Samsung hentikan pengembangan M core dan kembali ke ARM


Shortstory | 5 November 2019

Samsung meluncurkan SARC tahun 2010 dan menjadikan arsitektur kustomnya sendiri sebagai bagian utama dari rencana jangka panjangnya untuk arsitektur ARM.

Procesor Custom tersebut dinamai M. Seperti procesor Samsung Exynos dengan 8 core. 2  core mengunakan arsitek M yang dikembangkan sendiri oleh Samsung sebagai produsen microchip procesor.

Tetapi membuat CPU sendiri jauh lebih mahal daripada melisensikan core ARM. ARM adalah arsitek procesor yang umum digunakan untuk procesor Snapdragon, Kirin atau Mediatek serta produsen lainnya.

Setelah Samsung melakukan upaya besar pada chip ini, membawa teknologi procesor M ke berbagai produk dan strategi.

“Berdasarkan penilaian menyeluruh terhadap bisnis Sistem LSI [integrasi skala besar ] Samsung dan kebutuhan untuk dapat bersaing di pasar global, Samsung telah memutuskan untuk mentransisikan bagian dari tim R&D berbasis di A.S. di Austin dan San Jose."

Masih akan ada arsitektur M5 yang akan datang, mengingat waktu yang lama dari proyek-proyek ini, tetapi tampaknya tidak akan hadirk dengan banyak perubahan dari M4 jika Samsung menarik diri dalam pengembangan custom procesor.

M6 adalah arsitektur SMT, meskipun tidak jelas mengapa Samsung menggunakan jalur sendiri di bidang komponen procseor.

Terlepas dari Intel dengan Medfield-nya memang bernasib buruk, tidak ada orang lain yang membangun chip berkemampuan SMT untuk CPU mobile, setidaknya belum ada yang tertarik.

SARC tetap terbuka, karena Samsung memiliki banyak lini produk yang dikembangkannya di fasilitas itu, tetapi Samsung sendiri mungkin akan beralih kembali ke menggunakan inti ARM khusus.

Apa perbedaan Exynos dan Snapragon
Procesor Snapdragon memiliki disain rentang yang sangat banyak. Kadang penguna harus teliti melihat tipe core, arsitek dari satu procesor di model smartphone



Exynos hanya dibuat beberapa varian saja, yang tidak membingungkan penguna.
Terakhir Snapdragon sudah mengunakan 7nm, tetapi Exynos masih dirancang dengan 8nm.

Tetapi Custom M core procesor memiliki fitur lebih baik dari disain asli Snapdragon di kelas yang sama. Tetapi clock speed procesor M lebih lambat. Walau di generasi sebelumnya malahan memiliki clock speed lebih cepat.

Kedua Custom M procesor juga menawarkan grafik lebih baik dari ARM Graphic
Sedangkan procesor Snapdragon mengunakan disain Adreno GPU

Fitur procesor M tidak banyak terlihat di mata penguna. Kecuali di uji dengan test kecepatan benchmark.

Sejauh ini Samsung masih memiliki teknologi GPU berlisensi dari AMD, mungkin masih akan terlihat beberapa procesor silikon kustom yang akan diluncurkan - tetapi tidak ada yang terkait dengan core CPU Custom penuh.

Mereka yang mengunakan lisensi ARM dan memproduksi chip procesor memang memiliki fleksibilitas sejauh bagaimana mereka mendesain dan membangun core CPU, dengan tunjangan untuk cache berukuran berbeda dan blok I / O yang berbeda untuk melayani pasar yang berbeda.

Tetapi pabrikan tidak akan melakukan kustomisasi procesor mereka sendiri di masa depan.

Beberapa tahun yang lalu, sepertinya semua orang menempuh rute penyesuaian, dengan Qualcomm, Samsung, dan Apple semuanya memasang perangkat keras mereka sendiri di setidaknya beberapa SKU. Sekarang Qualcomm dan Samsung keduanya kembali ke core berlisensi ARM.
Setelah Samsung terlihat tidak mampu menjual procesor Exynos ke produsen lain. Dibanding Snapdragon yang mampu merangkul produsen smartphone.

Tersisa Apple, sementara itu, terus merancang dan membangun procesor sendiri untuk produknya.

Berita terkait
Arm akan mengeluarkan disain arsitek procesor ARM Cortex. Mei 2019 diumumkan ARM Cortex A77. Kinerja 3Ghz dengan peningkatan performa  30 persen. Arsitek ARM Cortex A75 telah tampil Snapdragon 845. ARM Cortex A73 dan Mali G71 dengan Snapdragon 835, Kirin 970 960 dan Helio X30

UFS 3 lanjutan dari UFS 2 untuk storage smartphone. Dikembangkan lebih universal kecepatan tranfer dari 1,2GB/s UFS 2.0 menjadi 1,45GB/s di USF 3.0. Februari 2019, Toshiba telah menyiapkan memory NAND UFS 3.0 dari generasi BiCS 4 kapasitas 128GB, menyusul 256GB dan 512GB. Perubahan RAM lebih cepat dengan LPDDR5, tidak jelas perangkat mobile yang bisa mengunakan.



Samsung menyiapkan procesor untuk smartphone murah. Samsung Exynos 7 dibuat dari teknologi 14nm, dan terintegrasi modem 4G LTE Cat.4. Teknologi LTE Cat 4 seperti jaringan wireless internet dari smartphone di Indonesia. Procesor Exynos 7885 memiliki 2 Cortex A73 dan 6 Cortex A53

Perbedaan procesor PC vs procesor smartphone. Keduanya berbeda, khusus dalam tugas menangani pekerjaan dan kebutuhan. Satu dirancang untuk hemat power, yang lain untuk kalkulasi sangat komplek. Mungkin suatu hari kemampuan CPU desktop PC akan dicapai procesor smartphone.

ARM kembangkan ARM Cortex A75 dan ARM Cortex A55. Memiliki teknologi ARM DynamIQ dengan kombinasi cluster core procesor. Mendukung VR dan grafik lebih hemat power

Pabrik mesin pesawat jet General Electric menjelaskan bagaimana mesin jet bekerja. Ada 4 tahap dari kerja mesin jet, disebut Suck, Squeeze, Bang dan Blow. Suck adalah memasukan udara di bilah putaran depan, Squeeze memasukan udara dalam aliran tekanan

Bagaimana membangun sebuah satelit. Setelah diluncurkan akan digunakan tapi dilupakan. Bila gagal tidak bisa di servis , bila rusak akan menjadi sampah di ruang. angkasa. Seluruh tahap pengujian akan dilakukan di pabrik satelit, karena setelah diluncurkan tidak ada kesalahan.



Mengapa layar handphone ikut berputar dari 90 derajat atau lebih. Ada sensor sangat kecil membantu mengatur posisi gravitasi dari handphone. Sebuah chip disebut Accelerometer membantu mengatur layar




No popular articles found.