Procesor Intel mungkin dibuat Samsung


Shortstory | 1 December 2019

Samsung memiliki pabrik pembuatan chip. Seperti procesor smartphone Exynos Samsung dibuat sendiri.

Qualcomm menyerahkan produksi chip Snapdragon 855 juga dibuat di pabrik Samsung.

Intel memiliki kontrak ke Samsung, membuat chipset motherboard kelas high-end atau yang memberi keuntungan tinggi ke Samsung.

Dari pabrik Samsung, chip dapat dikirim ke produsen seperti smartphone atau motherboard untuk dibuat barang jadi.

Ini yang menarik. Dari sumber kalangan industri. Intel dikabarkan meminta Samsung membuat procesor Desktop PC.

Mengingat Intel tidak mampu membuat chip procesor sendiri, dan kewalahan bersaing dengan AMD yang genjar menawarkan Ryzen bahkan procesor tercanggih AMD Threadripper.

Pabrik Intel terbatas, pembuatan procesor di kelas 10nm tertunda dan tersisa 14nm.
AMD jauh lebih baik, walau AMD tidak membuat procesor sendiri tapi di buat oleh pabrik lain. Dirancang dengan teknologi 7nm, baik untuk CPU desktop, workstation sampai GPU VGA

Sebagian besar pengamat berita teknologi masih mengingat cerita Intel yang sempat berkokok di tahun 2017.
Mereka akan mengeluarkan procesor dengan teknologi 10nm

Hampir 3 tahun, ternyata tidak tercapai. Yang dimaksud produksinya tidak tercapai, stok procesor Intel lebih banyak kosong..
Entah karena kesulitan menangani produksi, atau teknologi yang di kembangkan tidak mampu sepenuhnya diproduksi oleh pabrik Intel sendiri.



Seperti jadwal dari teknologi kerapatan procesor dibawah ini. Intel seharusnya sudah bisa berproduksi 10nm molor dalam 3 tahun diumumkan

Jadwal mundur teknologi procesor Intel

Kita tentu tahu, ketika kerapatan microchip semakin ketat atau semakin kecil. Maka pemakaian power chip lebih hemat power.
Samsung lebih siap membuat chip dengan teknologi 14nm untuk Intel.

Jadi, apakah Intel akan memberikan CPU yang lebih rendah dari pengecoran pihak ketiga seperti Samsung?
Yang menarik model procesor apa yang akan dialihkan ke Samsung. Apakah hanya model low end, atau seri high end yang memberi keuntungan lebih baik bagi Intel

Pulse News Korea menambahkan beberapa informasi latar belakang menarik mengapa Intel lebih memilih Samsung untuk kontrak pembuatan CPU desktop.

Dikatakan Intel melihat 2 pabrik Samsung dan TSMC untuk berbagi beban pembuatannya.
Tetapi jadwal produksi TSMC dikatakan sangat ketat saat ini, sehingga Samsung lebih baik untuk diminta bantuan.
TSMC menerima banyak pesanan chip untuk smartphone, itupun jadwalnya sudah kewalahan.

Kontrak tersebut datang pada saat yang tepat bagi Samsung, karena Samsung mengalami turunnya penjualan chip memori yang melambat.
Sementara sang raksasa teknologi Korea Selatan ini telah berinvestasi $ 116 miliar KRW (£ 76,3 juta) dalam fabrikasi chip non-memori hingga tahun 2030, dengan tujuan untuk menjadi pemimpin dunia tidak hanya dalam memori tetapi juga chip logik.

Kita lihat saja berita akhirnya nanti. Apakah Intel akhirnya mengikuti produsen besar lain, untuk meminta pabrik lain membuat procesor mereka.

Berita terkait
Samsung Exynos Modem 5123 kemampuan download 5.1Gbps dengan smartphone melalui jaraingan 5G. Dan mencapai 7.3Gbps di spektrum mmWave.
Samsung telah memproduksi masal modem 5G. Seri Exynos 5100 sebagai chip utama, Exynos RF 5500 dan Exynos SM5800 sebagai chip pendamping.

Apa yang menarik dari internet di China, salah satu minim jalur internet untuk keluar negeri. Uniknya sistem jaringan Intranet raksasaChina  tersebut mampu berdiri sendiri dan dirancang berbeda dari jaringan internet di seluruh negara. Seandainya ada serangan dari luar sampai blokade internet global. Sebagian besar dengan kontrol ketat bagi penguna dalam negeri.



Hynix dikabarkan telah mengirim chip 1TB Quadruple Level Cell Storage atau QLC-1 ke perushaan SSD. Hynix adalah perusahaan pembuat micro chip, dimana chip akan digunakan oleh perusahaan lain sebagai produk. SK Hynix juga mengembangkan teknologi perangkat lunak algoritma bersama controller SSD.

Baterai mobil listrik mungkin mengalami transisi dari ukuran 18650 ke 2170 yang lebih besar. Mampu menampung kapasitas lebih besar, dan pengisian baterai lebih cepat. Pabrikan Tesla sebelumnya mendapat baterai dari Panasonic. Testla mengeluarkan model baru mengunakan ukuran baterai 2170.

Western Digital perkenalkan 3D NAND dengan sistem tumpuk bersama Toshiba. Teknologi terbaru dapat menumpuk keping chip 3D sampai 64 lapis dengan 3 bit data. Disusul 96 layer 4 bit 2018, sebuah chip dapat menampung 1,3TB. Harga SSD diperkirakan turun, perang harga di pasar SSD

Landasan pesawat dapat dibangun lebih dari 1. Bahkan landasan airport tersibuk memiliki 3 atau lebih landasan pesawat. Jarak antara landasan tidak kurang dari 1,3km bila dibangun paralel. Agar pesawat dapat landing bersamaan. Arus angin terlalu kencang, pilot harus memutuskan mendarat di bandara lain.Istanbul Airport selesai dibangun dengan 4 landasan

Computer termahal yang pernah dijual dalam sejarah. Dari computer untuk menghitung pendaratan Apollo, computer untuk kalkulator, sampai computer desktop performa pertama untuk konsumen dirumah. Tidak ada LCD, tidak ada Gigabyte Storage, walau masih ada teknologi terbaru dengan Harddisk kapasitas MB saja.




No popular articles found.