Posisi duduk bermain game yang benar hati hati kalau salah


Green | 5 November 2019

Industri video game menjangkau lebih banyak orang dari sebelumnya - berarti akan muncul masalah dan cedera ergonomis lebih sering terjadi dan lebih banyak orang. Bagaimana agar gamer menghindari cedera akibat terlalu lama di posisi yang kurang baik ?

Pada tingkat yang sangat mendasar, ergonomi.
Definisi  International Ergonomics Association, adalah "disiplin ilmu yang berkaitan dengan pemahaman interaksi di antara manusia dan elemen lain dari suatu sistem, dan profesi yang menerapkan teori, prinsip, data, dan metode untuk mendesain untuk mengoptimalkan kesejahteraan manusia dan kinerja sistem secara keseluruhan. " Jadi panjang nih.

Ergonomi memeriksa bagaimana pemain berinteraksi dengan perangkat keras dan alat mereka - dan bagaimana standar saat ini mungkin kurang baik

Apa masalah ergonomi yang dialami gamer

Cidera regangan pergelangan tangan yang berulang masih merupakan masalah yang paling umum bagi para gamer, dan telah terjadi sejak jaman “Nintendinitis” pertama kali ditemukan pada pertengahan tahun 80-an.

Karena tindakan berulang menekan terus tombol, posisi jari yang aneh, dan gerakan mouse yang cepat / mengklik, masalah kesehatan di tangan dan pergelangan tangan pertama muncul untuk pemain reguler di jaman itu.

Para ahli kesehatan telah melaporkan gangguan peredaran darah, tenosinovitis, dan bahkan kerusakan tulang belakang sebagai akibat dari stres sendi yang berkelanjutan. Kurang serius, tetapi mungkin lebih lazim, adalah kehilangan kinerja sederhana karena postur yang tidak nyaman, seperti posisi duduk yang tidak baik.

Disini masalahnya posisi Ergonomi yang buruk tidak hanya membahayakan kesehatan, tetapi juga kemenangan dalam permainan.

Masalah regangan berulang lebih sering terjadi dalam permainan aksi dan penembak, juga terjadi ketegangan mata - menatap layar terlalu dekat terlalu lama - serta memengaruhi pemain lintas antar genre.

Masalah-masalah ini dikenali setidaknya sejak awal 1990-an.
Sebuah penelitian di Jepang menyarankan 60 menit waktu bermain gim atau kurang per hari untuk menghindari cedera akibat gerakan yang kurang baik dan salah posisi.



Sekarang satu jam bermain game sehari-hari sepertinya tidak cukup untuk banyak pemain, terutama atlet profesional sekelas esports.

Gamer profesional ini rata-rata berlatih antara 5 dan 10 jam per hari, dan cedera mereka juga terus meningkat.
Dokter bahkan menyarankan agar pemain esports diperlakukan seperti atlet lainnya. Terlebih ketika mereka memeriksa dengan keluhan di pergelangan tangan, leher, dan sakit punggung.

Siapa yang Bertanggung Jawab atas Ergonomi dari sebuah permainan Game?
Ergonomi adalah jalan dua arah antara produsen yang membuat dan memasarkan produk dan konsumen yang menggunakannya.

Untuk produsen, semua produk yang dioperasikan oleh tubuh manusia harus sesuai secara fisiologis dan menghormati postur sehat alami. Ini adalah satu-satunya cara untuk memastikan operasi konsol atau PC yang berkelanjutan secara kesehatan selama sesi permainan yang lebih lama.

Produk harus dirancang agar mendukung postur tubuh alami dan menopang gerakan berulang yang diperlukan untuk mengoperasikannya semua peralatan permainan.

Pabrikan harus memastikan desain yang ramah, ramah bagi pergelangan tangan, dan mempertimbangkan bahan yang dipakai.

Dengan bekerja sama dengan dokter dan ilmuwan, perusahaan aksesori game dapat memastikan produk mereka dapat digunakan dengan cara yang paling tepat.

Namun, produsen hanya dapat melakukan banyak hal dalam desain produk.

Pada akhirnya, tergantung dari pemain untuk menggunakan produk dengan benar - dan perhatikan faktor-faktor lain yang membantu mencegah cedera.

Disini bagian penting bila faktor peralatan sudah benar.
Posisi lengan, postur duduk, dan gaya bermain semua menyangkut ergonomi.
Beberapa kerusakan fisik dapat terjadi setelah periode bermain yang lebih lama.
Kita mungkin tidak menyadarinya di awal, tetapi ada cara menurunkan dampak dampak cidera di masa mendatang dengan  mengambil langkah-langkah sederhana.

Jika keyboard datar tidak cocok dengan gaya permainan, keyboard ergonomis dapat membantu.
Keyboard ini dapat menyesuaikan pengguna dan membuat mengetik lebih nyaman.

Hal yang sama berlaku untuk mouse: mouse yang ergonomis akan pas dengan tangan pengguna dengan lebih baik saat menggulir dan mengklik
Fitur-fitur dari disain produsen dapat mengurangi ketegangan tangan, bahkan dapat menghasilkan kinerja yang lebih baik saat bermain.



Posisi duduk bermain game yang benar hati hati kalau salah

Seperti gambar diatas, sebagian pemain akan berada di posisi kanan. Dimana tekanan tulang punggung dan leher akan mengalami tekanan cukup lama.

Satu yang sering diabaikan. Saat bermain pastikan posisi duduk yang tepat, kursi harus menopang punggung, dan memungkinkan seseorang duduk dalam posisi lurus dengan kaki menyentuh lantai.

Untuk sesi yang lebih pendek, berdiri sesaat dapat menjadi cara yang baik untuk memperbaiki postur dan kesehatan secara keseluruhan. Panjang lengan dari layar umumnya tidak masalah.

Berita terkait
Banyak gamer profesional melakukan aktivitas permainan di depan computer setiap hari. Sekedar berlatih dalam hitungan jam bahkan seperti orang yang bekerja di kantor, mencapai 7-8 jam. Kursi Corsair T3 Rush dirancang untuk kenyamanan para gamer. Kursi Corsair T3 Rush dapat diatur posisi naik turun, bahkan dapat direbahkan sampai ke belakang.

Mungkin anda rajin berolahraga, mengenakan jam pintar untuk melacak. Tetapi ada yang tidak dihitung oleh perangkat tersebut. Apakah olahraga untuk sehat saja atau untuk meningkatkan kebugaran. Salah satu paramter dari atlet untuk mengukur kemampuan dirinya disebut VO2 Max atau tingkat kebugaran seseorang. Tingkat dimana kemampuan tubuh beradaptasi pada batas beban puncak.



SKS-Germany Airstep pompa kaki untuk ban sepeda. Disain pompa sepeda SKS Airstep mengunakan bahan aluminium dan plastik. Akan lebih mudah bagi kita memompa ban sepeda seperti tipe valve Presta dan Schrader. Mengapa pompa sepeda berbeda dengan pompa ban kendaraan bermotor. Tekanan ban sepeda lebih besar, mencapai 2x lebih besar.

Pernah bertemu dengan beberapa orang, dan langsung bisa klik. Langsung cocok, dan berkomunikasi dengan baik bahkan berlanjut berteman dengan baik. Peneliti menyebut Friendship Chemistry. Teman yang berbahaya disebut racun.

Tulang belakang perlahan akan membungkuk, karena kebiasaan orang duduk di depan computer dengan posisi tidak benar. Perlahan tulang belakang akan membengkok, dan postur tubuh berubah seperti tertekan turun. Ada cara sederhana dengan 3 menit untuk memperbaiki posisi tulang belakang

Ilmuwan memperingatkan susu belum tentu baik untuk kesehatan, dengan catatan tidak berlebih. Bila minum susu 2 kali lebih banyak bahkan menghadapi resiko kematian dini dan tidak mencegah tulang patah. Tapi masih dibantah oleh peneliti lain, mungkin gangguan kesehatan bukan disebabkan oleh susu

Belum ada bukti langsung dampak rabun jauh terhadap pengunaan TV, computer dan smartphone. Namun kekhawatiran mulai muncul ketika melihat monitor secara terus menerus dengan intensitas lebih terang dan membaca tulisan lebih dekat. Mata kita menyesuaikan bentuk dengan penglihatan jarak dekat



Olahraga berjalan dapat menurunkan berat badan. Tidak perlu menjadi seorang atletis, tapi bertahap. Tidak instan, butuh waktu beberapa tahun untuk mencapai. Pam Mumper menceritakan rumus untuk menguruskan badan dengan cara berjalan




No popular articles found.