berdekatan disana sekitar 30 bintang tapi mereka sangat redup untuk dilihat langsung seluruhnya mata telanjang. Hanya memiliki tingkat +6 magnitude (sangat gelap)

Bila ingin mencari gugus bintang ini, tinggal mencari letak bintang raksasa merah Betelgeuse, dan berada disisi utara.
Dekat dengan Nu dan Xi Orionis.



Bintang paling terang disana memiliki tipe bintang B. Sayangnya usianya akan kurang dari 1 miliar tahun, walau sangat terang tapi umurnya menjadi lebih pendek.
Ada juga bintang seukuran matahari atai tibe G2, dengan usia sekitar 10 miliar tahun.

Salah satu bintang yang besar sebenarnya berwarna merah, atau si raksasa merah tipe bintang B6. Tetah memasuki masa yang kehabisan bahan bakar hidrogen. Memiliki ukuran 4 dan 8 kali matahari kita.

Mengapa NGC 2169 ini disebut juga 37. Bila dilihat dengan teleskop, bentuknya menyerupai angka 37 atau huruf XY.

Lokasi NGC 2169 dapat dilihat pada gambar.
Dekat 3 bintang paling terang berjajar, dinamai Mintaka Alnilam dan Almitak. Disebut 3 Sister atau 3 King.
Dan mengamati satu bintang yang sangat besar  Lalu mencari letak bintang Betelgeuse, tidak jauh dari si raksasa merah tersebut  adalah letak kelompok bintang 37.

Atau mengunakan aplikasi Astronomi Android akan lebih mudah menentukan dimana letak serta waktu muncul di malam hari


Bintang NGC 2169 disebut nomor 37 gugus bintang yang lahir bersamaan

Foto Nasa

Bila mendapatkan bintang 3 sisters, coba saja lihat di sekitar 3 bintang tersebut.
Ada yang terlihat seperti kabut samar samar.

Mungkin anda sudah mendapatkan  si nebula Orion seperti video dibawah ini. Untuk tahap pengambilan gambar dapat mengunakan camera DSLR dengan stok lensa, atau untuk memperbesar dapat mengunakan lensa zoom. Bila memiliki smartphone kelas menengah dengan zoom terbaik dan sensor Sony IMX yang peka terhadap cahaya. Mungkin bisa mendapatkan gambar Nebula Orion tersebut.

Diambil diatas langit Jakarta dengan camera biasa, mengunakan lensa 300mm dan stok lensa

Pada detik ke 22 di video dapat dilihat 3 bintang berjajar dan disebut 3 sister adalah bintang Alnitak, Alnilam dan Mintaka. Bentuk paling unik muncul pada tengah  malam hari selama akhir tahun dan awal tahun.


Berita terkait
Dari 7000 bintang katai putih sebagai bekas bintang hancur. Peneliti melihat hanya jejak puing seperti sisa asteroid. Tapi di bintang WD J0914 + 1914 ditemukan sebuah planet. Sebuah planet yang bertahan dari kehancuran sebuah bintang. Walau keduanya sudah tidak harmoni lagi, menjadi petunjuk ketika bintang meledak dan mati. Masih memungkinkan planet dapat bertahan.

Bila ada bintang yang nyasar ke lubang hitam. Apa yang terjadi. Bintang S5-HVS1 ternyata terlempar dari tengah galaksi akibat gravitasi lubang hitam. Dan meluncur keluar dari orbitnya meninggalkan galaksi kita. Kecepatan bintang mencapai 10x lebih cepat atau setara 1.700km perdetik. Kemana nasib bintang S5-HVS1 setelah bintang tersebut menjauh dari galaksi kita.



Foto galaksi Triangulum dengan tabel urutan Messier 33 dibuat oleh Andre van der Hoeven bersama Michael van Doorn. Teleskop Hubble membuat foto galaksi Triangulum dengan resolusi tinggi. Ditemukan 2 cluster bintang baru. Galaksi ini masuk local group bersama Andromeda terbesar dan Milk Way dan ketiga Messier 33 sebagai galaksi terdekat. Mau tahu dimana letaknya.

Galaksi yang sedang mengalami ledakan pembentukan bintang ketika usia alam semesta baru 1 persen, terlihat galaksi menyalakan gas yang mengelilingi galaksi. Awan tebal debu mengaburkan sebagian besar cahaya, menyebabkan galaksi tampak redup bahkan bentuknya tidak teratur. Mirip menemukan mahluk mitos Yeti di hutan belantara. Teknologi saat ini hanya mampu melihat benda kabur dengan teleskop sinyal radio

Globular Cluster NGC 2108 adalah lokasi dimana banyak bintang lahir bersamaan dan berkelompok di satu tempat di sekitar galaksi kita. Tapi kelompok bintang ini berada di bagian LMC atau satelit galaksi mini. Dengan jarak 150 ribu tahun cahaya dari Bumi. Memperlihatkan bintang berwarna merah dengan bahan karbon.

Seberapa luas alam semesta ini. Angka perkiraan 250x lebih besar dari perkiraan sebelumnya. Berapa luas alam semesta tepatnya. Manusia saat ini hanya mampu melihat terjauh 46 miliar tahun cahaya dari titik awal alam semesta. Lebar alam semesta diperkirakan mencapai 92 miliar tahun cahaya dengan teknologi saat ini.

Selama bulan Desember - Februari posisi Bumi mengarah ke arah tepi galaksi, cahaya bintang terlihat lebih terang. Kebalikannya pada bulan Juni - Agustus, yang dilihat adalah bagian tengah galaksi dimana terdapat garis dan inti galaksi. Apa yang menarik dari periode 6 bulan tersebut.



Alam semesta ini unik, hal yang tidak biasa dapat terjadi. Tidak selurunya selaras, ada bintang yatim, bintang biner. Satu lagi kelompok bintang M10 atau Globular Cluster NGC 6254. Kelompok bintang ini kadang menyebrang dari bawah ke atas dan kembali turun ditengah tengah galaksi kita.

Satu bintang saja sudah terang, bila satu tata surya memiliki 4 bintang. Masih berbentu Protobintang atau bintang yang baru terbentuk. Hanya 3 yang akan bergabung dengan menarik dari gravitasi, satu terlihat tidak akan berpisah sendirian




No popular articles found.