Filter camera Hoya Starscape bikin lebih langit bersih dari polusi cahaya untuk astrofotografi


Digital | 2 November 2019

Mengabadikan foto langit malam hari dengan camera. Kadang hasil yang di dapat terlalu terang untuk mendapatkan foto bintang.

Dampak dari polusi cahaya di kota membuat foto bintang sulit diabadikan. Semua cahaya akan tertangkap sensor.

Untuk camera smartphone, dapat diatur dengan teknologi aplikasi. Menghilangkan bagian tidak perlu dengan proses gambar.

Tetapi di camera DSLR ceritanya berbeda, semua cahaya akan tertangkap sensor.

Cara kerja camera DSLR akan mengambil detil gambar, kecuali objek yang diabadikan tidak dibatasi dengan perangkat filter camera.

Filter camera memberikan bantuan menyortir cahaya apa saja yang harus melewati lensa atau ditempatkan di depan sensor agar sensor hanya menangkap bagian yang diperlukan.

Hoya Starscape adalah filter untuk menghapus cahaya yang tidak perlu tertangkap oleh sensor camera.

Dapat menurunkan intensitas cahaya berlebih seperti cahaya lampu jalan atau pantulan cahaya di malam hari. Lampu buatan dari kota dapat memantul ke langit dan mengaburkan objek seperti bintan ketika tertangkap sensor. Disinilah fungsi filter lensa Hoya Starscape dapat membantu, hanya mengambil rentang spektrum cahaya yang diperlukan saja.

Filter Hoya Starscape akan menyaring spektrum cahaya tertentu terkait dengan intensitas cahaya buatan seperti lampu.

Hoya mengatakan mereka membuat filter Hoya Starscape dengan kaca berkualitas. Dapat langsung dipasang di depan lensa.




Hoya Starscape filter bikin langit bersih untuk pengemar astrofotografi

Contoh yang didapat dari pemakaian filter Starscape dibawah ini.



Info Hoya Filter Japan

Berita terkait
Ada beberapa orang yang pekerjaannya ingin ikuti tapi hanya membuat kita duduk dan memperhatikan setiap kali apa yang mereka posting. Salah satu fotografer Andrew McCarthy menciptakan gambar-gambar luar biasa dari bulan, sering kali dibuat dari stack puluhan ribu (atau lebih) foto individu secara bersamaan.

Pengguna smartphone mungkin melihat perkembangan yang menarik dengan Samsung Galaxy 11 tahun 2020. Karena ponsel ini dikabarkan menampilkan teknologi sensor kamera yang dirancang khusus untuk fotografi pencahayaan rendah. Seperti banyak produsen smartphone, model Samsung saat ini memiliki fitur baru "Bright Night".



Filter camera mirrorlesss Aurora Aperture Adapter Mount Format (AMF). Dipasang di dalam lensa. Bidang fotografi dikenal dengan filter. Sebuah kaca di depan lensa, berfungsi untuk menyaring cahaya yang masuk ke dalam lensa camera. Filter dibuat dalam berbagai model, dari Filter UV sampai Filter ND.

Mengabadikan galaksi di kota sangat berbeda dibanding daerah bebas cahaya, dimana daerah yang tepat. Foto galaksi Bima Sakti di atas Jakarta 4 Juli 2016 jam 1:45, inti galaksi yang tidak pernah kita lihat. Pada tanggal 18 April 2016, dengan mudah untuk membuat foto galaksi di tempat terang dari tengah kota. Teknik foto galaksi Bima Sakti

Irix EDGE Light Pollution sebuah filter untuk camera. Dirancang bagi fotografer untuk mendapatkan hasil potret langit malam. Filter EDGE Light Pollution dapat menghilangkan efek cahaya kuning dari cahaya lampu natrium yang biasa digunakan untuk lampu jalan raya. Dengan tambahan filter di depan lensa, cahaya dari lampu jalan dapat dihilangkan

Sigma mengeluarkan filter WR Ceramic Protector. Dapat melepas air dan tidak menempel di kaca depan, tidak mudah pecah seperti filter lensa biasa. Daya tahan sampai 10x lebih kuat dibanding pelindung filter biasa. Dan 3x lebih kuat dibandingkan filter dengan cat pelindung khusus.

Belajar mengunakan ND Filter di camera. Apa fungsi ND Filter, khususnya untuk foto pemandangan. Filter ini paling banyak digunakan untuk memisahkan warna langit dan pemandangan. Bentuknya seperti selembar kaca dengan gradasi warna.



Butuh kaca filter camera untuk lensa. Hoya memiliki filter UV dan PL untuk camera DSLR. bahkan tahan getok. Hoya mengatakan mereka melakukan pengerasan pada lensa L37 sehingga 4x lebih kuat dari lensa optik biasa.

Bila seseorang membeli camera sekelas DSLR atau CSC biasanya akan menambahkan filter lens guard. Penjual terkadang menawarkan sebuah filter UV (ultraviolet) untuk pelindung lensa camera. Tetapi ada yang perlu diketahui, bahwa filter UV murah dapat menganggu kualitas gambar




No popular articles found.
< /body>