Lubang hitam terkecil hanya 3x ukuran massa matahari


Science | 4 November 2019

 Lubang hitam adalah salah satu kekuatan alam yang paling menakjubkan dan misterius.

Black Hole memberi pemahaman tentang astrofisika. Lubang hitam tidak hanya hasil dari bintang-bintang besar yang menjadi supernova di akhir kehidupan, Black Hole juga merupakan kunci pemahaman tentang Relativitas Umum dan diyakini telah memainkan peran penting dalam evolusi kosmik. Termasuk peran pembentukan alam semesta.

Para astronom dengan rajin mendata lubang hitam di galaksi Bima Sakti selama bertahun-tahun.

Namun, penelitian baru menunjukkan para astronom mungkin mengabaikan seluruh kelas lubang hitam.
Karena lubang hitam tidak hanya ukuran yang besar (dalam arti kekuatan gravitasinya), yang dibagi dalam beberapa kelas berbeda.

Baru-baru ini di mana tim astronom mengamati lubang hitam yang ternyata ukurannya hanya tiga massa Matahari dan tidak lebih.
Menjadikannya lubang hitam terkecil yang ditemukan hingga Oktober 2019 ini.

Penelitian tersebut, ditemukan ketika adanya tata surya sistem biner bintang raksasa dengan lubang hitam tanpa massa rendah.

Penemuan ini sangat penting ketika peneliti mengidentifikasi objek yang sebelumnya tidak diketahui oleh bidang astrofisika.

Akibatnya, para ilmuwan dipaksa untuk mempertimbangkan kembali apa yang telah mereka klasifikas tentang Black Hole.
Seperti populasi lubang hitam di galaksi kita. Penjelasan dari Todd Thompson, seorang profesor astronomi di The Ohio State University dan penulis utama studi ini, menjelaskan:

“Kami mendapat petunjuk ini bahwa ada populasi lain di luar sana yang belum diselidiki dalam mencari tipe lubang hitam. Orang-orang berusaha memahami ledakan supernova, bagaimana bintang-bintang hitam supermasif meledak, bagaimana unsur-unsur terbentuk dari dalam bintang-bintang supermasif. Jadi jika kita bisa mengungkap populasi baru dari lubang hitam, dan akan memberi tahu kita lebih banyak tentang bintang mana yang meledak, dimana yang akan menjadi lubang hitam, atau membentuk bintang neutron. Itu membuka bidang studi baru. ”



Seperti pengetahuan sebelumnya. Bintang raksasa dengan ukuran 3x lebih besar dari matahari. Suatu hari akan membesar dan meledak.
Bila ukuran 3x lebih besar dapat membentuk bintang baru. Tetapi berbeda dengan asal mereka, bintang baru yang terbentuk tidak menyala.
Melainkan dapat berubah menjadi bintang neutron, bintang Pulsar, bintang magnestar, dan terakhir Black Hole.
Sedangkan bintang dengan ukuran lebih kecil seperti matahari kita, nantinya tidak menjadi 3 tipe bintang tersebut
Hanya menjadi bintang katai putih, dan pancaran sangat rendah cahaya. Dan peralahan akhirnya menjadi bintang mati yang tidak bersinar lagi.

3 bintang dari asal bintang raksasa dapat mempengaruhi ruang dan waktu, para astronom telah lama mencari lubang hitam dan bintang neutron. Karena mereka merupakan hasil ketika bintang mati, mereka dapat memberikan informasi tentang siklus kehidupan bintang dan bagaimana unsur-unsur terbentuk.

Untuk melakukan itu, para astronom pertama-tama perlu menentukan di mana lubang hitam berada di galaksi kita, yang mengharuskan mereka mengetahui apa yang harus dicari.

Salah satu cara untuk menemukannya adalah dengan mencari sistem bintang biner, di mana dua bintang terkunci di orbit satu sama lain karena gravitasi timbal baliknya.

Ketika salah satu dari bintang-bintang ini mati, tarikan gravitasi intens yang dihasilkannya akan mulai menarik materi dari bintang lainnya.

Hal ini dibuktikan dengan panas dan sinar-x yang dipancarkan sebagai bahan dari bintang tersebut bertambah dan berpindah ke pendampingnya yang sudah menjadi lubang hitamnya.

Sampai sekarang, semua lubang hitam di galaksi kita yang diidentifikasi oleh para astronom hanya terbatas dengan ukuran 5x sampai 15x lebih besar dari  massa matahari.

Sebaliknya, bintang-bintang neutron umumnya terbentuk dari bintang asalnya yang memiliki massa sekitar 2,1 massa matahari, karena apa pun yang lebih besar dari 2,5 massa matahari akan runtuh membentuk lubang hitam.

2 instrumen LIGO dan Virgo dapat menditeksi adanya ledakan di ruang angkasa. Khususnya bila terjadi aktivitas luar biasa seperti tabrakan antara lubang hitam.
Ketika instrumen penditeiksi LIGO dan Virgo bersama-sama mendeteksi gelombang gravitasi yang disebabkan oleh merger lubang hitam, mereka masing-masing dapat menditeksi 2 massa lubang hitam yang betabrakan setara 31 dan 25 massa matahari.

Ini menunjukkan bahwa lubang hitam dapat terjadi di luar apa yang dianggap para astronom sebagai kisaran normal. Seperti yang dikatakan Thompson:

Lubang hitam terkecil yang ditemukan ini hanya memiliki massa 3.3x dari massa matahari.

Lubang hitam terkecil hanya 3x ukuran massa matahari



Lubang hitam terkecil yang pernah ditemukan

Lubang hitam belum diberikan nama terbaru tahun 2019
Memiliki massa 3,3x massa matahari.

Lubang Hitam XTE J1650-500, ditemukan tahun 2008
Memiliki massa 3,8x dari massa matahari. Perkiraan ukuran setara kepadatan 3,8x matahari yang dipadatkan menjadi seukuran 24km diameter
Ditemukan sistem biner
NikolaiShaposhnikov of NASA's Goddard Space Flight Center in Greenbelt, Md.

Lubang Hitam GRO 1655-40, memiliki massa 6,3 kali ukuran matahari.

Berita terkait
Planet terdiri dari planet berbatu, planet gas. Lalu berapa batas ukuran planet, bahkan menjadi sebuah bintang..Bila kandungan gas sebuah planet setara 80x massa Jupiter, dipastikan disana akan menjadi sebuah bintang. Tetapi dengan massa 13x dari massa Jupiter saja, sudah dapat membentuk bintang yang dinamai bintang kerdil katai coklat. Bedanya bintang kelas tersebut tidak mampu menghasilkan panas.

Awalnya peneliti sedang mencari galaksi dengan 2 lubang hitam dalam proses merger. Tetapi di galaksi SDSS J084905.51 + 111447.2 malahan ditemukan 3 lubang hitam dari 3 galaksi yang bergabung. Mengunakan beberapa instrumen baik teleskop darat dan ruang angkasa. Ditemukan kejadian langkah dan berada 10 juta tahun cahaya dari Bumi.



Kita tahu benda menakutkan itu ada disana, dan kita tidak bisa memalingkan muka. Astronom mendapat gambar langsung bayang lubang hitam. Data berukuran Petabyte data teleskop radio dan proses superkomputer sangat khusus. Bagaimana Black Hole dapat dibedakan oleh materi lain. Peneliti menyebut lubang hitam dapat terbentuk ketika alam semesta mulai terbentuk

Bila ditanya dimana titik tengah galaksi Bima Sakti. Sekarang bisa dijawab setelah peneliti ESO melakukan pendataan dari titik tengah galaksi Bima Sakti selama 16 tahun. Mungkin ini yang disebut wilayah lubang hitam Sagitarius, masih ada lubang hitam lebih kecil, jumlahnya cukup banyak

Membayangkan kekuatan dan ukuran lubang hitam, kekuatannya sama seperti bumi dipadatkan menjadi seukuran kacang. Sejauh ini ada beberapa lubang hitam terbesar, sebesar apa benda tersebut. Peneliti mengatakan jumlahnya banyak mencapai jutaan lubang hitam di galaksi kita.

100 tahun lalu Einstein menyebut gelombang gravitasi yang sangat kuat akhirnya terbukti. Disebabkan oleh 2 lubang hitam yang saling mengorbit, ledakan supernova atau hal lain. Awalnya masih terbatas teori ketika Einstein mengatakan 2 benda yang sangat besar dapat menimbulkan efek gelombang gravitasi.

Lubang hitam paling dekat dengan Bumi adalah V616 Mon dengan sistem biner, kedua Cygnus X-1 yang juga sistem biner. Mengapa ada kata biner. Bagaimana dampak bagi tata surya kita bila dilewati sebuah lubang hitam.



Benda antariksa terbesar berdasarkan kategori. Bumi pernah di tabrak  meteor seukuran 10km dan memusnakan dinosaurus. Bila asteroid Ceres berukuran 1000km nyasar ke bumi. Struktur terbesar dengan nama BOSS memanjang 1 miliar tahun cahaya. Kenyataannya ada yang sangat besar sekali.

Nasa temukan lubang hitam terbesar dan diberi nama black hole PDS 456. Mengunakan Nasa Nuclear Spectroscope Telescope Array (NuSTAR dan ESA XMM Newton Telescope. Para ilmuwan di CalTech dapat memperkirakan kekuatan benda ini dalam waktu dekat.

Bintang pulsar adalah bekas bintang mati yang memadat menjadi sebuah bintang yang sangat padat. Membayangkan kepadatan bintang pulsar seperti memadatkan gunung Everest seukuran ransel. Apakah mahluk hidup bisa tinggal di sekitar bintang Pulsar

Pada tahun 2008 2 blackhole di galaksi 3C 75 terlihat seperti berdansa. Blackhole kembar tersebut berada di cluster galaksi Abell 400, letaknya 296 tahun cahaya. Tepatnya berada di konstelasi Cetus.

Blackhole sampai saat ini masih misteri dalam dunia astronomi, walau bulan April 2019 mulai terungkap. Benda yang besar, hitam, berada ditengah galaksi. Benda Blackhole atau lubang hitam adalah benda terbesar di sebuah galaksi. Terkadang tidak hanya satu tapi ada dua.




No popular articles found.